RoboguruRoboguru
SD

Faktor yang menyebabkan wilayah dekat DKAT (Daerah Konvergensi Antartropik) memiliki air permukaan lebih banyak dibandingkan wilayah yang berada di lintang 30 adalah tingginya ….

Pertanyaan

Faktor yang menyebabkan wilayah dekat DKAT (Daerah Konvergensi Antartropik) memiliki air permukaan lebih banyak dibandingkan wilayah yang berada di lintang 30degree adalah tingginya ….

  1. amplitudo suhu

  2. konveksi massa udara

  3. keragaman jenis tanah

  4. wilayah berlereng curam

  5. batuan berporositas tinggi

D. Maya

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan

Wilayah yang berada di dekat DKAT atau Daerah Konvergensi Antar Tropik memiliki iklim tropis dengan suhu yang hangat. Pada wilayah ini, terdapat banyak penguapan karena mendapat penyinaran matahari yang intensitasnya cukup tinggi sepanjang tahun. Uap air bersama dengan massa udara lainnya bergerak naik ke atmosfer secara vertikal (konveksi). Tingginya tingkat penguapan dan konveksi massa udara ini akan membentuk banyak awan pada ketinggian tertentu. Hal inilah yang nantinya menyebabkan turunnya hujan dengan intensitas yang cukup tinggi di wilayah tropis atau dekat DKAT dan mengakibatkan tingginya potensi air permukaan di sana. Sementara itu, potensi air permukaan di wilayah lintang 30degree cenderung lebih sedikit karena curah hujan yang turun sangat sedikit akibat adanya penurunan massa udara yang kering dan dingin.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

24

5.0 (1 rating)

Pertanyaan serupa

Faktor yang menyebabkan Kalimantan memiliki potensi air permukaan yang melimpah adalah .... Bentukan lahan struktural Banyak terdapat rawa gambut Pelapukan dan sedimentasi tinggi Pembentukan awa...

19

1.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia