Roboguru

Dua kontainer, X dan Y, diisi dengan adonan dengan...

Dua kontainer, X dan Y, diisi dengan adonan dengan berat yang sama. Kontainer Y ditambahkan ragi sedangkan kontainer X tidak.

Molekul apakah yang diproduksi ragi yang menyebabkan perbedaan ukuran antara kontainer X dan Y?

Jawaban:

Pengembangan adonan menggunakan ragi merupakan salah satu contoh dari penerapan bioteknologi konvensional. Bioteknologi kovensional adalah bioteknologi yang memanfaatkan mikroorganisme secara utuh dan menggunakan prinsip fermentasi. Fermentasi adalah suatu proses enzimatik secara anaerob yang mengubah senyawa organik kompleks menjadi senyawa organik yang lebih sederhana.

Kontainer Y memiliki ukuran yang lebih besar dari kontainer X akibat proses fermentasi yang dilakukan oleh ragi yang ditambahkan. Ragi yang umunya digunakan dalam pengembangan adonan adalah Saccharomyces cerevisiae. Pada kondisi anaerob, ragi akan melakukan proses fermentasi dengan mengubah karbohidrat yang ada pada adonan menjadi etanol dan gas karbon dioksida. Reaksi kimia yang terjadi adalah sebagai berikut:

begin mathsize 14px style C subscript 6 end style begin mathsize 14px style H subscript 12 subscript blank end stylebegin mathsize 14px style O subscript 6 end stylebegin mathsize 14px style rightwards arrow end style begin mathsize 14px style 2 C subscript 2 end stylebegin mathsize 14px style H subscript 5 end stylebegin mathsize 14px style O H end stylebegin mathsize 14px style plus space 2 space C O subscript 2 end style begin mathsize 14px style plus space ATP end style 

(Karbohidrat)   (Etanol) + (Karbon dioksida) + (Energi)

Gas karbon dioksida tersebut berperan dalam pengembangan adonan sedangkan etanol berperan dalam pembentukan aroma dan citarasa roti.

Dengan demikian, molekul yang diproduksi ragi yang menyebabkan perbedaan ukuran antara kontainer X dan Y adalah gas karbon dioksida.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved