Roboguru

Indah tertarik dengan topik penelitian mengenai pengamen jalanan. Awal ketertarikannya dengan topik tersebut karena setiap pagi Indah menjumpai beberapa pengamen yang tidur di teras toko ketika ia berangkat sekolah. Metode penelitian yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan Indah adalah....

Pertanyaan

Indah tertarik dengan topik penelitian mengenai pengamen jalanan. Awal ketertarikannya dengan topik tersebut karena setiap pagi Indah menjumpai beberapa pengamen yang tidur di teras toko ketika ia berangkat sekolah. Metode penelitian yang sesuai dengan penelitian yang dilakukan Indah adalah....space space 

  1. historikspace space 

  2. lapanganspace space 

  3. eksperimenspace space 

  4. laboratoriumspace space 

  5. perpustakaanspace space 

Pembahasan Soal:

Berdasarkan tempat penelitiannya, penelitian diklasifikasikan kepada:

  1. Field research, yaitu penelitian yang dilakukan langsung di lapangan.
  2. Library research, yaitu penelitian yang dilakukan menggunakan literatur/kepustakaan
  3. Laboratory research, yaitu penelitian yang dilakukan di tempat tertentu seperti laboratorium.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

M. Aulia

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapilah tabel berikut!

Pembahasan Soal:

Penelitian eksplorasi adalah sebagai penelitian awal yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran mengenai suatu topik penelitian yang akan diteliti lebih jauh.

Contoh penelitian eksplorasi antara lain:

  1. Etos kerja masyarakat Baduy di Provinsi Banten.
  2. Penelitian Eksploratif Perilaku Social Distancing di Kalangan Ojek Online Dalam Pencegahan Covid 19 (Studi Kasus: Jakarta Barat, Ibukota Jakarta).
  3. Pendekatan Eksploratif untuk Meningkatkan kemampuan Pelajaran Fisika dalam Memotivasi Belajar SMA Negeri 1 Surakarta.

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan penelitian eksplorasi dan eksplanasi.

Pembahasan Soal:

Penelitian eksploratif merupakan penelitian yang bertujuan untuk menggali suatu gejala yang masih baru. Penelitian ini memiliki sifat kreatif, fleksibel, serta terbuka pada berbagai informasi yang ada. Penelitian ini biasanya menghasilkan teori-teori baru atau pengembangan dari teori yang sudah ada. Penelitian ini biasa di identikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan "apa" dan "siapa". Tujuan penelitian ini adalah:

  • untuk mengembangkan gagasan dasar mengenai topik baru, dan
  • memberikan dasar bagi penelitian lanjutan.

Sedangkan, penelitian eksplanasi merupakan penelitian yang dilakukan untuk menemukan penjelasan tentang mengapa suatu kejadian atau gejala terjadi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah gambaran mengenai hubungan sebab akibat. Penelitian ini seringkali di identikkan dengan penelitian yang menggunakan pertanyaan "mengapa" dalam upaya mengembangkan informasi yang ada. Tujuan dari penelitian eksplanasi adalah:

  • menghubungkan pola-pola yang berbeda namun memiliki keterkaitan, dan
  • menghasilkan pola hubungan sebab akibat.

Dari contoh di atas, dapat dilihat bahwa kedua jenis penelitian akan memberi penekanan yang berbeda terhadap tema penelitian yang sama.undefined

0

Roboguru

Untuk bisa meneliti fenomena sosial baru tentu diperlukan penelitian yang bersifatnya eksploratif, karena ....

Pembahasan Soal:

penelitian eksploratif adalah suatu jenis penelitian yang bertujuan untuk menggali suatu fenomena sosial baru, yang umumnya belum pernah diteliti. ketika menggali informasi maupun permasalahan. Kemudian, karena jenis penelitian ini mencoba menggali informasi atau permasalahan yang relatif masih baru, maka tidak jarang jika penelitian eksploratif disebut juga sebagai penelitian pendahuluan. Karena masih menjadi fenomena yang baru, maka, tujuan peneliti bukan untuk mencari kesimpulan terhadap fenomena ini. Tapi, kita cukup hanya mengeksplor sebanyak-banyaknya informasi seputar istilah ini, baik tentang pengertiannya, karakteristiknya, ataupun sebab munculnya. Jadi jawaban yang benar adalah A.

0

Roboguru

Fenomena Panjat sosial adalah sebuah fenomena baru di masyarakat yang belum ada penelitiannya di masa-masa sebelumnya. Sehingga peneliti menggunakan jenis penelitian eksploratif untuk bisa mengkaji fe...

Pembahasan Soal:

ketika menggali informasi maupun permasalahan. Kemudian, karena jenis penelitian ini mencoba menggali informasi atau permasalahan yang relatif masih baru, maka tidak jarang jika penelitian eksploratif disebut juga sebagai penelitian pendahuluan. Jadi misal, ketika peneliti mengeksplor fenomena panjat sosial ini, maka tujuan peneliti bukan untuk mencari kesimpulan terhadap fenomena ini. Tapi, kita cukup hanya mengeksplor sebanyak-banyaknya informasi seputar istilah ini, baik tentang pengertiannya, karakteristiknya, ataupun sebab munculnya. Jadi jawaban yang benar adalah E.

0

Roboguru

Media di Indonesia sempat gempar dengan fenomena munculnya kerajaan-kerajaan baru di Indonesia dengan, pernyataan-pernyataan yang mereka klaim, sebagai seorang peneliti yang melihat fenomena ini bisa ...

Pembahasan Soal:

penelitian eksploratif bertujuan untuk menemukan fakta baru dari persoalan yang diteliti. peneliti bisa mengeksplor mengenai “fenomena ini menggambarkan gejala sosial apa sih?” Apakah hanya sensasi atau ada maksud tertentu di balik fenomena ini? Poin inilah yang kemudian menggambarkan tujuan penelitian eksploratif selanjutnya, yaitu untuk membangun ide atau gagasan dasar mengenai fenomena sosial yang baru muncul. Dan pada akhirnya berhubungan dengan poin selanjutnya, yaitu penelitian eksploratif bertujuan untuk memberikan dasar bagi penelitian lanjutan. Jadi jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved