Roboguru

Elektron terakhir dari suatu atom mempunyai bilangan kuantum n=4,l=2,m=+2,dans=−21​. Unsur tersebut memiliki golongan dan periode....

Pertanyaan

Elektron terakhir dari suatu atom mempunyai bilangan kuantum n=4,l=2,m=+2,dans=21. Unsur tersebut memiliki golongan dan periode....

  1. IIB dan 4

  2. IIB dan 5

  3. VIB dan 5

  4. VIIIA dan 4

  5. VIIIA dan 5

Pembahasan Soal:

Bilangan kuantum adalah bilangan yang digunakan sebagai penentu kedudukan elektron dalam atom, terdapat 4 jenis bilangan kuantum yaitu bilangan kuantum utama, azimuth, magnetik, dan spin. Informasi pada bilangan kuantum dapat digunakan untuk mengetahui elektron terakhir suatu unsur, dan dengan informasi elektron terakhir tersebut maka akan diperoleh konfigurasi elektron yang lengkap yang dapat digunakan untuk menentukan letak golongan dan periode unsur tersebut.

Menentukan elektron terakhir berdasar bilangan kuantum

Bilangan kuantum unsur adalah n=4,l=2,m=+2,dans=21, maka elektron terakhirnya terletak pada kulit keempat, subkulit d, dengan jumlah elektron yang dapat diketahui melalui diagram orbital:



Elektron terakhirnya adalah 4d10, sehingga konfigurasi elektron unsur tersebut adalah [Kr]5s24d10. Unsur tersebut terletak pada periode kelima dan golongan IIB.


Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

I. Yassa

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Surabaya

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Letak unsur X dengan nomor atom 26 dan nomor massa 56 dalam sistem periodik adalah pada golongan dan periode....

Pembahasan Soal:

Letak periode dan golongan suatu unsur pada sistem periodik didasarkan pada elektron valensi unsur tersebut. Sehingga untuk menentukan periode dan golongan, harus menentukan konfigurasi elektronnya terlebih dahulu. Periode pada elektron valensi ditunjukkan pada bilangan kuantum utamanya (angka di depan subkulit) sedangkan golongan ditunjukkan pada jumlah elektron pada subkulit. Selain itu, untuk menentukan unsur tersebut ada pada golongan A atau B adalah jenis subkulitnya. Jika elektron valensinya terletak pada subkulit ns atau ns dan np maka unsur berada pada golongan A, sedangkan jika elektron valensinya terletak pada subkulit ns dan (n-1)d, maka unsur berada pada golongan B.

Unsur X memiliki nomor atom 26, sehingga dapat diketahui jumlah elektronnya adalah 26.

Konfigurasi elektron unsur X adalah:


26X=[Ar]4s23d6


Elektron valensi unsur X adalah 4s23d6, sehingga unsur X terletak pada periode 4 dan golongan VIIIA.


Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Roboguru

Konfigurasi elektron unsur X adalah:  adalah: I. terletak pada periode 4 . II. mempunyai 4 elektron tidak berpasangan III. mempunyai nomor atom 26 IV: termasuk periode 4 golongan VIllA Pemyataan yan...

Pembahasan Soal:

Unsur X memiliki konfigurasi elektron:

X : 1 s squared 2 s squared 2 p to the power of 6 3 s squared 3 p to the power of 6 3 d to the power of 6 4 s squared

Elektron valensi dari unsur X adalah 3 d to the power of 6 4 s squared

bottom enclose 1 I end enclose space bottom enclose 1 space end enclose space bottom enclose 1 space end enclose space bottom enclose 1 space end enclose space bottom enclose 1 space end enclose space space space space space bottom enclose 1 l end enclose space space space space space space space 3 d space space space space space space space space space space space space 4 s

Unsur golongan transisi (B) mempunyai elektron valensi yang berada pada orbital s dan d. Sehingga nomor golongannya ditentukan dari jumlah ns+(n-1)d. Jika totalnya 9 dan 10 digolongkan VIIIB, jika totalnya 11 digolongkan IB dan jika totalnya 12 digolongkan IIB. Sehingga atom atom X terdapat pada golongan VIIIB (jumlah elektron pada orbital s dand dijumlahkan, 2+6 = 8). Kulit terluar dari konfigurasi elektron adalah 4 sehingga unsur X berada pada periode 4. Maka unsur X dalam tabel periodik unsur terdapat pada Golongan VIIIB Periode 4.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Diketahui konfigurasi elektron dari ion ,  maka unsur tersebut dalam tabel periodik unsur terdapat pada ....

Pembahasan Soal:

X to the power of 2 plus sign colon space 1 s squared 2 s squared 2 p to the power of 6 3 s squared 3 p to the power of 6 3 d to the power of 4 X space colon space 1 s squared 2 s squared 2 p to the power of 6 3 s squared 3 p to the power of 6 4 s squared 3 d to the power of 4

Elektron valensi dari unsur X adalah 4 s squared 3 d to the power of 4. Unsur golongan transisi (B) mempunyai elektron valensi yang berada pada orbital s dan d. Sehingga nomor golongannya ditentukan dari jumlah ns+(n-1)d. Sehingga atom X terdapat pada golongan VIB (jumlah elektron pada orbital s dan d dijumlahkan, 2+4 = 6). Kulit terluar dari konfigurasi elektron adalah 4 sehingga unsur X berada pada periode 4. Maka unsur X dalam tabel periodik unsur terdapat pada Golongan VIB Periode 4.

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Ion X2+ mempunyai konfigurasi elektron: 1s22s22p63s23p64s23d104p6  Dalam tabel periodik, unsur X terletak pada ...

Pembahasan Soal:

Atom memiliki kemampuan untuk menerima elektron ataupun melepas elektron. Akibatnya atom tersebut akan berubah menjadi ion. Ion bermuatan positif (kation) terbentuk jika atom melepaskan elektron. Hal ini menyebabkan jumlah elektron dalam atom berkurang. Adapun ion bermuatan negatif (anion) terbentuk jika atom menerima elektron sehingga jumlah elektronnya bertambah. Jumlah elektron yang dilepaskan atau diterima bergantung pada jumlah muatannya.

Pada soal di atas, diketahui konfigurasi elektron dari ion X2+ (ion positif), artinya atom X melepaskan 2 buah elektronnya. Untuk dapat menentukan golongan dan periode unsur X, maka harus dicari konfigurasi elektron dari atom X sebelum melepaskan 2 elektronnya menjadi ion X2+. Konfigurasi elektron dari ion X2+ adalah 1s22s22p63s23p64s23d104p6, maka konfigurasi elektronnya berakhir pada orbital 4p6 setelah melepaskan 2 buah elektron dari orbital pada tingkat energi setelahnya.

Menurut kaidah konfigurasi elektron Aufbau, urutan pengisian elektron berdasarkan tingkat energinya adalah 1s, 2s, 2p, 3s, 3p, 4s, 3d, 4p, 5s, 4d, 5p, 6s, 4f, 5d, 6p, 7s, 5f, 6d, dan 7p. Konfigurasi elektron dari ion X2+ berakhir pada orbital 4p, berarti pada konfigurasi asli dari atom X, setelah orbital 4p terdapat orbital 5s yang berisi 2 buah elektron. Elektron dari orbital 5s yang berjumlah 2 buah adalah elektron yang dilepaskan saat pembentukan ion X2+. Hal ini disebabkan karena orbital 5s berada pada kulit terluar dan tingkat energi pada orbital s juga cenderung rendah, maka 2 elektron dari orbital 5s akan mudah dilepaskan. Oleh karena itu, konfigurasi atom X adalah sebagai berikut.


X=1s22s22p63s23p64s23d104p65s2 


Berdasarkan konfigurasi atom X tersebut, maka diketahui bahwa elektron valensi dari atom X adalah 5s2. Elektron valensi 5s2 menunjukkan bahwa unsur X terletak pada golongan II A periode 5.

Dengan demikian, maka dalam tabel periodik, unsur X terletak pada golongan II A periode 5.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Perhatikan beberapa notasi unsur dalam tabel berikut.   Berdasarkan tabel tersebut, data yang berhubungan dengan tepat ditunjukkan oleh angka ....

Pembahasan Soal:

Konfigurasi elektron dapat digunakan menentukan letak unsur dalam tabel periodik. Golongan dapat ditentukan dari elektron valensi dan periode ditentukan dari nomor kulit atom. 

Berdasarkan tabel di atas, data yang berhubungan dengan tepat ditunjukkan oleh no 1 dan 3. 

  • data nomor 1 unsur P memiliki nomor atom 2. Konfigurasinya adalah 1s2. Unsur tersebut adalah unsur He yang terletak pada Golongan VIIIA dan periode 1. Pengisian diagram orbitalnya sudah sesuai dimana, orbital s diisi maksimal 2 elektron.
  • data nomor 3 unsur P memiliki nomor atom 22, sehingga jumlah elektronnya adalah 22. Konfigurasi elektron unsur P = 1s22s22p63s23p64s23d2. Unsur terletak pada golongan IVB dan periode 4. Pengisian diagram orbital sudah benar mengikuti prinsip aufbau yaitu pengisian elektron dari tingkat energi terendah hingga tertinggi yaitu 3d.
  • data nomor 2 unsur Q seharusnya memiliki golongan IIIA bukan VIA.
  • data nomor 4 tidak memenuhi kaidah hund dan jumlah nomor massanya salah
  • data nomor 5 unsur T seharusnya memiliki golongan IIB bukan VIIA .

Jadi, jawaban yang benar adalah B.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved