Roboguru

Indonesia memasuki masa reformasi setelah pengunduran diri Presiden Soeharto. Uraikan pendapat Anda mengenai reformasi!

Pertanyaan

Indonesia memasuki masa reformasi setelah pengunduran diri Presiden Soeharto. Uraikan pendapat Anda mengenai reformasi!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Reformasi adalah suatu gerakan yang bertujuan mendorong adanya perubahan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial budaya yang lebih baik dan demokratis. Adapun gerakan reformasi di Indonesia diawali dengan protes besar-besaran dan demonstrasi pada bulan Mei 1998 dan menimbulkan banyak korban. Beberapa tuntunan reformasi seperti: Berantas KKN, turunkan Soeharto dari kursi pemerintahan dan hapuskan dwifungsi ABRI. Untuk sekarang, reformasi belum baik karena adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Namun kenyataannya, KKN masih merajalela dan akses pendidikan yang belum merata.

Dengan demikian, keadaan Indonesia masih belum bisa dikatakan baik di bidang ekonomi, politik dan lain sebagainya ditambah dengan budaya KKN yang masih merajalela.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

C. Sianturi

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Pernyataan yang bernilai benar tentang agenda utama dalam gerakan reformasi di Indonesia, adalah ... Memberantas Korupsi, Kolusi dan Nepotisme (KKN). Mengganti rezim Orde Baru. Menurunkan Soehart...

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1998, keadaan Indonesia yang masih berada di bawah pemerintahan Orde Baru, mengalami krisis multidimensi, mulai dari krisis kepercayaan terhadap pemerintah dalam tata kelola politik, ataupun krisis ekonomi, sehingga membuat gabungan kelompok sipil dari mahasiswa, ormas, dan elemen lainnya membuat demonstrasi. Puncaknya ketika terjadi peristiwa Tragedi Trisakti 12 Mei 1998, keempat mahasiswa tertembak mati dan memicu kerusuhan-kerusahan lain di Bulan Mei, keinginan untuk reformasi mulai menggema di bulan-bulan Mei.
Reformasi secara umum dapat diartikan sebagai perubahan terhadap suatu sistem. Dalam konteks gerakan reformasi yang terjadi di Indonesia pada tahun 1998, maka ia adalah ketika Presiden Soeharto mengundurkan diri pada 21 Mei 1998 dan digantikan oleh Wakil Presiden Habibie. Gerakan reformasi tahun 1998, menghendaki adanya perubahan sistem, terutama dalam mendorong perbaikan pemerintahan sipil yang solid dan tata kelola pemerintahan yang demokratis.
Pasca turunya Presiden Soeharto, hal berikutnya yang menjadi perhatian adalah agenda utama ke depan menyongsong masa depan Era Reformasi. Adapun tuntutan atau agenda reformasi yang dihendaki oleh para mahasiswa mencakup beberapa hal: (1) mengadili Soeharto dan kroni-kroninya, (2) melaksanakan amandemen UUD 1945, (3) menghapus dwifungsi ABRI, (4) melaksanakan otonomi daerah seluas-luasnya, (5) menegakan supremasi hukum dan (6) menciptakan pemerintahan yang bersih dari Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

0

Roboguru

Indonesia memasuki masa reformasi setelah pengunduran diri Presiden Soeharto. Uraikan pendapat Anda mengenai reformasi!

Pembahasan Soal:

Menurut beberapa pendapat Reformasi saat ini masih belum baik, karena masyarakat menghendaki adanya perubahan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara ke arah yang lebih baik secara konstitusional. Kembali lagi ke pengertian Reformasi dimana reformasi itu sendiri adalah suatu gerakan adanya perubahan kehidupan dalam bidang politik, ekonomi, hukum, sosial, dan budaya yang lebih baik, demo-kratis berdasarkan prinsip kebebasan, persamaan, dan persaudaraan.

Dengan demikian KKN merupakan suatu tindakan yang tidak baik, dan masyarakat pada zaman Reformasi ingin memperbaiki itu dengan memberantas para Koruptor, sehingga di era Reformasi terbentuk KPK yang merupakan perwakilan dari masyarakat yang di percaya untuk memberantas Korupsi.undefined 

0

Roboguru

Pernyataan yang bernilai benar tentang reformasi ditandai dengan ... Terjadi proses desentralisasi terhadap kekuasaan. Reintrepretasi terhadap sejarah. Adanya redefinisi terhadap hak dan kewajiba...

Pembahasan Soal:

Reformasi berarti perbaikan sistem dan tata kelola, dalam konteks pemerintahan Orde Baru dan Reformasi, maka dapat diartikan sebagai perbaikan sistem tata kelola pemerintahan di bawah Soeharto agar menjadi lebih baik lagi, sehingga terjadilah reformasi. Adapun beberapa hal yang menjadi tanda munculnya keinginan perbaikan tata kelola pemerintahan adalah, desentralisasi kekuasaan dan redefinisi hak serta kewajiban rakyat..
Desentralisasi kekuasaan adalah pembagian kekuasaan secara merata, dalam arti ada distribusi kekuasaan, harapannya agar terjadi hubungan yang seimbang antara oposisi dan pemerintah. Di Masa Orde Baru, hal ini cukup samar, sebab kekuasaan, terutama di parlemen, sejatinya adalah bagian juga dari pemerintah, misalnya adanya fraksi ABRI dalam MPR. Kemudian, yang dimaksud redefinisi hak dan kewajiban rakyat dimaksudkan sebagai mengatur kembali apa yang menjadi hak dan kewajiban rakyat secara jelas. Di Masa Orde Baru hal ini cukup samar, banyak hal yang membuat kegamangan itu, misalnya hak berpendapat yang dibungkam, misalnya, melalui pembredelan media.

Jadi, opsi jawaban benar adalah B.

0

Roboguru

Hal pokok dari tujuan gerakan reformasi di Indonesia pada tahun 1998 adalah...

Pembahasan Soal:

Gerakan reformasi di Indonesia tahun 1998 merupakan peristiwa puncak ketidakpuasaan dan kekecewaan masyarakat terhadap pemerintah. Adapun tuntutan masyarakat yang utama adalah memperbarui tatanan kehidupan agar sejalan dengan tuntutan keadilan masyarakat. Dengan demikian jawaban yang tepat adalah E

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan reformasi?

Pembahasan Soal:

Reformasi merupakan perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu negara. Reformasi terjadi ketika negara mengalami krisis yang melanda berbagai aspek, mulai dari ekonomi, politik, hukum, kepercayaan, dan kebutuhan pokok. Di Indonesia, reformasi terjadi pada tahun 1998. Peristiwa Reformasi 1998 dilatarbelakangi oleh krisis multidimensi, mulai dari krisis ekonomi, krisis politik, krisis penegakan hukum, hingga krisis sosial budaya. Gerakan Reformasi 1998 dipelopori oleh mahasiswa dan buruh. Gerakan tersebut berhasil menurunkan Soeharto sebagai presiden Republik Indonesia. 

Dengan demikian, reformasi merupakan perubahan terhadap suatu sistem yang telah ada pada suatu negara.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved