Roboguru

Gerakan Permesta sulit ditumpas dibanding pemberontakan lainnya sebab ....

Pertanyaan

Gerakan Permesta sulit ditumpas dibanding pemberontakan lainnya sebab ....

Pembahasan Soal:

Gerakan Permesta memperoleh bantuan dari sejumlah negara asing, seperti Taiwan, Jepang, Filipina, dan terutama Amerika Serikat, yang sama-sama anti-komunis. Untuk menumpas pemberontakan Permesta di Indonesia bagian timur di lancarkan sebuah operasi gabungan dengan nama Operasi Merdeka di bawah Operasi-operasi militer APRI di Indonesia bagian Timur menghadapi perlawanan yang lebih berat dibandingkan dengan operasi di Sumatra.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 02 Maret 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Penumpasan pemberontakan Permesta di­selesaikan melalui operasi militer dan per­undingan damai. Uraikan jalannya penumpasan pemberontakan Permesta tersebut!

Pembahasan Soal:

Untuk menumpas aksi Permesta, pemerintah melancarkan operasi gabungan. Operasi tersebut terdiri atas Operasi Merdeka yang dipimpin oleh Letkol Rukminto Hendraningrat dan Operasi Saptamarga I yang dipimpin Letkol Soemarsono dengan Sulawesi Utara bagian tengah sebagai sasaran operasi. Kedua operasi gabungan tersebut berada di bawah komando KSAD Mayor Jenderal A.H. Nasution.

Dengan demikian, operasi militer untuk menumpas pemberontakan Permesta adalah dilakukan dengan Operasi Merdeka dan Operasi Saptamarga I.undefined

0

Roboguru

Tidak bisa dipungkiri bahwa Amerika Serikat ikut terlibat dalam pemberontakan yang terjadi di dalam negeri. Salah satunya adalah terkuaknya keterlibatan Amerika dalam pemberontakan PRRI di Sumatera da...

Pembahasan Soal:

Amerika Serikat dengan CIA-nya ikut terlibat dalam pemberontakan dalm negeri karena memiliki tujuan ideologis, yaitu mencegah Indonesia jatuh ke blok komunis. Bagi AS, dalam menghadapi sengitnya perang dingin dengan Uni Soviet, peran dan posisi Indonesia sangat strategis. Jika Indonesia jatuh ke rezim komunis bisa dipastikan negara-negara tetangga Indonesia juga akan jatuh ke blok komunis. Inilah yang disebut dengan efek domino, satu tertimpa, yang lain juga akan menyusul. Amerika jelas ingin memenangkan persaingan pengaruh dengan Uni Soviet, salah satunya dengan membantu para pemberontak melawan pemerintah. Jika pemberontak berhasil menggulingkan pemerintah tentu Amerika dengan mudahnya bisa mengendalikan pemerintahan Indonesia yang diperintah para pemberontak hasil dukungan Amerika tidak dekat dan bersekutu dengan Uni Soviet, rival kuatnya Amerika Serikat.undefined 

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

2

Roboguru

Alasan banyaknya pemimpin militer PRRI dan Permesta yang menyerahkan diri dan mengakhiri gerakan PRRI dan Permesta tahun 1961 adalah ….

Pembahasan Soal:

Pada tahun 1961, demi menyelesaikan secara tuntas pemberontakan PRRI dan Permesta yang ada di daerah, pemerintah pusat mengeluarkan Keppres 322/1961 yang berisi pemberian amnesti dan abolisi bagi siapa saja yang terlibat PRRI dan Permesta. Keppres tersebut berlaku juga bagi anggota DI/TII baik di Jawa Barat, Aceh, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan dan Sulawesi Selatan. Akibat dari Keppres tersebut adalah banyak anggota PRRI dan Permesta menyerahkan diri untuk mendapatkan amnesti dan abolisi.

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.undefined 

0

Roboguru

Menurut beberapa pendapat ahli sejarah, pemberontakan yang dilakukan oleh PRRI dan Permesta merupakan pemberontakan yang dilakukan dengan setengah hati. Hal ini dikarenakan ....

Pembahasan Soal:

Pemberontakan yang dilakukan oleh PRRI dan Permesta merupakan pemberontakan atas dasar kekecewaan terhadap pemerintah pusat atas kondisi yang dialami oleh pemerintah daerah. Pembangunan yang melaju pesat di pusat negara Indonesia ternyata tidak dibarengi dengan pembangunan yang ada di daerah. Ketimpangan ini berakibat pada munculnya gerakan PRRI di Sumatera dan Permesta di Sulawesi. Saat pemberontakan ini berlangsung, para pemberontak sebenarnya berat hati untuk melawan pasukan Republik Indonesia, sehingga pada akhirnya pemberontakan ini berhasil dipadamkan dengan mudah.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.space 

0

Roboguru

Apa upaya pemerintah dalam mengatasi pemberontakan dan pergorakan daerah?

Pembahasan Soal:

Memasuki tahun 1950-an, lndonesia sebagai bangsa yang baru merdeka mulai berdaulat dan belajar berpemerintahan sendiri. Bersamaan dengan itu, keadaan pasca perang belum menunjukkan tanda-tanda pemulihan. Infrastruktur, jalan dan jembatan, fasilitas publik yang hancur berantakan di masa perang nyaris belum tersentuh pembangunan kembali. Jatuh bangun pemerintahan mengakibatkan perhatian terhadap daerah terabaikan. Sementara itu, cita-cita kemerdekaan yang masih hangat dalam memori kolektif para pemimpin dan rakyat di daerah justru melahirkan kekecewaaan karena tidak sesuai dengan yang dibayangkan sebelumnya. Kekecewaan ini mendorong terjadinya pemeberontakan dan pergorakan daerah. Terdapat delapan pemberontakan yang pernah terjadi di Indonesia, yaknipemberontakan PKI di Madiun. pemberontakaan DI/TII, pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), pemberontakan PRRI (Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia) di Sumatera Barat dan PERMESTA (Perjuangan Rakyat Semesta) di Sulawesi Utara, pemberontakan APRA (Angkatan Perang Ratu Adil) di Jawa Barat, pemberontakan Republik Maluku Selatan (RMS), pemberontakan Organisasi Papua Merdeka (OPM), dan pemberontakan Gerakan Aceh Merdeka.

Dalam menghadapi berbagai pemberontakan ini, pemerintah Indonesia melakukan dua cara. Cara yang pertama adalah dengan melalui musyawarah dan negosiasi untuk membujuk agar tidak melakukan pemberontakan dan cara kedua adalah menurunkan pasukan bersenjata hal ini disebabkan pemberontakan yang terjadi adalah pemberontakan bersenjata.

Dengan demikian, upaya pemerintah dalam mengatasi pemeberontakan dan pergorakan daerah adalah dengan musyawarah dan negosiasi serta pengerahaan pasukan bersenjata untuk menumpas pemberontakan.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved