Roboguru

Hubungan yang tepat antar atom dan perubahan oksidasi menurut reaksi:   adalah...

Pertanyaan

Hubungan yang tepat antar atom dan perubahan oksidasi menurut reaksi:

begin mathsize 14px style 2 K O H left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus Cl subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields K Cl left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus K Cl O left parenthesis italic a italic q right parenthesis plus H subscript 2 O open parentheses italic l close parentheses end style 

adalah...

Pembahasan Soal:

Maksud dari soal di atas adalah manakah zat dalam reaksi tersebut yang mengalami perubahan bilangan oksidasi (reaksi oksidasi atau reduksi) dan bagaimana hubungannya. Maka kita perlu cari bilangan oksidasi masing-masing unsur terlebih dahulu.

      

Berdasarkan reaksi, spesi kimia yang mengalami reaksi oksidasi adalah begin mathsize 14px style Cl subscript 2 yields K Cl O end style (biloksnya naik dari 0 menjadi +1). Sedangkan reaksi begin mathsize 14px style Cl subscript 2 yields K Cl end style merupakan reaksi reduksi (mengalami perubahan biloks dari 0 menjadi -1). Perhatikan, bahwa reduktor dan oksidator untuk reaksi ini adalah zat yang sama. Reaksi redoks seperti ini disebut dengan autoredoks dimana begin mathsize 14px style Cl subscript 2 end style mengalami oksidasi sekaligus reduksi (dari 0 menjadi +1 dan -1).

Jadi, reaksi redoks tersebut merupakan autoredoks dimana biloks Cl berubah dari 0 menjadi +1 dan -1.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 27 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved