Roboguru

Hubungan antar makhluk hidup yang membentuk simbiosis parasitisme adalah ....

Pertanyaan

Hubungan antar makhluk hidup yang membentuk simbiosis parasitisme adalah ....space

  1. Rafflesia menempel pada akar pohonundefined

  2. katak yang berada di bawah pepohonanundefined

  3. bunga anggrek menempel di pohon manggaundefined

  4. kelelawar berbulu wol dengan kantong semarundefined

Pembahasan Soal:

Simbiosis parasitisme adalah interaksi antar makhluk hidup dimana satu mendapatkan keuntungan dan yang lain mendapatkan kerugian. Contohnya adalah Rafflesia menempel pada akar pohon. Rafflesia dapat keuntungan dengan menyerap zat organik dan anorganik dari pohon melalui haustarium, sedangkan pohon dapat kerugian karena zat organik dan anorganik diambil oleh Rafflesia, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Y. Hernandez

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 28 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Simbiosis parasitisme ditunjukkan oleh....

Pembahasan Soal:

Simbiosis parasitisme adalah hubungan antar makhluk hidup yang dimana ada satu pihak yang diuntungkan, sedangkan pihak lainnya dirugikan. Contohnya adalah jamur Malassezia furfur (jamur panu) menempel manusia. Jamur tersebut hidup menumpang pada manusia namun manusia mengidap penyakit panu sehingga dirugikan.undefined 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan simbiosis? Jelaskan macam-macamnya!

Pembahasan Soal:

Simbiosis adalah interaksi yang terjadi antara dua organisme yang berbeda. Simbiosis dapat dibagi menjadi tiga, yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, dan simbiosis parasistisme.

  1. Simbiosis mutualisme. Simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua organisme yang saling menguntungkan. Contohnya adalah tanaman bunga dengan hewan penyerbuk, burung jalak dengan kerbau, dan manusia dengan bakteri usus.
  2. Simbiosis komensalisme. Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua organisme, yang mana satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak lain tidak diuntungkan maupun dirugikan. Contohnya adalah ikan remora dengan ikan hiu, ikan putzerlip dengan hewan karang, dan tumbuhan epifit dengan inangnya.
  3. Simbiosis parasitisme. Simbiosis parasitisme adalah hubungan antara dua organisme berbeda jenis di mana salah satu pihak mendapat keuntungan, sedangkan pihak lain mendapat kerugian. Contohnya adalah benalu dan tali putri pada ranting pohon, serta cacing atau bakteri yang hidup sebagai parasit pada tubuh hewan dan manusia.
  4. Simbiosis amensalisme. Amensalisme adalah interaksi organisme di mana salah satu organisme menghambat pertumbuhan organisme lain. Contohnya adalah beberapa jenis fungi menghasilkan zat antibiotik yang dapat menghambat dan membunuh mikroorganisme lainnya.undefined 

0

Roboguru

Kutu yang hinggap di tubuh hewan dan menghisap darah hewan yang dihinggapinya adalah contoh dari simbiosis ....

Pembahasan Soal:

Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara individu berbeda jenis yang dapat merugikan salah satu individu. Contohnya kutu yang hinggap dan menghisap darah suatu hewan. Kutu mendapatkan keuntungan karena memperoleh makanan dari darah, sedangkan hewan dirugikan karena darahnya diisap dan gigitan kutu menimbulkan rasa gatal pada tubuhnya.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.undefined

0

Roboguru

Dalam hubungan antara dua makhluk hidup, di bawah ini yang tidak termasuk simbiosis parasitisme yaitu ....

Pembahasan Soal:

Simbiosis parasitisme adalah interaksi antara individu berbeda jenis yang dapat merugikan salah satu individu. Contohnya tanaman tali putri dan benalu yang hidup di pohon inang, dan kutu di kulit kepala manusia.

Simbiosis komensalisme adalah interaksi antara individu berbeda jenis yang satu dapat keuntungan sedangkan yang lain tidak dapat keuntungan dan tidak pula dirugikan. Contohnya antara ikan remora yang menempel pada tubuh hiu.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.undefined

0

Roboguru

Jelaskan yang di maksud dengan parasitisme, aleopati, predasi !

Pembahasan Soal:

Interaksi merupakan hubungan yang terjadi antarmakhluk hidup untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Interaksi dapat terjadi antarspesies maupun antarpopulasi. Beberapa contoh interaksi antarmakhluk hidup yaitu parasitisme, alelopati, dan predasi.

  1. Parasitisme, merupakan interaksi antarorganisme yang berbeda spesies yang hanya menguntungkan satu pihak, sedangkan pihak yang lain dirugikan. Contoh interaksi parasitisme adalah interaksi antara tali putri dengan inangnya. Tali putri merupakan tumbuhan yang bersifat parasit bagi inangnya. Tali putri dapat hidup dengan mengambil makanan dari dari inangnya.
  2. Alelopati, merupakan interaksi antapopulasi yang terjadi ketika satu populasi mengeluarkan zat yang dapat menghambat pertumbuhan populasi lain. Contoh interaksi alelopati yaitu tumbuhan walnut menghasilkan zat yang bersifat racun sehingga tumbuhan lain di sekitarnya tidak dapat hidup.
  3. Predasi, merupakan interaksi antarorganisme yang terjadi ketika satu organisme memangsa organisme lain. Contoh predasi yaitu harimau memangsa kambing.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved