Roboguru

Harga keempat bilangan kuantum elektron terakhir dari  adalah....

Pertanyaan

Harga keempat bilangan kuantum elektron terakhir dari begin mathsize 14px style S presubscript 16 end style adalah....

  1. n=2, l=0, m=0, s= -1/2

  2. n=3, l=1, m= -1, s= -1/2

  3. n=3, l=1, m=0, s= -1/2

  4. n=3, l=1, m=0, s= +1/2

  5. n=3, l=1, m= +1, s= +1/2

Pembahasan Soal:

Bilangan kuantum menunjukkan letak elektron pada kulit dan subkulit atom, orientasi orbital dalam ruang, dan juga arah rotasi elektron. Bilangan kuantum terdiri dari :

  • Bilangan kuantum utama (n) menunjukkan ukuran orbital dan tingkat energi elektron, yang disebut kulit atom. Bilangan kuantum ini memiliki nilai 1,2,3,4,… dan seterusnya. 
  • Bilangan kuantum azimut (l) menunjukkan bentuk orbital dan sub tingkatan energi elektron (ditandai dengan s,p,d,f). Bilangan kuantum ini memiliki nilai dengan ketentuan s = 0, p = 1, d = 2, f = 3.
  • Bilangan kuantum magnetik (m) menunjukkan posisi orbital terhadap orbital lain di dalam subkulit atom. Harga magnetik ditentukan dari bilangan azimuth yaitu – l s/d + l.
  • Bilangan kuantum spin (s) menunjukkan arah putaran elektron pada sumbunya (rotasi). Hanya terdapat dua kemungkinan arah rotasi elektron, yakni searah atau berlawanan dengan arah jarum jam. Satu orbital hanya bisa ditempati oleh maksimum dua elektron, di mana kedua elektron tersebut harus memiliki spin yang berlawanan. Sehingga nilainya antara +½ atau -½ .

Berdasarkan penjelasan di atas, maka bilangan kuantum begin mathsize 14px style S presubscript 16 end style dapat ditentukan dari konfigurasi elektronnya :

begin mathsize 14px style S presubscript 16 space colon space 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 4 end style

                    

n=3, l=1,m= -1 dan s= -½.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 April 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved