Roboguru

Gas amoniak () bereaksi dengan oksigen pada P dan T tertentu menurut reaksi :   Jumlah gas yang diperlukan untuk bereaksi dengan 16 L gas amoniak adalah ….

Pertanyaan

Gas amoniak (begin mathsize 14px style N H subscript 3 end style) bereaksi dengan oksigen pada P dan T tertentu menurut reaksi :


begin mathsize 14px style 4 N H subscript 3 open parentheses italic g close parentheses and 5 O subscript 2 open parentheses italic g close parentheses yields 4 N O open parentheses italic g close parentheses and 6 H subscript 2 O open parentheses italic g close parentheses end style 


Jumlah gas begin mathsize 14px style O subscript 2 end style yang diperlukan untuk bereaksi dengan 16 L gas amoniak adalah ….

Pembahasan Soal:

Soal di atas berkaitan dengan hukum perbandingan volum atau hukum Gay -Lussac. Hukum Gay-Lussac yaitu perbandingan volume gas-gas yang diukur pada tekanan dan temperatur tertentu akan sama dengan perbandingan jumlah mol. Sedangkan perbandingan jumlah mol dalam suatu reaksi akan sama dengan perbandingan jumlah koefisien reaksinya. Jadi, jumlah gas begin mathsize 14px style O subscript 2 end style yang diperlukan untuk bereaksi dengan gas amoniak dapat dihitung dengan perbandingan koefisien sebagai berikut:

table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Volum space O subscript 2 end cell equals cell fraction numerator koefisien space O subscript 2 over denominator koefisien space N H subscript 3 end fraction cross times Volum space N H subscript 3 end cell row blank equals cell 5 over 4 cross times 16 space L end cell row blank equals cell 20 space L end cell end table  

Jadi, jumlah gas oksigen yang diperlukan untuk bereaksi dengan 16 L gas amoniak adalah 20 L.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved