Roboguru

Indonesia memiliki gunung api yang tidak sedikit. Selain memberikan dampak negatif, keberadaan gunung api memberikan dampak positif. Misalnya, tanah-tanah di lereng-lereng gunung api, seperti di daerah Sumatra dan Jawa subur. Tekstur jenis tanah yang berada di lereng-lereng gunung adalah ....

Pertanyaan

Indonesia memiliki gunung api yang tidak sedikit. Selain memberikan dampak negatif, keberadaan gunung api memberikan dampak positif. Misalnya, tanah-tanah di lereng-lereng gunung api, seperti di daerah Sumatra dan Jawa subur. Tekstur jenis tanah yang berada di lereng-lereng gunung adalah ....space 

  1. pasirspace 

  2. debuspace 

  3. lempungspace 

  4. lengketspace 

  5. geluh berdebuspace 

Pembahasan Soal:

Tanah vulkanis merupakan tanah hasil pelapukan bahan padat dan cair akibat adanya aktivitas vulkanisme. Setelah gunung meletus, material gunung tersebut mengalami pelapukan dan menjadi tanah vulkanis. Tanah ini memilki tingkat kesuburan yang tinggi karena mengandung unsur hara atau mineral, tanah ini digunakan di daerah pertanian dan perkebunan. Tekstur tanah vulkanis memiliki butir kasar dan berpasir dan berwarna kelabu hingga kuning.

Jadi, jawaban yang benar adalah A.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Ridha

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 30 April 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan jenis tanah yang ada di wilayah Mojosari, Mojokerto Jawa timur!

Pembahasan Soal:

Jenis tanah wilayah Kabupaten Mojokerto merupakan wilayah yang tersusun oleh kompleks regosol dan lithosol karena mayoritas dari hasil endapan material gunung berapi. Jenis tanah dari satu daerah dengan daerah lainnya berbeda tergantung dari komponen yang ada di dalam daerah tersebut. Jenis tanah yang terdapat di Kabupaten Mojokerto adalah sebagai berikut:

  • Tanah aluvial; terletak di sepanjang tepian kanan kiri sungai.
  • Tanah regosol; tersebar sepanjang pegunungan-pegunungan antar sungai.
  • Tanah grumusol; memiliki kandungan lempung montmorillonit.
  • Tanah mediteran; berkembang dari batuan induk gamping.
  • Tanah latosol; berkembang dari batuan induk batupasir dan batuan diorit.
  • Tanah andosol; berkembang di daerah sekitaran gunung api, berunsur debu.

0

Roboguru

Tuliskan jenis tanah yang memiliki kesuburan tinggi untuk tanaman palawija !

Pembahasan Soal:

Tanaman palawija merupakan tanaman hasil panen di samping padi. Contoh tanaman palawija adalah kacang panjang, jagung, kacang-kacangan, kedelai, kecipir, singkong dan ubi jalar. Jenis tanah yang memiliki kesuburan tinggi untuk tanaman palawija adalah tanah litosol dan tanah legosol.

Tanah litosol adalah tanah yang terbentuk dari hasil aktivitas gunung api. Tanah ini memiliki kedalaman atau solum tanah yang dangkal dengan kandungan bahan organik yang rendah. Tanah litosol cocok untuk tanaman palawija dan tanaman keras. Sementara itu, tanah regosol adalah tanah yang terbentuk dari material gunung api yang belum melapuk secara sempurna. Bertekstur kasar dan bahan organiknya rendah. Tanah regosol cocok untuk tanaman palawija dan tanaman yang tidak memerlukan banyak air.    

0

Roboguru

Jenis tanah organosol yang berasal dari pembusukan bahan organik yang tersebar di rawa-rawa Pulau Kalimantan adalah tanah....

Pembahasan Soal:

Tanah gambut merupakan tanah organosol yang berasal dari pembusukan bahan organik di rawa-rawa. Ciri-ciri tanah ini antara lain memiliki sedikit unsur hara, ber-pH asam, dan kurang subur untuk budi daya pertanian. Persebarannya banyak di Kalimantan, sepanjang pantai timur Sumatra, dan bagian selatan Pulau Papua. Jadi, jawaban yang benar adalah gambut.

0

Roboguru

Jelaskan klasifikasi tanah berdasarkan kesuburannya!

Pembahasan Soal:

Tanah terbentuk dari campuran hasil pelapukan batuan, bahan anorganik, bahan organik, air dan udara. Jenis tanah berdasarkan tingkat kesuburannya dapat dibedakan menjadi empat, yakni:

  1. Tanah Muda, tanah muda adalah tanah yang mengandung unsur hara dan zat makanan yang masih sedikit, sehingga kesuburan tanah tersebut masih kurang terlihat.
  2. Tanah Dewasa, jika Anda mencari lahan pertanian, maka pilihlah jenis tanah dewasa yang telah memiliki unsur hara atau zat makanan yang sangat banyak. Sebab, kandungan tersebut penting untuk perkembangan tumbuhan.
  3. Tanah Tua, serupa dengan manusia, setelah fase dewasa tanah memasuki fase tua. Sayangnya, fase tua tanah ini membuat unsur hara dan zat makanan di dalamnya berkurang, sehingga kurang pas untuk pertanian
  4. Tanah Sangat Tua, jenis tanah keempat adalah jenis tanah yang sangat tua, atau bisa disebut sebagai tanah mati. Tanah ini disebut mati karena hanya menyisakan unsur hara dan zat makanan yang sangat sedikit di dalamnya.

0

Roboguru

Jenis tanah yang telah mengalami pelapukan tingkat lanjut di daerah-daerah subtropis dan tropis serta didominasi oleh mineral-mineral seperti kwarsa, kaolin, dan besi oksida adalah jenis tanah ....

Pembahasan Soal:

Tanah oxisol merupakan jenis tanah yang telah mengalami pelapukan tingkat lanjut di daerah-daerah subtropis dan tropis serta didominasi oleh mineral-mineral dengan aktivitas rendah seperti kwarsa, kaolin, dan besi oksida.space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved