Roboguru

Indeks harga konsumen adalah ....

Pertanyaan

Indeks harga konsumen adalah .... 

  1. angka perbandingan perubahan harga barang konsumsi yang dibeli konsumen. 

  2. angka perbandingan perubahan harga barang konsumsi terhadap barang lain yang dibeli konsumen. 

  3. angka yang menggambarkan perbandingan perubahan harga barang dan jasa yang dibeli konsumen pada waktu tertentu. 

  4. persentase perubahan harga barang konsumsi yang dibeli konsumen. 

  5. harga sekelompok barang relatif terhadap sekolompok barang lain pada tahun dasar. 

Pembahasan Soal:

Indeks harga konsumen adalah angka yang menggambarkan perbandingan perubahan harga barang dan jasa yang dibeli konsumen pada waktu tertentu. Indeks harga konsumen adalah perubahan harga barang dan jasa yang dikonsumsi dari waktu ke waktu. Indeks harga konsumen diambil dari data empat kelompok, yaitu kelompok makanan, perumahan, aneka barang, dan jasa. IHK ini juga digunakan oleh Badan Pusat Statistik sebagai indikator inflasi di Indonesia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

D. Tri

Mahasiswa/Alumni Universitas Sebelas Maret

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini pengertian indeks harga konsumen yang tepat adalah ….

Pembahasan Soal:

Indeks harga konsumen disingkat IHK adalah suatu ukuran statistik yang dapat menunjukkan perubahan-perubahan pada harga komoditas dan jumlah barang yang dibeli konsumen dari waktu ke waktu. IHK berfungsi untuk menilai tingkat ekonomi suatu negara serta sebagai pedoman untuk menentukan standar upah, gaji, dana pensiun, dan lainnya. 

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. space space 

Roboguru

Perhatikan matriks antara jenis indeks harga dan sumber datanya berikut!     Matriks yang tepat antara jenis indeks harga dan sumber datanya ditunjukkan oleh nomor ….

Pembahasan Soal:

Berikut adalah matriks yang tepat antara jenis indeks harga dan sumber datanya.

Jadi, jawaban yang tepat ditunjukkan oleh poin D.space 

Roboguru

Jelaskan jenis-jenis indeks harga!

Pembahasan Soal:

Indeks harga diartikan sebagai perbandingan antara harga rata-rata suatu barang dalam tahun yang digitung dan harga rata-rata untuk tahun dasar. Indeks harga ini sangat diperlukan untuk mengukur perubahan kondisi ekonomi suatu negara. Berikut jenis Indeks Harga:

  1. Indeks harga konsumen
    Indeks harga konsumen melihat perubahan harga barang dan jasa yang dikonsumsi dari waktu ke waktu. Indeks harga konsumen diambil dari data empat kelompok, yaitu kelompok makanan, perumahan, aneka barang, dan jasa. IHK tersebut digunakan oleh BPS sebagai indikator inflasi di Indonesia.
  2. Indeks Harga Produsen 
    Indeks harga produsen adalah angka indeks yang menggambarkan tingkat perubahan harga ditingkat produsen. Pengguna data IHP dapat memanfaatkan perkmbangan harga produsen sebagai indikator dini untuk harga grosir maupun harga eceran. Selain itu, IHP bisa digunakan untuk membantu penyusunan neraca ekonomi (PDB atau PDRB), distribusi dagang, margin perdagangan, dan sebagainya.
  3. Indeks harga implisit
    Merupakan sebuah metode untuk membandingkan pertumbuhan ekonomi nominal dengn pertumbuhan ekonomi riil. Perhitungan cara ini melibatkan semua barang yang diproduksi. Baca juga: Apa Itu Sekuritas dalam Perdagangan Saham? Indeks harga implisit menjadi ukuran inflasi dari periode di mana harga dasar untuk perhitungan GNP riil digunakan hingga GNP saat ini.
  4. Indeks harga yang diterima dan dibayar petani
    Indeks ini adalah indeks harga yang harus dibayar ole petani baik untuk biaya hidup maupun biaya produksi termasuk biaya hipotek, pajak, dan upah. Indeks harga yang dibayarkan petani dipengaruhi oleh keijakan pemerintah, politik perdagangan, harga makanan, dan sebagainya. Rasio antara indeks harga yang dibayar dan diterima dalam waktu tertentu disebut rasio paritas.

Jadi, jenis indeks harga diantaranya indeks harga konsumen, indeks harga produsen, indeks harga implisit dan indeks harga yang diterima dan dibayar petani.  

Roboguru

Berikut ini adalah pernyataan tentang kegunaan indeks harga: Dapat mengetahui inflasi di Indonesia Dapat memahami indeks harga barang eceran Mengetahui indeks harga sembilan bahan pokok Mengetah...

Pembahasan Soal:

Indeks Harga Konsumen (IHK) adalah suatu ukuran statistik yang dapat menunjukkan perubahan-perubahan pada harga komoditas dan jumlah barang yang dibeli konsumen dari waktu ke waktu. Indeks harga konsumen diambil dari data empat kelompok, yaitu kelompok makanan, perumahan, aneka barang, dan jasa.

Peran indeks harga bagi konsumen adalah mengetahui tingkat inflasi di Indonesia. mengetahui indeks harga barang eceran, dan mengetahui indeks harga sembilan bahan pokok.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan A.space space  

Roboguru

Perhatikan tabel berikut! Sumber data indeks harga konsumen (IHK) ditunjukkan oleh pasangan ....

Pembahasan Soal:

Indeks Harga Konsumen (IHK) adalah suatu ukuran statistik yang dapat menunjukkan perubahan perubahan pada harga komoditas dan jumlah barang yang dibeli konsumen dari waktu ke waktu. Indeks harga konsumen diambil dari kelompok makanan, minuman, dan tembakau (B2); kelompok pakaian dan alas kaki (B3); kelompok perumahan, air, listrik, dan bahan bakar rumah tangga (A2); kelompok perlengkapan, peralatan, dan pemeliharaan rutin rumah tangga; kelompok kesehatan; kelompok transportasi; kelompok informasi, komunikasi, dan jasa keuangan; kelompok rekreasi, olahraga dan budaya; pendidikan; kelompok penyediaan makanan dan minuman/restoran dan kelompok perawatan pribadi dan jasa lainnya.

Jadi, jawaban pilihan yang tepat adalah pilihan E. undefined  

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved