Roboguru

Hal yang dapat dilakukan untuk menjadikan besi sebagai magnet adalah ....

Pertanyaan

Hal yang dapat dilakukan untuk menjadikan besi sebagai magnet adalah ....undefined 

  1. (...)undefined 

  2. (...)undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Hal yang dapat dilakukan untuk menjadikan besi sebagai magnet yaitu ada 3 cara:

  1. Cara pertama dengan menggosokkan magnet. Magnet digosokkan secara berulang-ulang pada besi dengan teratur, maka besi tersebut akan bersifat magnetik.
  2. Cara kedua dengan elektromagnet. Proses ini sangat mengandalkan arus listrik, dimana besi dililit dengan kawat yang sudah dihubungkan dengan baterai sehingga kawat menjadi berarus. Susunan magnet elementer pada besi sudah teratur dan didapat dari arus DC baterai. Arah kutub magnetnya bisa ditentukan dengan kaidah tangan kanan.
  3. Cara ketiga dengan induksi, yaitu mendekatkan besi dengan bahan magnet yang cukup kuat, sehingga besi tersebut akan menjadi magnet. Ketika besi dijauhkan dari bahan magnet, besi akan sangat mudah kehilangan sifat magnetnya.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Perhatikan gambar berikut! Jika sebuah paku dililiti oleh kawat yang dialiri arus listrik, maka peristiwa yang akan terjadi pada paku adalah ….

Pembahasan Soal:

Saat paku dialiri arus listrik DC maka paku akan mempunyai sifat kemagnetan, dan paku dapat menjadi magnet.

Roboguru

Sebutkan tiga cara membuat-Magnet!

Pembahasan Soal:

undefined 

undefined 

Roboguru

Di bawah ini yang menunjukkan peristiwa terjadinya induksi magnet adalah ...

Pembahasan Soal:

Induksi magnet merupakan salah satu cara membuat magnet. Cara induksi dengan meletakkan besi pada daerah medan magnet dari sebuah magnet. Garis - garis gaya pada magnet akan mengubah arah magnet-magnet elementer pada besi. Akibatnya, besi memiliki sifat magnet. Namun sifat kemagnetan besi akan hilang jika dikeluarkan dari medan magnet.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Magnet AB disentuhkan ke batang besi PQ sehingga terbentuk kutub magnet seperti gambar berikut. Cara pembuatan magnet P-Q yang benar ditunjukkan pada gambar...

Pembahasan Soal:

Pembuatan magnet dengan cara menggosok dilakukan dengan cara menggosokan magnet pada benda yang hendak dijadikan magnet, di mana penggosokan dilakukan pada satu arah. Kutub-kutub yang terbentuk pada benda yang dijadikan magnet bergantung pada kutub magnet yang digunakan untuk menggosok. Jika kutub magnet yang digunakan untuk menggosok adalah kutub utara maka ujung terakhir benda yang digosok menjadi kutub selatan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.undefined 

Roboguru

Jelaskan secara lengkap 3 cara membuat magnet.

Pembahasan Soal:

Terdapat 3 cara untuk membuat magnet, yaitu

1. Menggosokkan magnet tetap

Cara ini merupakan cara yang sangat sederhana, yaitu dengan menggosokkan besi atau baja dengan salah satu ujung magnet tetap. Arah gosokan harus dibuat searah agar magnet elementar yang ada pada sebuah besi atau baja menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Penggosokkan harus dilakukan secara berulang dan searah. Setelah beberapa waktu besi atau baja tersebut akan memiliki sifat kemagnetan dan menjadi magnet. Dua ujung besi atau baja yang digosok akan membentuk kutub-kutub magnet, sehingga bisa digunakan menarik benda magnetik lainnya.

2. Induksi

Cara membuat magnet dengan induksi yaitu dengan meletakkan besi dan baja di dekat magnet tetap. Cara ini akan membuat magnet elementer yang ada pada besi atau baja menjadi terpengaruh dan terinduksi gaya magnet, sehingga menyebabkan letaknya teratur dan mengarah ke satu arah. Jika dilakukan dengan benar, besi atau baja tersebut akan menjadi magnet sehingga dapat menarik benda magnetik lain. Ujung besi atau baja yang berdekatan dengan kutub magnet akan terbentuk kutub yanng berlawanan dengan kutub magnet penginduksi.

3. Mengalirkan arus listrik (elektromagnetik)

Cara membuat magnet dengan elektromagnetik yaitu dengan melilitkan kawat pada besi atau baja yang dihubungkan dengan baterai. Hal ini membuat magnet elementer pada besi atau baja akan terpengaruh oleh aliran arus searah yang dihasilkan oleh baterai, sehingga menjadi teratur dan mengarah ke satu arah. Besi atau baja akan menjadi magnet dan dapat menarik serbuk besi yang berada di dekatnya. Magnet yang dibuat dengan cara arus listrik disebut magnet listrik atau elektromagnet.undefined 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved