Roboguru

Grafik hubungan energi ionisasi (EI) dan nomor atom (NA) berikut yang benar untuk unsur periode ketiga adalah ....

Pertanyaan

Grafik hubungan energi ionisasi (EI) dan nomor atom (NA) berikut yang benar untuk unsur periode ketiga adalah ....space 

Pembahasan Soal:

Dalam satu periode dari kiri ke kanan, energi ionisasi unsur-unsur periode 3 cenderung bertambah disebabkan bertambahnya muatan inti sehingga daya tarik inti terhadap elektron terluar semakin besar. Namun, energi ionisasi magnesium lebih besar daripada aluminium dan energi ionisasi fosforus lebih besar daripada belerang. Penyimpangan ini terjadi karena unsur golongan II A (magnesium) dan golongan VA (fosforus) mempunyai konfigurasi elektron yang relatif stabil, yaitu konfigurasi setengah penuh. Sementara itu, aluminium dan belerang mempunyai satu elektron yang terikat agak lemah.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

Q. 'Ainillana

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Yogyakarta

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Hubungan antara energi ionisasi unsur-unsur periode ketiga dengan nomor atomnya dapat ditunjukkan oleh grafik ....

Pembahasan Soal:

Energi Ionisasi adalah energi yang dibutuhkan oleh suatu unsur untuk membentuk suatu ion (melepaskan elektron). Pada unsur periode ketiga kecenderungan energi ionisasi unsur mengalami kenaikan dari Na ke Ar.

Namun, energi ionisasi dari Magnesium ke Aluminium mengalami penurunan kemudian naik lagi sampai unsur Fosfor. Energi ionisasi dari unsur Fosfor ke Sulfur mengalami penurunan kemudian naik lagi sampai Argon.

Sehingga grafik yang yang tepat untuk menggambarkan energi ionisasi unsur periode ketiga adalah 


 


Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Perhatikan notasi atom unsur-unsur berikut!   Pernyataan yang benar berkaitan dengan unsur-unsur tersebut adalah ...

Pembahasan Soal:

Diketahui unsur begin mathsize 14px style P presubscript 12 presuperscript blank comma italic Q presubscript 14 presuperscript blank comma space dan space italic R presubscript 17 presuperscript blank end style.

Konfigurasi elektron:

begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell P presubscript 12 end cell equals cell space 1 italic s squared 2 italic s squared 2 italic p to the power of 6 3 italic s squared end cell row cell italic Q presubscript 14 end cell equals cell space 1 italic s squared 2 italic s squared 2 italic p to the power of 6 3 italic s squared 3 italic p squared end cell row cell italic R presubscript 17 end cell equals cell space 1 italic s squared 2 italic s squared 2 italic p to the power of 6 3 italic s squared 3 italic p to the power of 5 end cell row blank blank blank end table end style  

Unsur-unsur yang terletak dalam satu periode dapat diartikan sebagai unsur-unsur yang memiliki jumlah kulit atom yang sama.

Dalam satu periode dari kiri ke kanan P, Q, R:

  • Unsur logamnya berkurang kereaktifannya
  • Unsur non-logamnya bertambah kereaktifannya
  • Sifat reduktor berkurang
  • Sifat oksidator bertambah
  • Sifat asam bertambah
  • Sifat basa berkurang
  • Jari-jari atom berkurang
  • Afinitas elektron, potensial ionisasi dan keelektronegatifan cenderung bertambah.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.

0

Roboguru

Berdasarkan data pada Tabel 5.1, jelaskan mengapa : a. jari-jari atom berkurang dari Na ke Cl. b. energi ionisasi Al lebih rendah daripada Mg. c. energi ionisasi S lebih rendah daripada P.

Pembahasan Soal:

Unsur-unsur periode ketiga dari Na ke Cl memiliki keteraturan sifat seperiode yang sama. Keteraturan sifat yang dimaksud diantaranya adalah jari-jari atom dan energi ionisasi.

  • Jari-jari atom adalah jarak dari inti atom ke orbital elektron terluar. Dalam satu periode dari kiri ke kanan, nomor atom semakin meningkat, jumlah proton semakin meningkat serta muatan efektif inti akan semakin meningkat pula sehingga jari-jari semakin kecil. 
  • Energi ionisasi adalah energi yang diperlukan untuk melepaskan elektron terluar oleh suatu ion/atom dalam wujud gas.

a. Jari-jari atom berkurang dari Na ke Cl.

Unsur Na hingga ke Cl memiliki muatan inti yang semakin bertambah dan semakin kuat menarik elektron terluar sehingga jarak kulit terluar ke inti semakin dekat atau jari-jari makin kecil.

b. Energi ionisasi Al lebih rendah daripada Mg.

Energi ionisasi yang rendah ataupun tinggi dipengaruhi oleh konfigurasi elektron penuh yang lebih stabil. Magnesium memiliki konfigurasi penuh pada kulit terluarnya dibandingkan aluminium.

Mg presubscript 12 space colon space open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared Al presubscript 13 space colon space open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared space 3 p to the power of 1 

Konfigurasi elektron penuh pada unsur magnesium lebih stabil sehingga sulit untuk melepaskan elektron sehingga diperlukan energi yang besar artinya energi ionisasi Mg lebih tinggi dibanding Al.

c. Energi ionisasi S lebih rendah daripada P.

Energi ionisasi yang rendah ataupun tinggi dipengaruhi oleh konfigurasi elektron penuh yang lebih stabil. Fosforus memiliki konfigurasi setengah penuh pada kulit terluarnya dibandingkan belerang.

P presubscript 15 space colon space open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared space 3 p cubed S presubscript 16 space colon space open square brackets Ne close square brackets space 3 s squared space 3 p to the power of 4 

Konfigurasi elektron setengah penuh pada unsur fosforus lebih stabil sehingga sulit untuk melepaskan elektron sehingga diperlukan energi yang besar artinya energi ionisasi P lebih tinggi dibanding S.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa:

  1. Jari-jari atom berkurang dari Na ke Cl karena jumlah proton dan muatan efektif inti semakin bertambah.
  2. Energi ionisasi Al lebih rendah daripada Mg karena elektron terluar Mg sudah stabil dan terisi penuh pada subkulit 3s sehingga sulit dilepaskan.
  3. Energi ionisasi S lebih rendah daripada P karena elektron terluar P sudah stabil dan terisi setengah penuh pada subkulit 3p sehingga sulit dilepaskan.

Jadi, jari-jari atom dari Na ke Cl berkurang, energi ionisasi Al lebih kecil daripada Mg, serta energi ionisasi S lebih rendah daripada P.

0

Roboguru

Grafik berikut adalah grafik hubungan nomor atom dengan energi ionisasi pertama. Bagian grafik yang menunjukkan perubahan energi ionisasi unsur-unsur periode ketiga adalah....

Pembahasan Soal:

Unsur periode 3 memiliki sifat kepriodikan energi ionisasi dari kiri ke kanan cenderung bertambah, namun ada beberapa penyimpangan pada Mg dengan Al dimana Mg memiliki energi ionsasi lebih tinggi. Kurva yang tepat menggambarka energi ionisasi periode 3 adalah dimulai dari R ke S karena periode 3 dimilai dari Na dengan nomor atom 11 sehingga tidak mungkin dimulai dari P ke Q.

Oleh karena itu, kurva energi ionisasi untuk periode 3 dari R ke S.

Jadi, jawaban yang benar C.space 

0

Roboguru

Pada kelompok unsur periode ke-3, anomali energi ionisasi pertama pada aluminium dan sulfur yang mengalami penurunan dari unsur sebelumnya disebabkan oleh ....

Pembahasan Soal:

Secara umum, semakin ke kanan dalam satu periode energi ionisasi pertama mengalami kenaikan karena elektronnya semakin susah untuk dilepas. Namun, pada periode 3 terdapat anomali pada unsur aluminium dan sulfur yang mempunyai energi ionisasi lebih rendah daripada unsur sebelumnya.

Unsur sebelum aluminium (Al) adalah magnesium (Mg). Mg mempunyai nomor atom 12, sedangkan Al nomor atomnya 13. Konfigurasi unsur Mg dan Al adalah sebagai berikut.
 

Mg presubscript 12 presuperscript blank equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared 

Al presubscript 13 presuperscript blank equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 1 
 

Berdasarkan konfigurasi elektron di atas, elektron valensi unsur Mg berada di subkulit 3s, sedangkan elektron valensi unsur Al berada pada subkulit 3p. Subkulit 3p mempunyai jarak yang jauh dari inti atom sehingga elektronnya lebih mudah dilepas dan oleh karenanya unsur Al mempunyai energi ionisasi kecil. Selain itu, unsur Mg lebih stabil karena semua orbital terisi penuh oleh elektron, sedangkan unsur Al mempunyai orbital p pada subkulit 3p yang tidak berisi elektron secara penuh sehingga kurang stabil dan oleh karenanya elektron lebih mudah dilepas.

Sementara itu, unsur sebelum sulfur (S) adalah fosfor (P). P mempunyai nomor atom 15, sedangkan S nomor atomnya 16. Konfigurasi unsur Mg dan Al adalah sebagai berikut.
 

P presubscript 15 presuperscript blank equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p cubed 

S presubscript 16 presuperscript blank equals 1 s squared space 2 s squared space 2 p to the power of 6 space 3 s squared space 3 p to the power of 4 
 

Berdasarkan konfigurasi elektron di atas, elektron terakhir unsur P maupun S berada di subkulit 3p. Unsur P mempunyai 3 elektron yang mengisi orbital p secara setengah penuh sehingga lebih stabil dibandingkan dengan unsur S dengan 4 elektron.  

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Al dan S konfigurasi elektronnya kurang stabil dari unsur sebelumnya sehingga elektron mudah dilepaskan dan energi ionisasinya menjadi lebih rendah dari unsur sebelumnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved