Roboguru

Hasil produksi barang dan jasa bermutu rendah berhubungan dengan masalah ketenagakerjaan, yaitu ....

Pertanyaan

Hasil produksi barang dan jasa bermutu rendah berhubungan dengan masalah ketenagakerjaan, yaitu .... space space  

Pembahasan Soal:

Mutu produksi yang buruk menjadi masalah yang berkaitan dengan beberapa hal. Di Indonesia hal tersebut berkaitan dengan rendahnya kualitas tenaga kerja. Pendidikan/pelatihan yang baik akan menghasilkan tenaga kerja yang baik, sehingga mampu menciptakan hasil produksi yang baik dan begitu juga sebaliknya. Sehingga perlu adanya peningkatan/perbaikan terhadap tenaga kerja yang masih berkualitas rendah. space space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

S. Sumiati

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 11 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebutkan masalah-masalah ketenagakerjaan di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Masalah-masalah ketenagakerjaan di Indonesia antara lain:

  1. Rendahnya kualitas tenaga kerja
    Kualitas tenaga kerja dapat ditentukan berdasarkan tingkat pendidikannya. Sebagian besar tenaga kerja Indonesia tingkat pendidikannya masih rendah, sehingga penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga rendah, akibatnya produktivitas tenaga kerja juga rendah yang berpengaruh terhadap kualitas produksi barang dan jasa.

  2. Jumlah angkatan kerja yang tidak seimbang dengan kesempatan kerja
    Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal diharapkan, dengan semakinbanyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong pembangunan ekonomi.

  3. Persebaran tenaga kerja yang tidak merata
    Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Ini menyebabkan di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran, sementara di daerah lain masih banyak sumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.

  4. Pengangguran
    Terjadinya krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja terus meningkat. Dengan demikian, pengangguran akan semakin banyak.

0

Roboguru

Pada bulan Oktober 2013, banyak Tenaga Kerja Indonesia (TKI) yang dideportasi oleh beberapa negara karena tidak mempunyai dokumen yang resmi dan kurangnya keterampilan mereka. Tindakan pemerintah yang...

Pembahasan Soal:

Masalah di atas bermula dari kurangnya keahlian dan keterampilan yang dimiliki oleh TKI selain legalitas para TKI ini. Salah satu cara untuk mengatasi hal ini adalah pemerintah perlu memberikan pelatihan kepada TKI tanpa memungut biaya. Selain itu, pemerintah juga perlu melakukan pelatihan kepada masyarakat di daerah-daerah dan membuka lapangan pekerjaan padat karya di daerah-daerah. Dengan adanya lapangan pekerjaan di daerah-daerah ini maka minat masyarakat yang akan bekerja ke luar negeri akan berkurang.

Dengan demikian, tindakan pemerintah yang paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan pelatihan dan membuka lapangan kerja padat karya di daerah- daerah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space

0

Roboguru

Kondisi kekurangan tenaga ahli suatu negara sehingga tidak mampu memproduksi barang berkualitas tinggi dan murah merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan internasional yang disebabkan ......

Pembahasan Soal:

Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor produksi yang sangat penting. Kualitas sumber daya manusia ini dapat ditingkatkan dengan cara meningkatkan mutu pendidikan dan juga memberi pelatihan sehingga mereka memiliki kualitas yang tinggi dan dapat menghasilkan produk berkualitas dengan harga rendah. Kondisi kekurangan tenaga ahli di suatu negara sehingga tidak mampu menghasilkan barang berkualitas tinggi dan murah merupakan salah satu pendorong terjadinya perdagangan internasional yang disebabkan kualitas sumber daya manusia.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan Bundefined 

0

Roboguru

Masalah pokok ketenagakerjaan yang dihadapi oleh pemerintah Indonesia adalah?

Pembahasan Soal:

Ketenagakerjaan dapat diartikan sebagai semua hal yang berhubungan dengan tenaga kerja. Berikut ini adalah permasalahan pokok ketenagakerjaan di Indonesia : 

  • Rendahnya kualitas tenaga kerja, kualitas tenaga kerja Indonesia masih rendah menyebabkan kurangnya produktivitas dari berbagai sektor. Rendahnya kualitas tenaga kerja indonesia membuat setiap perusahaan membuka peluang kerja bagi tenaga kerja asing.
  • Kurangnya lapangan pekerjaan, ketidakseimbangan jumlah angkatan kerja dan jumlah lapangan kerja menimbulkan permasalahan tenaga kerja berupa pengangguran 
  • Persebaran tenaga kerja yang tidak merata, tidak meratanya jumlah tenaga kerja di setiap daerah juga menjadi salah satu permasalahan tenaga kerja di Indonesia. Terdapat daerah yang kelebihan tenaga kerja dan terdapat daerah yang kekurangan tenaga kerja. space space  

0

Roboguru

Tenaga kerja asing, saat ini lebih dominan daripada tenaga kerja Indonesia. Masalah ketenagakerjaan yang dihadapi Indonesia berdasarkan pernyataan tersebut adalah ....

Pembahasan Soal:

Permasalahan ketenagakerjaan di Indonesia di antaranya sebagai berikut.

  1. Rendahnya kualitas tenaga kerja.
  2. Jumlah angkatan kerja yang tidak sebanding dengan kesempatan kerja.
  3. Persebaran kerja yang tidak merata.
  4. Pengangguran.

 Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E.undefined  

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved