Roboguru

Gaya antarmolekul yang bekerja pada senyawa CCI4 adalah ...

Pertanyaan

Gaya antarmolekul yang bekerja pada senyawa CCI4 adalah ... 

  1. gaya elektrostatis 

  2. gaya Coulomb 

  3. gaya van der Waals 

  4. gaya London 

  5. gaya dipol permanen 

Pembahasan Soal:

Senyawa CCl4 merupakan senyawa nonpolar sehingga gaya antarmolekul yang bekerja pada senyawa CCl4 adalah gaya London (tarikan lemah pada atom bebas dan molekul nonpolar).

Jadi, jawaban yang benar adalah D. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Nur

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Malang

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Ikan dapat hidup dalam air karena di dalam air terdapat oksigen yang terlarut. Oksigen nonpolar dapat larut dalam air yang polar karena oksigen membentuk…

Pembahasan Soal:

Gaya antar molekul berkaitan dengan ikatan antar molekul yang ada pada molekul yang berikatan.  Ikatan antar molekul terdiri atas ikatan Van Der Waals dan ikatan hidrogen.  

Ikatan antar molekul Van Der Waals meliputi :

  1. Dipol sesaat atau gaya London terjadi pada senyawa kovalen nonpolar, contohnya O2, CH4.
  2. Dipol terimbas terjadi antara senyawa kovalen polar yang dapat berikatan dengan senyawa kovalen nonpolar, contohnya senyawa kovalen nonpolar gas oksigen (O2) dapat larut dalam senyawa kovalen polar air (H2O).
  3. Gaya dipol-dipol terjadi karena terjadi pada senyawa poliatom kovalen polar contohnya HCl, H2S, dan lain-lain.

Berdasarkan penjelasan di atas, ikan dapat hidup dalam air karena di dalam air terdapat oksigen yang terlarut. Oksigen nonpolar dapat larut dalam air yang polar karena oksigen membentuk dipol sesaat karena oksigen merupakan senyawa nonpolar. Berikut contoh interaksi yang terjadi.

Maka, jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Gaya tarik antardipol sesaat disebut ....

Pembahasan Soal:

Gaya dispersi (gaya london) merupakan gaya tarik menarik antar atom karena adanya dipol sesaat. Gaya tersebut terjadi antara molekul nonpolar dengan molekul nonpolar. Gaya ini terjadi karena adanya dispersi atau penyebaran elektron tidak merata, sehingga menimbulkan dipol sesaat dan dipol terimbas. 

Saat banyak elektron berada pada satu titik maka titik tersebut menjadi kutub negatif dan yang lain kutub positif, lalu elektron bergerak lagi yang mengakibatkan titik lain bermuatan negatif dan tempat lainnya bermuatan positif, begitu seterusnya. Hal tersebut menyebabkan dipol sesaat (terbentuk kutub sesaat) dan dipol terimbas.

Jadi, jawaban yang paling tepat adalah A.space 

0

Roboguru

Jelaskan perbedaan antara gaya London dan interaksi dipol-dipol!

Pembahasan Soal:

Interaksi antarmolekul kovalen disebut sebagai gaya van der Waals. Kekuatan ikatan yang terbentuk dari interaksi molekul kovalen tergantung pada kepolaran molekul. Gaya van der Waals dibagi menjadi tiga jenis, yaitu gaya London (gaya dispersi), interaksi dipol-dipol, dan ikatan hidrogen.

Gaya London atau gaya dispersi adalah interaksi yang terjadi antarmolekul nonpolar. Dalam molekul nonpolar, elektron-elektron terus menerus bergerak dari satu sisi ke sisi yang lain dalam molekul tersebut. Akibatnya, dalam molekul terjadi pemisahan muatan secara berpindah-pindah. Pemisahan awan muatan dalam satu molekul rnemberikan imbas pada molekul nonpolar tetangga sehingga molekul tetangga menjadi bermuatan sesaat. 

Sedangkan interaksi dipol-dipol adalah gaya tarik antar molekul polar yang memiliki dipol permanen. Dipol-dipol dari molekul yang berdekatan mengarah sedemikian rupa sehingga bagian yang bermuatan positif parsial dengan yang negatif saling mendekati. Gaya tarik ini menyebabkan interaksi dipol-dipol permanen lebih kuat daripada gaya London.

Jadi, gaya London terjadi pada molekul nonpolar sementara interaksi dipol-dipol terjadi pada molekul polar, interaksi dipol-dipol lebih kuat daripada gaya London.

0

Roboguru

Di antara molekul-molekul berikut yang mengalami gaya dispersi adalah …

Pembahasan Soal:

Gaya London adalah gaya yang terjadi akibat adanya kutub sementara antara suatu senyawa non polar dengan senyawa non polar lainnya. Maka, zat yang mengalami gaya london saja adalah suatu senyawa non polar. Untuk menyelesaikan soal ini, perlu ditentukan setiap senyawa dalam opsi apakah merupakan senyawa non polar atau bukan.

Pada opsi A, C H subscript 3 O H akan memiliki kutub karena Oksigen yang memiliki keelektronegatifan lebih besar akan cenderung menarik elektron dari C sehingga termasuk molekul polar.

Pada opsi B, perlu ditentukan terlebih dahulu bentuk molekul, cara menentukan bentuk molekul adalah sebagai berikut.

C H subscript 4 

atom pusat = C 
C memiliki 4 elektron valensi (cara cepat: bisa ditentukan dari golongan)
H atom luar memiliki 1 elektron valensi
H memerlukan 1 elektron untuk stabil maka jumlah ikatan antara C dan H secara keseluruhan ada 4 atau X=4
Hitung Jumlah Elektron Bebas dengan cara
Elektron bebas = valensi atom pusat–(jumlah atom luar×elektron yang di butuhkan atom luar
Elektron bebas = 4 – (4 × 1) = 4– 4 = 0
Pasangan elektron bebas = 0
maka C H subscript 4 memiliki rumus bentuk molekul AX subscript 4 atau dikenal dengan bentuk tetrahedral. 
Pada suatu senyawa tetrahedral elektron pada atom pusat ditarik dengan seimbang ke arah semua atom luar sehingga tidak terjadi kutub maka disebut senyawa non polar. Mudahnya, jika terdapat elektron bebas maka senyawa tersebut merupakan senyawa polar, kecuali pada senyawa dengan rumus bentuk AX subscript 2 E subscript 4 space space end subscript dan space AX subscript 4 E subscript 2. Senyawa non polar hanya memiliki gaya London. 

Untuk opsi C karena NaCl merupakan senyawa ionik artinya ia merupakan senyawa polar. 

Untuk opsi D yakni N H subscript 3 apabila diperiksa dengan menggunakan cara yang sama dengan C H subscript 4 maka dapat diketahui bahwa ia adalah suatu senyawa polar 

Untuk opsi E yang terdapat O yang lebih elektronegatif dan memiliki elektron bebas, maka senyawanya merupakan senyawa polar. 

Berdasarkan penentuan kepolaran pada setiap senyawa dalam opsi maka yang merupakan senyawa non polar adalah C H subscript 4 saja, sehingga C H subscript 4 memiliki gaya London. 

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

0

Roboguru

Pasangan senyawa berikut yang keduanya hanya mempunyai gaya dispersi (gaya London) adalah ….

Pembahasan Soal:

Gaya London adalah gaya yang terjadi akibat adanya kutub sementara antara suatu senyawa non polar dengan senyawa non polar lainnya. Maka, zat yang mengalami gaya london saja adalah suatu senyawa non polar. Untuk menyelesaikan soal ini, perlu ditentukan setiap senyawa dalam opsi apakah merupakan senyawa non polar atau bukan.

Ciri senyawa non polar yang paling mudah adalah terdiri dari atom yang sama jika diatomik, sedangkan jika poliatomik adalah tidak memiliki pasangan elektron bebas kecuali pada senyawa dengan rumus domain elektron AX subscript 2 E subscript 4 space dan space AX subscript 4 E subscript 2 . Pada pilihan dalam soal, yang memenuhi ciri tersebut adalah C H subscript 4 yang memiliki rumus domain  berdasarkan perhitungan berikut.

C H subscript 4
atom pusat = C
elektron valensi atom pusat = 4
Jumlah atom luar = 4 masing-masing butuh 1 elektron


table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row PEB equals cell fraction numerator e to the power of minus sign space valensi space atom space pusat minus sign left parenthesis jml space atom space luar cross times e to the power of minus sign space dibutuhkan right parenthesis over denominator 2 end fraction end cell row blank equals cell fraction numerator 4 minus sign left parenthesis 4 cross times 1 right parenthesis over denominator 2 end fraction end cell row blank equals 0 end table



artinya tidak memiliki pasangan elektron bebas (PEB), dan  yang tidak memiliki perbedaan keelektronegatifan. Sedangkan untuk senyawa lain, dengan cara yang sama dengan  dapat diketahui memiliki elektron bebas dengan rumus selain AX subscript 2 E subscript 4 space dan space AX subscript 4 E subscript 2. Sehingga yang memiliki gaya dispersi saja adalah C H subscript 4 space end subscript space dan space N subscript 2.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved