Roboguru

Hormon reproduksi mulai dihasilkan pada masa ....

Pertanyaan

Hormon reproduksi mulai dihasilkan pada masa .... 

  1. Kanak-kanak 

  2. Pubertas 

  3. Dewasa 

  4. Menopause 

Pembahasan Soal:

Pubertas atau akil balig adalah proses perubahan fisik saat tubuh anak berubah menjadi tubuh dewasa yang mampu melakukan reproduksi seksual. Pubertas normal terjadi saat awal masa remaja, ketika anak sudah berusia 10 tahun ke atas. Pubertas ini dipicu oleh hormon gonadotropin (GnRH), yaitu hormon yang merangsang produksi hormon esterogen pada anak perempuan dan hormon testoteron pada anak laki-laki. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.  

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Ahmad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 03 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Menurut World Health Organization (WHO), pubertas pada manusia terjadi pada rentang usia ...

Pembahasan Soal:

Masa pubertas adalah masa perubahan dari anak-anak menjadi dewasa. Pada masa pubertas, tubuh akan mengalami beberapa perubahan, seperti perubahan fisik dan tingkah laku. Perubahan-perubahan tersebut dipengaruhi oleh hormon dalam tubuh. Hormon merupakan zat yang dihasilkan oleh tubuh untuk mengendalikan proses-proses tertentu di dalam tubuh. Pubertas dialami pada masa remaja. Menurut World Health Organization (WHO), masa pubertas terjadi pada rentang usia 10 sampai 19 tahun. 

0

Roboguru

Masa remaja kira-kira dimulai pada usia ....

Pembahasan Soal:

Remaja adalah waktu manusia berumur belasan tahun. Pada masa remaja manusia tidak dapat disebut sudah dewasa tetapi tidak dapat pula disebut anak-anak. Masa remaja adalah masa peralihan manusia dari anak-anak menuju dewasa. Remaja dapat didefinisikan secara biologis sebagai perubahan fisik yang ditandai oleh permulaan pubertas dan penghentian pertumbuhan fisik, secara kognitif, sebagai perubahan dalam kemampuan berpikir secara abstrak atau secara sosial, sebagai periode persiapan untuk menjadi orang dewasa. 

0

Roboguru

Keadaan pada masa lanjut usia antara lain ....

Pembahasan Soal:

Masa lanjut usia (lansia) adalah masa perkembangan terakhir dalam hidup manusia. Dikatakan sebagai perkembangan terakhir oleh karena ada sebagian anggapan bahwa perkembangan manusia berakhir setelah manusia menjadi dewasa. Memasuki lanjut usia berarti mengalami kemunduran, misalnya kemunduran fisik yang di tandai dengan kulit yang mengendur, rambut memutih, gigi mulai ompong, pendengaran kurang jelas, penglihatan semakin memburuk, kemampuan mengingat menurun, gerakan lambat, dan figur tubuh yang tidak proposional. 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah A.  

0

Roboguru

Masa pubertas dialami manusia pada sekitar usia?

Pembahasan Soal:

Masa pubertas (masa remaja) merupakan peralihan masa anak-anak ke dewasa. Pada masa pubertas, seorang anak mengalami perubahan fisik, psikis, dan pematangan fungsi seksual. Pubertas pada anak perempuan umumnya terjadi lebih dahulu daripada anak laki-laki. Pubertas anak perempuan pada umumnya terjadi antara usia 10-16 tahun. Sedangkan pada anak laki-laki umumnya terjadi saat usia 12-16 tahun.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Mengapa masa pubertas disebut sebagai peristiwa alami?

Pembahasan Soal:

Karena semua orang tentu akan melewati pubertas pada masanya. Hal ini dikatakan wajar, karena setiap bertambahnya usia manusia, maka akan terhadi perubahan secara fisik pada tubuh. Pubertas adalah proses kematangan dan pertumbuhan yang terjadi ketika organ-organ reproduksi mulai berfungsi dan karakteristik seks sekunder mulai muncul. Perubahan fisik yang paling terlihat ialah terjadinya kematangan pada organ-organ seksual untuk mencapai kepada kemampuan reproduksi. Sedangkan perubahan secara priskologis selama pubertas lebih banyak berkaitan dengan perubahan emosi. 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved