Roboguru

Gambarkan rumus struktur senyawa hidrokarbon yang mengandung atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuarterner!

Pertanyaan

Gambarkan rumus struktur senyawa hidrokarbon yang mengandung atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuarterner!space 

Pembahasan Soal:

Atom karbon primer adalah karbon yang berikatan dengan satu atom karbon lain 

Atom karbon sekunder adalah karbon yang berikatan dengan dua atom karbon lain 

Atom karbon tersier adalah karbon yang berikatan dengan tiga atom karbon lain 

Atom karbon kuarterner adalah karbon yang berikatan dengan empat atom karbon lain 

1 degree equals primer 2 degree equals sekunder 3 degree equals tersier 4 degree equals kuarterner

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah sesuai penjelasan di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 10 Juli 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan empat alasan mengapa jumlah dan jenis senyawa karbon sangat banyak.

Pembahasan Soal:

Senyawa karbon di alam memiliki jumlah hingga puluhan juta, dimana jumlah ini jauh lebih banyak dibandingkan senyawa anorganik yang hanya berjumlah ratusan ribu.

Banyaknya jumlah dan jenis senyawa karbon yang sangat banyak tersebut tidak terlepas dari adanya kekhasan atom karbon dibandingkan dengan atom lain yaitu:

  1. Atom karbon memiliki 4 elektron valensi yang kuat dan stabil.
  2. Atom unsur karbon relatif kecil. Jari-jari atom karbon yang relatif kecil menyebabkan ikatan kovalen yang terbentuk relatif kuat dan dapat membentuk ikatan kovalen rangkap.
  3. Atom karbon dapat membentuk rantai karbon. Melalui ikatan kovalen, rantai karbon yang terbentuk antar atom karbon dapat sangat panjang dan dapat juga membentuk rantai lingkar (siklik).
  4. Kedudukan atom karbon dalam rantai karbon dapat berbeda-beda. Berdasarkan jumlah atom karbon yang diikat, atom karbon dapat berperan sebagai atom karbon primer, sekunder, tersier, dan kuarterner.

Jadi, empat alasan mengapa jumlah dan jenis senyawa karbon sangat banyak adalah memiliki 4 elekton valensi yang kuat dan stabil, atom unsur karbon relatif kecil, dan atom karbon dapat membentuk rantai karbon, kedudukan atom karbon dalam rantai karbon dapat berbeda-beda.space 

Roboguru

Unsur karbon disebut sebagai unsur kehidupan, hal ini disebabkan karena unsur karbon memiliki sifat, yaitu .…

Pembahasan Soal:

Unsur yang disebut sebagai unsur kehidupan adalah unsur kabon karena unsur karbon dapat membentuk jutaan senyawa yang memiliki jenis, sifat dan kegunaan yang bermacam-macam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan D.space 

Roboguru

Di alam terdapat banyak jenis unsur-unsur yang menyusun senyawa, namun ada satu unsur yang disebut unsur kehidupan, yaitu ….

Pembahasan Soal:

Unsur yang disebut sebagai unsur kehidupan adalah unsur kabon karena unsur karbon dapat membentuk jutaan senyawa yang memiliki jenis, sifat dan kegunaan yang bermacam-macam.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan C.space 

Roboguru

Nyatakan golongan hidrokarbon berikut (alifatik jenuh/tidak jenuh, alisiklik jenuh/tidak jenuh, atau golongan aromatik).

Pembahasan Soal:

Berdasarkan jenis ikatan antar atom karbon, senyawa hidrokarbon alifatik terbagi menjadi senyawa alifatik jenuh dan tak jenuh. Senyawa alifatik jenuh adalah senyawa yang rantai C-nya hanya berisi ikatan-ikatan tunggal saja, contohnya senyawa alkana. Senyawa alifatik tak jenuh adalah senyawa alifatik yang rantai C-nya memiliki ikatan rangkap, contohnya senyawa alkena dan alkuna.

Senyawa pada gambar di atas terdiri dari rantai C dengan ikatan tunggal, maka senyawa tersebut merupakan senyawa golongan alkana yaitu propana. Senyawa golongan alkana termasuk dalam senyawa alifatik jenuh.space 

Jadi, senyawa hidrokarbon pada gambar di atas merupakan golongan hidrokarbon alifatik jenuh dengan nama senyawa propana.

Roboguru

ANALISA KARBON Jelaskan mengapa warna hasil dari 3 buah sampel yang dipanaskan berbeda Dari ke 3 sampel yang dipanaskan, sampel manakah yang mengandung karbon?

Pembahasan Soal:

Senyawa organik merupakan senyawa yang mengandung unsur C, H, dan O. Dimana apabila senyawa organik ini dibakar, akan menghasilkan uap air open parentheses H subscript 2 O close parentheses dan gas karbondioksida open parentheses C O subscript 2 close parentheses. Misalnya, apabila kita membakar sate atau jagung dalam waktu yang cukup lama, maka warna jagung atau sate tesebut akan berwarna hitam. Zat warna hitam inilah yang disebut dengan arang atau karbon. Pembakaran senyawa organik secara sempurna menghasilkan gas C O subscript 2, sedangkan pembakaran senyawa karbon yang tidak sempurna akan menghasilkan karbon atau zat arang.

Penjelasan jawaban:

  1. Warna hasil dari 3 buah sampel yang dipanaskan berbeda, karena sampel yang dipanaskan memiliki kandungan senyawa yang berbeda, seperti berikut:
  2. Sampel yang mengandung karbon adalah sampel 3, karena pemanasan menyebabkan senyawa karbon yang terkandung dalam bahan tersebut terurai menjadi karbon berwarna hitam.

Jadi, kesimpulan jawabannya seperti penjelasan diatas.space 

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved