Roboguru

Globalisasi tidak serta merta muncul begitu saja ada faktor - faktor yang memengaruhi diantaranya ....

Pertanyaan

Globalisasi tidak serta merta muncul begitu saja ada faktor - faktor yang memengaruhi diantaranya ....

  1. keterbukaan ekonomi suatu negara dan perkembangan teknologi informasi

  2. perkembangan teknologi komunikasi dan peningkatan  pertumbuhan ekonomi

  3. agglomerasi industri dan penngkatan pertukaran budaya

  4. munculnya masalah bersama dan kerjasama internasional

  5. keterbukaan ekonomi dan muncul masalah bersama

Pembahasan Video:

Pembahasan Soal:

Faktor yang mempengaruhi globalisasi adalah faktor yang menyebabkan globalisasi lahir dalam sebuah negara. dalam soal, faktor globalisasi bergantung kepada keterbukaan ekonomi suatu negara dan perkembangan teknologi informasi. Karena tanpa adanya keterbukaan ekonomi, dan tanpa adanya perkembangan teknologi komunikasi, akan sulit sebuah negara untuk berkomunikasi dengan negara lainnya, dan akan sulit menyerap unsur-unsur dari berbagai kebudayaan dari berbagai negara.

Dengan melihat penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A. keterbukaan ekonomi suatu negara dan perkembangan teknologi informasispace 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

N. Puspita

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apakah perkembangan game online di internet dapat bermanfaat bagi pelajar ? Jelaskan alasanmu !

Pembahasan Soal:

Poin soal membahas tentang gejala akibat modernisasi. Poin pertanyannya adalah bermanfaat atau tidak perkembangan game online di internet bagi pelajar sebagai suatu gejala akibat modernisasi, beserta alasannya. Modernisasi merupakan proses perubahan dari yang belum maju ke arah yang lebih maju atau dari yang masih tradisional ke arah yang lebih modern. Terjadinya modernisasi akan menyebabkan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu yang berkembang dalam bidang teknologi adalah game online. Game online apabila digunakan secara tidak berlebihan terdapat manfaat positifnya juga. Antara lain :

  • Melatih aktifitas otak
  • Melatih rasa sportifitas. 
  • Melatih bekerja dalam tim.
  • Menghibur diri dengan aktifitas yang berbeda.

0

Roboguru

Jelaskan sejarah perkembangan teknologi komunikasi dan informasi di Indonesia !

Pembahasan Soal:

Sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi :

  1. Masa Prasejarah (... sampai 3000 SM)  : Di zaman prasejarah, manusia purba berkomunikasi melalui informasi di dinding-dinding gua. Mereka menceritakan pengalaman berburu dan binatang buruannya. Mereka melukis untuk mewakili berbagai hal yang hendak dikatakan. Pembicaraan di antara manusia masih sebatas dengusan, bahasa isyarat, dan gerakan tangan.
  2. Masa Sejarah (3000 SM sampai dengan 1400 M) : Di masa sejarah, teknologi komunikasi berevolusi menjadi lebih baik. Proses menggambar di dinding gua masih berlangsung. Namun, berkembang lagi caranya dengan menggunakan simbol seperti pada masa kehidupan Bangsa Sumeria yang memakai huruf piktograf di era 3000 SM. Lalu, periode 2900 SM muncul huruf hieroglif oleh bangsa Mesir kuno. Di tahun 1570-1045 SM, sistem menulis ikut berkembang pada masa dinasti Shang di Cina. Masuk ke masa tahun 500 SM, bangsa Mesir kuno memakai pohon papyrus sebagai kertas. Serat papyrus ditulisi beragam informasi.Selanjutnya, Tsai Lun dari bangsa Cina menemukan kertas dari serat bambu dan memungkinkan sistem pencetakan memakai blok kayu yang ditoreh dan dilumuri tinta.
  3. Masa Modern (1400 M - sekarang) : Pada masa modern teknologi komunikasi telah memungkinkan informasi bisa menyebar sangat luas. Di masa ini ditemukan koran, telegraf, telepon, mesin ketik, radio, televisi, hingga internet yang memudahkan orang berkomunikasi sekaligus menyampaikan informasi lebih cepat.


 

0

Roboguru

Perhatikan ilustrasi dibawah ini ! Kemajuan IPTEK yang telah kita capai sekarang benar-benar telah diakui dan dirasakan memberikan banyak kemudahan dan kenyamanan bagi kehidupan umat manusia. hal ter...

Pembahasan Soal:

Menyalakan fitur filter usia sebagai bentuk pencegahan dan kontrol orang tua yang ditingkatkan merupakan bentuk langkah awal yang tepat karena masih mudah dilakukan, khususnya kepada orang tua maupun kakak. hal ini mudah dilakukan karena fitur seperti ini mulai banyak disediakan. selain itu apabila mengganti fokus perhatian anak merupakan upaya lanjutan yang dapat dilakukan keluarga untuk menghindari ketergantungan anak dalam menonton tayangan di situs internet, selain itu bahaya yang akan terjadi apabila tidak dilakukan pencegahan, karena anak belum bisa memahami dengan baik dan benar tayangan yang ia lihat sehingga ia bisa saja meniru perilaku pada tayangan situs tersebut, dan dampaknya bisa saja anak melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan nilai norma yang berlaku di lingkungan tersebut.

0

Roboguru

Perhatikan kutipan artikel berikut! Media digital memiliki peran krusial dalam pertumbuhan dan kemajuan pariwisata di Indonesia. Media dapat berkontribusi dengan menyampaikan informasi secara detail ...

Pembahasan Soal:

Kata kunci pada kutipan artikel tersebut yaitu, “menyampaikan informasi secara mendalam tentang objek-objek wisata yang dibutuhkan oleh turis domestik maupun mancanegara” dan “jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia mengalami pertumbuhan 24 persen”. Kedua kalimat tersebut menujukkan terjadinya proses globalisasi di bidang informasi dan pariwisata.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B. undefined 

0

Roboguru

Pernyataan berikut yang sesuai dengan gambar di depan adalah ....

Pembahasan Soal:

Gambar tersebut menampilkan seorang peserta didik yang sedang melakukan komunikasi jarak jauh melalui video call. Melalui perkembangan teknologi komunikasi, maka masyarakat dapat merasakan komunikasi yang semakin efektif dan efisien. Dalam hal ini, kemajuan teknologi komunikasi telah memperlancar hubungan sosial jarak jauh.

Berdasarkan uraian diatas, jawaban yang tepat adalah  D.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved