Roboguru

Faktor-faktor apakah yang menentukan investasi perusahaan?

Pertanyaan

Faktor-faktor apakah yang menentukan investasi perusahaan? space 

Pembahasan Soal:

Investasi perusahaan merupakan sebuah pengeluaran (menanamkan modal) yang dilakukan oleh sebuah entitas, baik yang secara langsung ataupun tidak langsung dengan harapan akan mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi sebuah entitas melakukan kegiatan investasi, diantaranya:

  • suku bunga,
  • Produk Domestik Regional Bruto,
  • birokrasi,
  • tingkat inflasi,
  • nilai tukar,
  • stabilitas politik dan keamanan,
  • faktor sosial budaya, dll. space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

R. Rachman

Mahasiswa/Alumni UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Terakhir diupdate 04 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Manfaat pasar modal: (1) Meningkatkan kapasitas produksi (2) Memperoleh tambahan dana (3) Investasi secara langsung (4) Mempertemukan penawaran jual dan beli efek (5) Alternatif sumber dana selain ban...

Pembahasan Soal:

Emiten merupakan perusahaan yang menjual surat berharga di pasar modal. Adapun manfaat adanya pasar modal bagi emiten adalah:

  1. Sarana menambah modal perusahaan dengan menjual surat berharga
  2. Meningkatkan produktivitas dengan alokasi modal yang didapatkan
  3. Sarana merestrukturisasi modal usaha
  4. Meningkatkan image perusahaan
  5. Alternatif sumber dana selain bank

Sehingga jawaban yang benar adalah 1, 2, dan 5.

0

Roboguru

Tempat bertemunya antara penawaran dan permintaan untuk melakukan jual-beli modal disebut ….

Pembahasan Soal:

Pasar modal atau bursa efek merupakan tempat bertemunya antara penawaran atau penjual dan permintaan atau pembeli untuk melakukan jual-beli modal. Modal yang diperjualbelikan berupa surat-surat berharga atau efek seperti saham, obligasi.

Oleh karena itu, jawaban yang benar adalah C.  undefined 

0

Roboguru

Jelaskan pengertian pasar modal!

Pembahasan Soal:

Pasar modal menurut Undang-Undang No. 8 Tahun 1995 adalah kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, dan lembaga profesi yang berkaitan dengan efek.space space 

0

Roboguru

Beberapa manfaat pasar modal: Alternatif untuk menanamkan dana Menambah modal usaha Meningkatkan kapasitas produksi Memperoleh modal di luar perbankan Sarana pemerataan pendpatan Dari pernyat...

Pembahasan Soal:

Pengertian pasar modal mirip dengan pasar pada umumnya yaitu bertemunya penjual dan pembeli. Perbedaan terletak pada barang yang dijual berupa surat-surat berharga seperti saham dan obligasi yang diterbitkan oleh emiten (perusahaan yang mengeluarkan). Pasar modal memiliki banyak manfaat untuk emiten, antara lain:

  • menambah modal usaha
  • meningkatkan kapasitas produksi
  • memperoleh modal di luar perbankan

0

Roboguru

Dibawah ini karakteristik pasar uang dan pasar modal   Produk yang dijual reksadana dan saham Produk yang dijual SBI dan SBPU Melayani kredit jangka pendek Jangka waktu kredit lebih dari 1 tahun...

Pembahasan Soal:

Menurut Basjirudin A. Sarida ( dalam Panji Anoraga; 1996 : 12 - 15  ) menyebutkan beberapa klasifikasi dari karakteristik Pasar Modal adalah sebagai berikut :

  1. Dari sudut pandangan para pemakai dana, maka terdapat berbagai macam pihak terlibat dalam kegiatan Pasar Modal. Dengan adanya dana yang tersedia bagi pihak - pihak yang membutuhkannya, maka berbagai instrumen menjembatani antara mereka yang membutuhkan dana dengan para penanam modal ( investor ).
  2. Dari sudut pandangan jenis instrumen yang ditawarkan melalui pasar modal, yakni apakah instrumen hutang jangka menengah / panjang atau instrumen modal perusahaan ( equity ).
  3. Dari sudut jatuh temponya instrumen yang diperdagangkan di Pasar Modal. Sebagaimana diketahui transaksi surat - surat berharga yang jatuh temponya dalam waktu kurang dari satu tahun dilakukan dalam Pasar Uang ( Money Market ) atau pasar dana – dana jangka pendek ( short term market ). Sehingga bagi dana – dana jangka menengah ( intermediate term funds ) dan jangka panjang ( long terms funds ), perdagangannya dilakukan di pasar modal. Meskipun kedua pasar tersebut tidak dapat dibedakan begitu saja. Oleh karena rumitnya permasalahan baik pada pasar uang maupun pasar modal, maka terdapat faktor – faktor lain yang sulit untuk membedakannya secara teliti, menyeluruh dan lengkap.
  4. Dari sudut pandangan tingkat sentralisasi. Suatu fakta yang tidak dapat dihindari adalah dalam suatu negara yang secara geografis cukup luas, maka adanya pasar modal secara wilayah maupun lokal sangat diperlukan mengingat menyebarnya kepentingan para pemilik dana dan pemakai dana.
  5. Dari sudut pandangan transaksinya, maka dalam suatu Pasar Modal transaksi yang dilakukan oleh para pemodal dan pemakai dana terjadi dalam suatu pasar yang sifatnya terbuka ( open market ) dan tidak langsung.
  6. Di dalam mekanisme Pasar Modal dikenal adanya penawaran pada pasar perdana  ( primary market ) dan pasar sekunder / bursa  ( secondary market ). Hal tersebut menimbulkan perbedaan antara transaksi pada pasar perdana dengan transaksi pada pasar sekunder atau bursa.

Jadi, karakteristik yang tepat adalah poin 3 dan 4.undefined 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved