Roboguru

Hasil proyeksi peta menunjukkan garis meridian lengkung, garis paralel berupa lurus dan semakin jauh semakin melebar, serta perpotongan antara garis meredian dan garis paralel membentuk bidang trapesium. Jenis proyeksi tersebut termasuk proyeksi...

Pertanyaan

Hasil proyeksi peta menunjukkan garis meridian lengkung, garis paralel berupa lurus dan semakin jauh semakin melebar, serta perpotongan antara garis meredian dan garis paralel membentuk bidang trapesium. Jenis proyeksi tersebut termasuk proyeksi...space

  1. silinderspace

  2. azhimuthalspace

  3. mercartospace

  4. kerucutspace

  5. ortomorfikspace

Pembahasan Soal:

Proyeksi peta dibedakan menjadi 2 berdasarkan bidang proyeksi dan berdasarkan posisi sumbu simetris bidang proyeksi. Berdasarkan bidang proyeksinya dibedakan menjadi 3 yaitu bidang datar/ zenithat/ azimuthal, kerucut/ conical, dan silinder/ cylindrical. Proyeksi silinder adalah proyeksi yang menggunakan bidang silinder sebagai bidang proyeksinya. Bidang silinder adalah bidang lengkung yang dapat didatarkan tanpa ada perubahan. Hasil proyeksi peta menunjukkan garis meridian lengkung, garis paralel berupa lurus dan semakin jauh semakin melebar, serta perpotongan antara garis meredian dan garis paralel membentuk bidang trapesium.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.space

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Seftiani

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 17 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jenis proyeksi yang tepat untuk menggambarkan wilayah di sekitar ekuator adalah proyeksi ....

Pembahasan Soal:

Ada berbagai bidang proyeksi yang digunakan untuk menggambarkan permukaan bumi yang melengkung kepada bidang datar peta. Ketiga jenis bidang proyeksi ini adalah:

  • Proyeksi zenital (azimuth)

Bidang proyeksi ini memproyeksikan bumi di wilayah kutub, ekuator, dan daerah yang terletak antara ekuator dan kutub pada bidang datar. Proyeksi ini paling baik digunakan untuk menggambar daerah kutub.

  • Proyeksi silinder

Proyeksi ini memproyeksikan bumi pada bidang silinder dan paling baik untuk menggambarkan daerah ekuator dan sekitarnya.

  • Proyeksi kerucut

Proyeksi ini paling baik untuk menggambarkan daerah sekitar lintang tengah.

1

Roboguru

Tuliskan jenis-jenis proyeksi peta.

Pembahasan Soal:

Berdasarkan bidang proyeksinya, proyeksi peta dibedakan menjadi 4 jenis, yaitu proyeksi zenital, silinder, kerucut, dan unik.

  1. Proyeksi zenital
    Proyeksi yang menggunakan bidang datar sebagai proyeksinya. Proyeksi ini paling sesuai digunakan untuk memetakan wilayah kutub. Proyeksi zenital dibagi menjadi 3 yakni conform, artinya bahwa segala macam bentuk yang ada di peta harus sesuai dengan bentuk yang ​​​​sebenarnya di permukaan bumi. Proyeksi zenital equivalent, artinya luas wilayah yang ada di peta harus sesuai dengan luas yang sebenarnya di permukaan bumi. Proyeksi zenital equidistant, artinya jarak antartempat yang ada di peta harus sesuai dengan jarak antartempat yang sebenarnya di permukaan bumi. Berdasarkan kedudukan garis dibedakan menjadi 3 yakni zenital normal, enital miring, dan zenital transversal.
  2. Proyeksi silinder
    Proyeksi yang menggunakan bidang silindris sebagai silinder proyeksinya. Proyeksi ini paling sesuai digunakan untuk memetakan wilayah bagian ekuator, seperti Indonesia. Proyeksi ini berdasarkan kedudukan garis dibagi menjadi silinder normal, silinder miring, dan silinder transversal.
  3. Proyeksi kerucut
    Proyeksi yang menggunakan bidang kerucut sebagai proyeksinya. Proyeksi ini paling sesuai untuk memetakan wilayah bumi lintang subtropis, seperti Amerika, Jepang, dan Eropa. Proyeksi kerucut normal memiliki garis singgung dengan bumi ada pasa suatu paralel standar. Proyeksi kerucut transversal memiliki sumbu kerucutnya tegak lurus terhadap sumbu bumi. Proyeksi kerucut miring memiliki sumbu kerucut membentuk garis miring terhadap sumbu bumi.
  4. Proyeksi unik
    Memproyeksikan permukaan bumi yang lengkung pada bidang datar. Cara ini dikembangkan oleh para ahli kartografi.   

0

Roboguru

Terdapat 3 jenis proyeksi yaitu azimuthal, kerucut (conical), dan silinder (cylindrical). Proyeksi mana yang cocok digunakan untuk menggambarkan daerah ekuator ? Jelaskan proyeksi pilihan Anda tersebu...

Pembahasan Soal:

Terdapat 3 jenis proyeksi yaitu azimuthal, kerucut (conical), dan silinder (cylindrical). Proyeksi yang cocok digunakan untuk menggambarkan daerah ekuator adalah proyeksi silinder. Proyeksi Silinder adalah suatu proyeksi permukaan bola bumi yang bidang proyeksinya berbentuk silinder dan menyinggung bola bumi. Apabila pada proyeksi ini bidang silinder menyinggung khatulistiwa, maka semua garis paralel merupakan garis horizontal dan semua garis meridian merupakan garis lurus vertikal.

0

Roboguru

Penggunaan proyeksi silinder pada negara ltalia akan mengalami...

Pembahasan Soal:

Proyeksi silinder menggunakan bidang lengkung berbentuk tabung dan cocok untuk menggambarkan wilayah khatulistiwa atau lintang rendah. ltalia merupakan negara berada di lintang sedang sehingga lebih cocok diproyeksikan menggunakan proyeksi kerucut. Apabila digunakan proyeksi silinder akan mengalami distorsi atau kesalahan.

Berdasarkan pembahasan di atas, jawaban yang tepat untuk soal ini adalah A.

0

Roboguru

Proyeksi yang paling baik digunakan untuk menggambarkan wilayah khatulistiwa atau lintang rendah adalah ....

Pembahasan Soal:

Perhatikan gambar di bawah ini!

 

Proyeksi cylindrical atau proyeksi silinder adalah proyeksi yang menggunakan bidang silinder sebagai bidang proyeksinya. Jika diperhatikan gambar di atas, seakan-akan bola bumi kita selubungi dengan silinder. Oleh karenanya, proyeksi silinder sangat cocok digunakan untuk menggambarkan wilayah khatulistiwa atau lintang rendah. Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved