Roboguru

Imaji yang terkandung pada larik ketiga adalah ....

Pertanyaan

Imaji yang terkandung pada larik ketiga adalah .... 

  1. imaji taktil 

  2. imaji auditif 

  3. imaji visual 

  4. imaji rabaan 

Pembahasan Soal:

Puisi merupakan ungkapan hati atau pemikiran penyair mengenai berbagai hal dalam kehidupan ke dalam susunan kata-kata yang padat dan penuh makna.

Puisi terdiri dari dua struktur, yaitu struktur fisik dan struktur batin. Salah satu bagian dari struktur fisik adalah imaji atau citraan. Imaji atau citraan merupakan kata atau susunan kata-kata yang mengungkapkan pengalaman indrawi pembaca saat membaca puisi, sehingga pembaca dapat seolah-olah melihat, mendengar, merasakan, atau mengalami hal-hal yang terdapat dalam sebuah puisi. Imaji dapat dibagi menjadi tiga macam, yaitu imaji penglihatan (visual), imaji pendengaran atau suara (auditif), dan imaji sentuh atau perabaan (taktil).

Secara lengkap, jenis-jenis imaji sebagai berikut:

  1. Citraan penglihatan. Citraan Penglihatan merupakan Citraan yang bersentuhan dengan indra penglihatan. Citraan penglihatan merupakan jenis yang paling banyak ditemukan dalam puisi. Rangsangan yang distimulus oleh citraan penglihatan kepada indra penglihatan akan menjadikan bayangan imajinasi yang tidak terlihat seolah-olah nyata.
  2. Citraan pendengaran. Citraan Pendengaran juga merupakan Citraan yang sering muncul dalam puisi dan dihadirkan dengan mengurai atau mendeskripsikan bunyi.
  3. Citraan perabaan. Citraan Perabaan berkenaan dengan aktivitas perabaan. Citraan Perabaan berkenaan dengan Citraan Gerak bahwa melalui Citraan ini, kita seolah-olah dihadapakan dengan sebuah benda padat dan selanjutnya dapat dipegang.
  4. Citraan gerak. Kehadiran Citraan gerak bisa menimbulkan hal yang ditandai terkesan bergerak. Hal yang digambarkan bergerak sebenarya tidak bergerak namun dilukiskan bergerak shingga terlihat hidup dan dinamis. 
  5. Citraan penciuman. Citraan ini merupakan citraan yang menonjolkan peran indra pembau.
  6. Citraan pengecapan. Citraan Pengecapan merupakan citraan yang berkenaan dengan indra pengecapan seperti manis, pahit, asin, dsb. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, imaji yang terdapat pada larik Langit tampak keruh adalah imaji visual.  Larik "langit tampak keruh" sesuatu yang dapat dilihat. Imaji penglihatan merupakan imaji visual.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Hayati

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 5!                                    Doa                            Chairil Anwar kepada pemeluk teguh Tuhanku Dalam termangu Aku masih me...

Pembahasan Soal:

Pengimajian atau citraan adalah kata atau susunan kata yang dapat menimbulkan khayalan atau imajinasi. Larik cayaMu panas suci mengandung citraan perabaan. Sebab, untuk mengetahui sesuatu panas atau tidak, diperlukan indra peraba. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

imaji yang terkandung dalam larik kedua puisi tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Puisi adalah karya sastra yang berisi tanggapan serta pendapat penyair mengenai berbagai hal. Puisi terdiri dari struktur batin dan struktur fisik. Struktur fisik puisi berupa diksi, citraan (pengimajian), majas dan tipografi puisi. 

Imaji adalah unsur yang melibatkan penggunaan indra manusia. Imaji dapat dibagi menjadi tiga, yaitu imaji suara (auditif), imaji penglihatan (visual) dan imaji rasa atau sentuh (imaji taktil).

Pada larik kedua puisi di atas, terdapat kata "sedih" dan "ngerii". Sedih dan ngeri merupakan sesuatu yang berhubungan dengan rasa.

Jadi,imaji yang terkandung dalam larik kedua puisi tersebut adalah imaji taktil.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah pilihan A. 

0

Roboguru

Imaji yang terkandung dalam larik kedua puisi tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Imaji adalah kata atau susunan kata-kata yang dapat memperjelas apa yang dinyatakan oleh penyair. Melalui imaji ini, apa yang digambarkan seolah-olah dapat dilihat, didengar, atau dirasa. Imaji auditif yaitu kata-kata dalam puisi memberi efek pada indera pendengaran kita (telinga).

Imaji yang terkandung dalam larik kedua puisi tersebut adalah imaji auditif karena memberikan efek pada indera pendengaran seakan-akan mendengar secara langsung apa yang dinyatakan penyair. Hal itu tergambar pada larik "Dengarlah kami akan menyanyi lagu yang tidak nyaman di hati"

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah C. 

0

Roboguru

Perhatikan puisi berikut untuk menjawab soal nomor 1 sampai 4!                                                  Doa                                          Chairil Anwar kepada pemeluk teguh Tuhanku...

Pembahasan Soal:

Sikap penyair dalam puisi dibagi menjadi dua, yaitu sikap terhadap permasalahan di dalam puisi (rasa) dan sikap terhadap pembaca (nada). Dalam puisi di atas, penyair mengekspresikan perasaan, pemikiran, ataupun pengalamannya. Namun, apa yang ditangkap oleh pembaca diserahkan pembaca. Hal itu berarti bahwa pembaca bebas menyimpulkan bagaimana perasaan penyair dalam puisi tersebut. Jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Baris ketiga puisi tersebut menggunakan citraan…..

Pembahasan Soal:

Citraan adalah kata-kata dalam puisi yang berkaitan erat dengan pengalaman inderawi seperti penglihatan, pendengaran, penciuman, perabaan, dan pengecapan. Dalam puisi di atas, disebutkan  "Kenang aku bila kau dengarkan" yang memberikan citraan pendengaran.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved