Roboguru

Ide pokok paragraf di atas adalah…

Pertanyaan

Ide pokok paragraf di atas adalah…space

  1. Teh hijau berfungsi menjaga kesehatan kulit.space

  2. Teh hijau melindungi kulit dari sengatan sinar ultraviolet.space

  3. Teh hijau mampu membuat kulit tidak cepat keriput.space

  4. Teh hijau menjaga kesehatan tubuh.space

  5. Teh hijau baik untuk dikonsumsi.space

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah gagasan yang menjadi pokok pengembangan paragraf. Gagasan tersebut berisi satu gagasan utama berupa permasalahan atau topik yang dapat dikembangkan secara rinci dalam kalimat penjelas. Ide pokok terletak di kalimat pertama, terakhir, atau pertama dan akhir.

Paragraf tersebut diawali gagasan teh hijau yang berfungsi menjaga kesehatan kulit. Kemudian, kalimat selanjutnya dijelaskan pendapat bahwa teh hijau berfungsi menjaga kesehatan kulit, seperti dapat melindungi kulit dari sinar ultraviolet, secara tidak langsung dapat terhindar dari penyakit kanker kulit, dan mampu membuat kulit tidak cepat keriput. Maka, ide pokok paragraf tersebut terletak di kalimat pertama.
Dengan demikian, ide pokok paragraf di atas adalah teh hijau berfungsi menjaga kesehatan kulit.

Oleh karena itu jawaban yang benar adalah A.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Nurjannah

Mahasiswa/Alumni Universitas Jember

Terakhir diupdate 05 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Bahasa pengantar ialah bahasa yang dipergunakan dalam perundingan atau diskusi yang dapat dipahami oleh semua peserta. Bahasa tersebut juga digunakan oleh guru atau penceramah yang dapat dipahami oleh...

Pembahasan Soal:

Ide pokok adalah ide yang menjiwai (yang menjadi dasar) keseluruhan isi teks. Paragraf tersebut merupakan paragraf deduktif yang kalimat utamanya terletak pada awal paragraf. Dalam hal ini, kalimat utama adalah kalimat pertama, Bahasa pengantar ialah bahasa yang digunakan dalam perundingan atau diskusi yang dapat dipahami oleh semua peserta. Ide pokok dalam paragraf ini dinyatakan secara tersirat oleh pengarang, yakni mengenai pemahaman bahasa. Kalimat kedua (Bahasa tersebut juga diunakan oleh guru atau penceramah…) juga mendukung ide pokok tersebut.

0

Roboguru

(1) Terjadinya kerusakan lingkungan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. (2) Bahkan, beberapa kasus yan benar-benar merusak ling...

Pembahasan Soal:

Kalimat utama merupakan kalimat yang menjiwai seluruh isi paragraf. Kalimat ini bisa terletak di awal ataupun di akhir paragraf. Dalam teks ini, kalimat utama terletak di awal paragraf, yakni dalam kalimat pertama (1) Terjadinya kerusakan di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, lebih disebabkan masih lemahnya penegakan hukum di bidang lingkungan. Kalimat ini kemudian diperjelas oleh kalimat-kalimat selanjutnya, yakni kalimat (2), (3), dan (4). Dalam kalimat (2), dijelaskan mengenai beberapa kasus yang luput dari jeratan hukum. Sementara itu, dalam kalimat (3) dijelaskan bahwa kasus pengrusakan lingkungan sebaiknya ditindak secara hukum. Kata kunci paragraf ini adalah: penegakan hukum.

0

Roboguru

Makna tersirat dari teks tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Makna terseirat dalam teks tersebut adalah pasaran buah jeruk nipis telah menembus perdagangan antarnegara, termasuk jeruk nipis tanpa biji karena dalam kalimat tersebut mengandung makna tersembunyi berupa pasaran buah jeruk nipis tidak hanya di perdagangan dalam negeri tetapi sudah merambah hingga perdagangan luar negeri.

Jadi, jawaban yang benar adalah E

0

Roboguru

Topik yang dibahas dalam teks tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Topik dalam sebuah  teks merupakan pokok pembahasan atau bisa juga disebut gagasan pokok yang dapat terletak di awal paragraf, di akhir paragraf, ataupun di awal dan di akhir paragraf. Dari teks di atas dapat diketahui bahwa topik yang dibahas berkenaan dengan imbauan untuk terus berbahagia agar dapat mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh. Hal ini dibuktikan dengan kutipan kalimat berikut.

"Pakar Kesehatan Mental Universitas Brawijaya (UB), Sumi Lestari mengatakan, untuk mencegah masuknya virus corona ke dalam tubuh, masyarakat diimbau untuk terus berbahagia, mengonsumsi makanan gizi seimbang, berolahraga, menjaga kebersihan, dan sering cuci tangan."

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah pilihan D.space  

0

Roboguru

Mengapa MK membubarkan Badan Pengelola Migas (BP Migas)?

Pembahasan Soal:

Bacaan atau paragraf memuat informasi tersurat dan tersirat. Informasi tersurat adalah informasi yang tertulis secara jelas dalam bacaan. Informasi tersirat adalah informasi yang tidak tertulis secara jelas/tersembunyi. Pokok-pokok informasi terangkum dalam rumus 5W + 1H. Dalam bahasa Indonesia, pokok-pokok informasi itu dapat pula disingkat dengan ADIKSIMBA (Apa, Di mana, Siapa, Mengapa, serta Bagaimana).

Berdasarkan kutipan di atas, informasi yang dipertanyakan adalah alasan MK membubarkan BP Migas. Dalam kutipan, alasan MK membubarkan BP Migas, yakni karena kebijakan di BP Migas hulu dan BP hilir Migas sering bertabrakan dengan Kementrian ESDM.undefined Hal ini termuat dalam kalimat ketiga dan keempat teks. Kalimat ketiga berisi kekuasaan dan kebijakan migas yang berada di BP Migas di hulu dan BP hilir Migas. Sementara itu, kalimat keempat berisi permasalahan yang dialami kedua badan dalam mengatur migas. Oleh karena itu, MK sepakat untuk membubarkan BP Migas.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved