Roboguru

Faktor pendorong semakin cepatnya agama Islam menyebar di Indonesia abad 13 – 16 adalah ... kecuali...

Pertanyaan

Faktor pendorong semakin cepatnya agama Islam menyebar di Indonesia abad 13 – 16 adalah ... kecuali...

  1. Ajarannya dianggap lebih demokrasi

  2. Relatif tidak mendapat tantangan dari penguasa-penguasa Hindu-Budha

  3. Berkembangnya perdagangan antar pulau

  4. Pendekatan Buddha oleh para wali

  5. Masuk dan berkembangnya Islam bersamaan dengan masuknya tradisi Hindu-Budha

Pembahasan Soal:

Periode mengenai kapan pertama kali Islam masuk di Indonesia serta siapa yang membawa ajaran Islam pertama kali di Indonesia masih menjadi perdebatan yang menarik hingga saat ini. Namun, satu hal yang pasti, proses Islamisasi berhasil dan sukses dilakukan di Kepulauan Nusantara. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah penganut ajaran Islam yang banyak di Nusantara. Faktor yang melatar belakangi keberhasilan Islamisasi di Nusantara yakni.

  1. Dibawa dan disebarkan dengan cara yang damai atau tanpa penaklukkan sehingga tidak mendapatkan tantangan dari penguasa-penguasa sebelumnya yang beragama Hindu-Buddha.
  2. Beradaptasi serta berakulturasi dengan kebudayaan sebelumnya di masyarakat seperti yang pendekatan yang dilakukan Wali Songo.
  3. Menggunakan sejumlah saluran persebaran seperti perkawinan, perdagangan, tasawuf hingga kesenian.
  4. Tidak terdapat sistem kasta, sehingga ajaran Islam dianggap lebih demokratis dan membumi.

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Agung

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Sebelum kedatangan Islam, di Indonesia sudah mengenal agama Hindu dan Buddha. Akan tetapi pada akhirnya Islam berkembang pesat di Indonesia dan kemudian menjadi agama mayoritas di Indonesia. Faktor ap...

Pembahasan Soal:

Perkembangan islam di Indonesia dapat dikatakan berjalan begitu cepat dan menyebar secara meluas di berbagai pulau Nusantara. Islam masuk ke wilayah Indonesia pada abad ke-7M, dibawa oleh para pedagang Muslim yang berlayar dan singgah di negeri ini. Mereka adalah para pedagang Muslim asal Arab, Melayu, Persia serta India. Para pedagang ini merupakan salah satu faktor yang menyebabkan Islam cepat berkembang di Indonesia. Berikut ini adalah faktor yang mendukung Islam dapat berkembang cepat di Indonesia. 

  1. Ajarannya Sederhana,mudah dimengerti dan diterima.
  2. Syaratnya mudah, hanya dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat, yang berisi pengakuan adanya Allah SWT, tuhan yang Maha Esa dan Nabi Muhammad utusan Allah SWT.
  3. Islam tidak mengenal kasta, sehingga lebih mudah menarik bagi rakyat biasa yang jumlahnya justru lebih besar.
  4. Upacara – upacara keagamaan sangat sederhana.
  5. Islam disebarkan dengan cara damai lewat kesenian dan akulturasi dengan kebudayaan setempat.
  6. Jatuhnya Majapahit dan Sriwijaya menyebabkan kerajaan Islam berkembang dengan pesat.
  7. Dalam Islam dikenal adanya kewajiban bagi orang yang mampu untuk mengeluarkan zakat. Zakat ini bertujuan untuk menciptakan kesetaraan dan kepedulian hidup di masyarakat.

Dengan demikian, faktor yang menyebabkan Islam berkembang pesat di Indonesia adalah ajarannya yang sederhana, sayarat masuk Islam mudah, Islam tidak mengenal kasta, upacara keagamaan yang sederhana, penyebaran Islam berlangsung dilakukan dengan damai dan dekat dengan kebiasaan masyarakat.

0

Roboguru

Proses Islamisasi di Indonesia berlangsung dalam waktu yang panjang bahkan masih berlangsung. Berikan penjelasannya!

Pembahasan Soal:

Proses Islamisasi yang terjadi di Indonesia terjadi secara bertahap dan berlangsung selama berabad-abad bahkan hingga hari ini. Hal ini disebabkan karena sulit untuk mengubah pola pikir dan kebiasaan masyarakat. Apalagi sebelum Islam berkembang, pengaruh Hindu, Budha, dan kepercayaan lokal telah mengakar dengan kuat. Sulit untuk masyarakat setempat menerima pengaruh agama baru ketika masih berpegang teguh dengan agama sebelumnya. Untuk itu, para wali yang menyebarkan agama Islam menggunakan berbagai cara, salah satunya adalah dengan kesenian seperti yang dilakukan oleh Sunan Bonang. 

Jadi, alasan mengapa proses Islamisasi di Indonesia berlangsung dalam waktu yang panjang adalah karena pengaruh agama sebelumnya masih mengakar kuat di masyarakat.

0

Roboguru

Bagaimana sejarah agama Islam di Indonesia?

Pembahasan Soal:

Sejarah Islamisasi Indonesia mengalami perjalanan serta periode yang panjang hingga bisa seperti saat ini. Banyak teori seputar waktu kedatangan Islam, tokoh penyebar Islam, hingga saluran penyebaran Islam. Namun Islam sendiri diperkirakan sudah ada di Indonesia sejak abad ke VII M dan dibawa oleh pedagang-pedagang asal Gujarat atau India. Sedangkan untuk salurannya sendiri ada beberapa, mulai dari perdagangan, pernikahan, pendidikan, kesenia, hingga tassawuf.

Dengan demikian sejarah persebaran Islam di Indonesia merupakan fenomena historis yang berjalan secara berkesinambungan.

0

Roboguru

Berikut adalah pihak-pihak yang berperan penting dalam penyebaran Islam di Nusantara...

Pembahasan Soal:

Proses penyebaran Islam di Nusantara mengalami perkembangan yang cukup pesat berkat peran para wali yang merupakan tokoh penting penyebaran Islam di Indonesia. Merekalah yang menghidupkan semangat masyarakat pesisir. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mendirikan kerajaan Islam di wilayah tempat mereka tinggal dan mengabdi. Para ahli juga mendirikan pesantren atau tempat di mana para murid tinggal dan mempelajari Islam. Para wali dan murid atau yang disebut dengan santri kemudian menyebar ke daerah pedalaman sampai ke pelosok-pelosok daerah pegunungan untuk menyebarkan ajaran Islam.

0

Roboguru

Kapan agama islam masuk ke Indonesia?

Pembahasan Soal:

Menurut para sejarawan, pada abad ke-13 Masehi Islam sudah masuk ke nusantara yang dibawa oleh para pedagan muslim. Namun untuk lebih pastinya masih terdapat perbedaan pendapat dari para sejarawan. Namun setidaknya 3 tiga teori tentang masuknya Islam ke Indonesia yakni sebagai berikut.

  1. Teori Gujarat, teori ini dipelopori oleh ahli sejarah Snouck Hurgronje, menurutnya agama Islam masuk ke Indonesia dibawa oleh para pedagang Gujarat pada abad ke-13 masehi.
  2. Teori Persia, P.A Husein Hidayat mempelopori teori ini, menyatakan bahwa agama Islam dibawa oleh pedagang Persia (Iran), hal ini berdasarkan kesamaan antara kebudayaan islam di Indonesia dengan Persia.
  3. Teori Mekkah, teori ini menyatakan bahwa Islam masuk ke Indonesia langsung dibawa para pedagah Mekkah, teori ini berlandaskan sebuah berita dari China yang menyatakan jika pada abad ke-7 sudah terdapat perkampungan muslim di pantai barat Sumatera.

Dengan demikian, Islam pertama kali masuk ke Indonesia pada abad ke-7 melalui pedagang Arab. Namun, beberapa sejarawan mengatakan agama Islam baru masuk ke Indonesia pada abad ke-13 Masehi yang dibawa oleh para pedagang muslim. Meskipun begitu, belum diketahui secara pasti sejak kapan Islam masuk ke Indonesia karena para ahli masih berbeda pendapat mengenai hal tersebut.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved