Roboguru

Indonesia berada diantara dua samudera mengakibatkan kondisi Indonesia ....

Pertanyaan

Indonesia berada diantara dua samudera mengakibatkan kondisi Indonesia ....undefined  

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Indonesia yang terletak di antara dua samudera besar mempunya dampak mendapat angin laut yang membawa banyak hujan. Hal ini pula yang menyebabkan Indonesia memiliki iklim tropis. Selain itu, letak geografis Indonesia juga menyebabkan Indonesia memiliki dua musim. Hal ini dipengaruhi oleh angin musim yang berhembus tiap enam bulan sekali. Selain memiliki iklim tropis, Indonesia memiliki keragaman budaya dalam bidang seni, bahasa, peradaban, dan agama. Hal ini disebabkan oleh letak Indonesia yang berada di cross position. Maksud dari cross position ini adalah Indonesia berada di antara persilangan dari dua benua dan dua samudra, yaitu Benua Asia ke Benua Australia dan Samudra Hindia ke Samudra Pasifik. Selain itu, Indonesia memiliki mitra dagang dengan negara-negara sekitar karena lokasi yang strategis dan kegiatan perdagangan pun meningkat. space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut yang bukan merupakan wilayah perairan Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Perairan Nusantara merupakan bagian dari perairan Indonesia. Perairan nusantara adalah segala bentuk perairan yang ada di Indonesia. Selain perairan nusantara, perairan Indonesia dibagi menjadi tiga. Pembagian wilayah laut digunakan untuk mengatur tentang batas negara dan sumber daya alam yang dimiliki oleh negara. Indonesia memiliki tiga pembagian laut yaitu sebagai berikut :

  1. Batas Landas Kontinen adalah batas antara dua negara mengenai segala sumber daya alam yang ada di laut dengan kedalaman 200 meter. Pada perairan ini setiap negara wajib menyediakan pelayaran damai antar dua negara baik diatas permukaan laut maupun dibawah permukaan laut.
  2. Laut Teritorial adalah laut yang memiliki panjang 12 mil yang diukur dari garis lurus pantai terluar.
  3. Zona Ekonomi Eklusif adalah zona yang memiliki panjang 200 mill dari garis pantai terluar negara Indonesia.

Yang bukan termasuk dalam perairan Indonesia adalah perairan sungai, karena perairan sungai tidak termasuk dalam perairan laut tetapi merupakan bagian dari perairan darat. Jadi, yang termasuk dalam perairan Indonesia adalah perairan nusantara, landas kontinen, laut teritorial, dan zona ekonomi eklusif.

Jadi, jawaban yang benar adalah C

1

Roboguru

Luas laut Indonesia dari keseluruhan luas wilayah NKRI adalah sebesar ….

Pembahasan Soal:

Luas total wilayah Indonesia sekitar 7,81 juta km². Dari total luas wilayah tersebut, 3,25 juta km² adalah berupa lautan dan 2,55 juta km² adalah Zona Ekonomi Eksklusif. Hanya sekitar 2,01 juta km² yang berupa daratan.

Berdasarkan data diatas, diketahui bahwa luas laut Indonesia keseluruhannya adalah sekitar 5,8 juta km² atau sekitar 74 % dari keseluruhan luas wilayah NKRI.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space space  

0

Roboguru

Salah satu ciri yang membuktikan bahwa Pulau Papua merupakan satu dangkalan dengan Benua Australia adalah ...

Pembahasan Soal:

Salah satu bukti bahwa Pulau Papua dan Benua Australia merupakan satu dangkalan atau daratan adalah ditemukannya spesies fauna yang mirip, yaitu terdapat binatang berkantung (kanguru), mamalia berukuran kecil (wallaby, possum), dan banyak jenis burung yang berbulu indah atau memiliki beragam warna (cendrawasih). Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Perhatikan pulau-pulau di bawah ini! Pulau Jawa Kepulauan Mentawai Pulau Papua Kepulauan Aru Kepulauan Tanimbar Pulau yang merupakan bagian dari Dangkalan Sahul ditunjukkan oleh nomor ....

Pembahasan Soal:

Perhatikan peta di bawah ini!

sumber: wikipedia.org

Pada peta tersebut terlihat bahwa Dangkalan Sahul terletak dibagian timur Indonesia yang meliputi Pulau Papua, Kepulauan Aru, dan Kepulauan Tanimbar. Dangkalan ini sangat dipengaruhi oleh sistem Benua Australia, sehingga sedimen di daerah ini ditafsirkan sebagai sedimen asal kontinen Australia. Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Gunung tertinggi di Pulau Sumatra adalah .…

Pembahasan Soal:

Gunung adalah adalah bentang alam yang bentuknya menjulang tinggi dan memiliki puncak, lereng, serta kaki gunung. Indonesia memiliki banyak gunung, baik gunung api maupun gunung tidak berapi. Gunung tertinggi di Pulau Sumatra adalah Gunung Kerinci yang terletak di Provinsi Jambi. Gunung yang memiliki ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut (mdpl) ini sering disebut sebagai Atap Sumatra. Sementara itu, Gunung Merbabu berada di Jawa Tengah, Gunung Agung di Bali, Gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, dan Gunung Cartensz di Papua. Jawaban yang tepat adalah C.

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved