Roboguru

Dwi Fungsi ABRI mempunyai peran ganda dalam bidang ....

Pertanyaan

Dwi Fungsi ABRI mempunyai peran ganda dalam bidang ....

  1. Sosial dan budaya

  2. Hankam dan sosial politik

  3. Sosial dan ekonomi

  4. Ekonomi dan pendidikan

Pembahasan Soal:

Dwifungsi ABRI merupakan konsep yang dibentuk pada masa Orde Baru. Konsep tersebut adalah sebuah doktrin militer yang menyatakan bahwa tugas Angkatan Bersenjata Republik Indonesia memiliki tugas menjaga keamanan dan ketertiban negara (Militer) serta memegang kekuasaan dan mengatur negara (Sipil). Sistem Dwifungsi ABRI seringkali disebut dengan hubungan Sipil-Militer. Ranah Sipil adalah ranah yang mengurusi tidak hanya di pemerintahan umum seperti di DPR, MPR, tetapi juga di pemerintahan daerah. Dwifungsi ABRI adalah bertambahnya fungsi ABRI di masyarakat untuk ikut campur dalam kebijakan pemerintahan dan kebijakan politik. Maka pada hakikatnya, konsep ini sebenarnya sebagai bentuk pengabdian ABRI kepada bangsa secara total, baik di bidang pertahanan dan keamanan (Hankam) maupun bidang non-Hankam atau urusan sipil yakni dalam politik dan pemerintahan serta sosial. Namun, kekuasaan yang besar terhadap ABRI justru memunculkan berbagai penyimpangan atau pemusatan kekuasaan hanya pada ABRI.

Dengan demikian, Dwi Fungsi ABRI mempunyai peran ganda dalam bidang Hankam dan sosial politik.

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mar'Atus

Mahasiswa/Alumni Universitas Airlangga

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Dwifungsi ABRI memiliki peran ganda dalam bidang….

Pembahasan Soal:

Dwifungsi ABRI (Angkatan Bersenjara Republik Indonesia) dapat diartikan peran ganda ABRI dalam kedudukannya di pemerintah. Menurut Presiden Soeharto, ABRI berhak ikut menentukan haluan negara dalam pemerintahan. Kebijakan ini mengakibatkan kedudukan ABRI tidak hanya sebagai lembaga pertahanan dan keamanan. ABRI menjelma menjadi kekuatan yang memiliki peran dalam pemerintahan seperti partai politik. Kondisi demikian menjadikan ABRI memiliki dominasi dalam roda pemerintahan sehingga menimbukan kesan militeristik dalam kehidupan sosial-politik.
Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.

0

Roboguru

Pada masa Orde Baru, pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan secara aklamasi oleh ....

Pembahasan Soal:

Pada tanggal 12 Maret 1967 Jenderal Soeharto dilantik menjadi pejabat Presiden Republik Indonesia oleh Ketua MPRS Jenderal Abdul Haris Nasution. Setelah setahun menjadi pejabat presiden, Soeharto dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pada tanggal 27 Maret 1968 dalam Sidang Umum V MPRS. Melalui Tap No. XLIV/MPRS/1968, Jenderal Soeharto dikukuhkan sebagai Presiden Republik Indonesia hingga terpilih presiden oleh MPR hasil pemilu. Pengukuhan tersebut menandai berakhirnya dualisme kepemimpinan nasional dan dimulainya pemerintahan Orde Baru. Dengan demikian pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dilakukan secara aklamasi oleh MPRS

0

Roboguru

Fungsi kekuatan sosial pada dwi fungsi ABRI adalah …

Pembahasan Soal:

Pada masa Orde Baru, ABRI memiliki dua fungsi yang dikenal dengan dwi fungsi ABRI, yaitu fungsi sebagai kekuatan pertahanan dan keamanan (hankam) serta kekuatan sosial politik. Fungsi dari kekuatan sosial politik adalah ABRI berperan serta bersama-sama dengan kekuatan sosial politik lainnya untuk memikul tugas dan tanggung jawab perjuangan bangsa Indonesia. Tujuan dari fungsi ini adalah terciptanya stabilitas nasional yang kondusif dan dinamis.

Jadi, fungsi kekuatan sosial dalam dwi fungsi ABRI adalah untuk mewujudkan stabilitas nasional yang kondusif dan dinamis. space

0

Roboguru

Dwi Fungsi ABRI adalah kebijakan Soeharto bahwa ABRI memiliki peran ganda dalam bidang ....

Pembahasan Soal:

Konsep Dwifungsi ABRI dipahami sebagai jiwa, tekad, dan semangat pengabdian ABRI untuk bersama-sama memikul tugas dan tanggung jawab perjuangan bangsa Indonesia, baik di bidang pertahanan dan keamanan maupun di bidang kesejahteraan bangsa dalam rangka mencapai tujuan nasional yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Hal tersebut menyebabkan ABRI mempunyai dua fungsi, yakni fungsi di bidang militer dan fungsi di bidang politik. Salah satu implementasi fungsi ABRI di bidang politik adalah dengan ditempatkannya perwakilan ABRI dalam kursi DPR, MPR, dan DPD. Perwira yang aktif sebanyak seperlima dari jumlahnya menjadi anggota DPRD dan mereka bertanggung jawab kepada komandan militer setempat. Sedangkan yang berada di MPR atau DPR bertanggung jawab langsung kepada Panglima TNI. 

Dengan demikian, jawaban yang benar adalah D. 

0

Roboguru

Jelaskan mengenai peran ganda ABRI pada masa Orde Baru!

Pembahasan Soal:

Peran ganda ABRI pada masa Orde Baru disebut juga sebagai Dwi Fungsi ABRI, Dwifungsi adalah gagasan yang diterapkan oleh Pemerintahan Orde Baru yang menyebutkan bahwa TNI memiliki dua tugas, yaitu pertama menjaga keamanan dan ketertiban negara dan kedua memegang kekuasaan dan mengatur negara. ABRI memiliki dua tugas, yaitu pertama menjaga keamanan dan ketertiban negara dan kedua memegang kekuasaan dan mengatur negara.

 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved