Roboguru

Gen buta warna terpaut kromosom X dan resesif. Apabila dalam suatu keluarga memiliki 2 anak laki-laki buta warna dan 2 anak perempuan normal. Kemungkinan orang tua laki-laki adalah....

Pertanyaan

Gen buta warna terpaut kromosom X dan resesif. Apabila dalam suatu keluarga memiliki 2 anak laki-laki buta warna dan 2 anak perempuan normal. Kemungkinan orang tua laki-laki adalah....space   

  1. Buta warna dan ibunya karierspace 

  2. Normal dan ibunya karierspace 

  3. Karier dan ibunya karierspace 

  4. Normal dan ibunya normalspace  

  5. Buta warna dan ibunya normalspace 

Pembahasan Soal:

Buta warna adalah kelainan yang disebabkan oleh gen resesif (b) yang terikat pada kromosom X. Berdasarkan hal tersebut, seorang pria kemungkinan akan membentuk alel straight X to the power of straight B straight Y (pria normal) dan straight X to the power of straight b straight Y (pria buta warna). Sedangkan seorang wanita akan membentuk alel straight X to the power of straight B straight X to the power of straight B (wanita normal), straight X to the power of straight B straight X to the power of straight b (wanita carier buta warna), dan straight X to the power of straight b straight X to the power of straight b (wanita buta warna).

Apabila diketahui dalam suatu keluarga terdapat 2 anak laki-laki buta warna (straight X to the power of straight b straight Y) dan 2 anak perempuan normal (kemungkinan besar straight X to the power of straight B straight X to the power of straight b), maka kemungkinan genotipe orang tua laki-laki adalah normal straight X to the power of straight B straight Y dan ibu buta warna (straight X to the power of straight b straight X to the power of straight b) dengan skema sebagai berikut:

Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan seorang pria akan mewariskan gen buta warna kepada anak perempuannya, sedangkan seorang wanita akan mewariskan gen buta warna kepada anak laki-lakinya.

Dengan demikian, tidak ada pilihan jawaban yang tepat.  space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Seorang anak wanita yang buta warna dapat muncul dari pasangan.... Ayah normal, ibu buta warna Ayah buta warna, ibu normal pembawa Ayah normal, ibu pembawa buta warna Ayah buta warna, ibu buta w...

Pembahasan Soal:

Buta warna merupakan kelainan genetik yang disebabkan oleh gen resesif b yang terpaut pada kromosom X. Kendali gen tersebut pada pria akan membentuk genotipe straight X to the power of straight B straight Y (pria normal) dan straight X to the power of straight b straight Y (pria buta warna). Sedangkan pada wanita membentuk straight X to the power of straight B straight X to the power of straight B (wanita normal), straight X to the power of straight B straight X to the power of straight b (wanita normal carier), dan straight X to the power of straight b straight X to the power of straight b (wanita buta warna). Sifat gen buta warna pada pria akan diturunkan kepada anak perempuannya, sedangkan pada wanita akan diturunkan kepada anak laki-lakinya. Oleh karena itu, seorang wanita buta warna, dapat muncul dari orang tua yaitu:

  • Ayah buta warna dan ibu normal pembawa

          

  • Ayah buta warna dan ibu buta warna

         

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space 

 

0

Roboguru

Perhatikan gambar pewarisan sifat keluarga dibawah ini! Berdasarkan silsilah di atas, apakah sifat yang diwarisi anaknya sama persis dengan sifat kedua orang tuanya atau terdapat variasi sifat pada...

Pembahasan Soal:

Pada peta silsilah keluarga di atas, diketahui bahwa ibu merupakan wanita normal karier (XBXb) dan ayah merupakan pria normal (XBY). Bagan persilangan sebagai berikut:

Dengan demikian, ada sifat anaknya yang tidak sama persis dengan kedua orangtuanya yaitu adanya anak laki-laki buta warna.space

0

Roboguru

Berikut ini adalah penyakit-penyakit pada manusia:  AIDS  Albinisme  TBC  Hemofilia Buta warna Yang termasuk penyakit bawaan adalah ...

Pembahasan Soal:

Penyakit keturunan merupakan penyakit genetik yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya melalui DNA. Contoh penyakit kerturunan adalah buta warna, hemofilia, dan albino. Sementara AIDS disebabkan oleh virus HIV dan TBC disebabkan oleh bakteri.

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat yaitu D.

0

Roboguru

Peta silsilah di bawah ini mengenai sifat buta warna yang terpaut kromosom X Jika C untuk penglihatan normal dan c untuk buta warna. Orang yang mempunyai genetik Cc adalah. . .

Pembahasan Soal:

Sesuai pada silsilah keluarga gambar diatas, dapat disimpulkan bahwa genotipe masing-masing nomor ialah sebagai berikut.

  1. XcY (laki-laki buta warna)
  2. XCXC (perempuan normal)
  3. XCY (laki-laki normal)
  4. XCXc (perempuan carier)
  5. XCY (laki-laki normal)
  6. XcY (laki-laki buta warna)

Jika C untuk penglihatan normal dan c untuk buta warna. Orang yang mempunyai genetik Cc adalah nomor 4 (C)

0

Roboguru

Seorang laki-laki buta warna menikah dengan wanita normal heterozigot. Tentukan ratio fenotip anak-anak mereka yang akan lahir!

Pembahasan Soal:

P : Laki-laki buta warna >< Wanita normal heterozigotspace
                 XcbY                                XXcbspace
G :          Xcb ; Y                                X ; Xcbspace
F : 

  Xcb Y
X XXcb (Wanita carrier) XY (Laki-laki normal)
Xcb XcbXcb (Wanita buta warna) XcbY (Laki-laki buta warna)

Rasio fenotip anak-anak yang lahir =space
1 Wanita carrier : 1 Wanita buta warna : 1 Laki-laki normal : 1 Laki-laki buta warnaspace

Dengan demikian rasio anak-nak yang lahir yaitu 1 : 1 : 1 : 1.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved