Roboguru

Hampir semua logam memiliki massa jenis (kerapatan) yang lebih besar dari air. Tentu berpikir bahwa semua logam akan tenggelam dalam air. Namun, mengapa kapal laut yang terbuat dari logam tidak tenggelam? Dan apakah yang terjadi jika kapal diletakkan secara miring? Kaitkan dengan hukum archimedes!

Pertanyaan

Hampir semua logam memiliki massa jenis (kerapatan) yang lebih besar dari air. Tentu berpikir bahwa semua logam akan tenggelam dalam air. Namun, mengapa kapal laut yang terbuat dari logam tidak tenggelam? Dan apakah yang terjadi jika kapal diletakkan secara miring?

Kaitkan dengan hukum archimedes! 

  1. ....undefined 

  2. ....undefined 

Pembahasan Soal:

Kapal laut yang terbuat dari logam tidak tenggelam karena memiliki ruang-ruang yang banyak mengandung udara. Massa jenis udara hanyalah 1,2 kg/begin mathsize 14px style straight m cubed end style, sangat-sangat kecil dibandingkan dengan massa jenis besi dan air. Akibatnya, massa jenis kapal tak lagi murni massa jenis besi, melainkan berupa massa jenis rata-rata antara besi dan udara, dan karena persentase udara di dalamnya lebih banyak, maka massa jenis kapal menjadi cukup kecil untuk mengapung di air.

Apabila kapal diletakkan miring, maka air akan segera masuk dan menggantikan posisi yang tadinya ditempati udara. Akibatnya, massa jenis kapal perlahan-lahan meningkat. Alhasil, pada akhirnya kapal akan tenggelam karena peran massa jenis udara telah hilang. Yang tinggal hanyalah dominansi massa jenis besi yang jauh lebih besar daripada massa jenis air, dan kapal itu pun karam.undefined 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 19 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved