Roboguru

Dolmen adalah....

Pertanyaan

Dolmen adalah....

Pembahasan Soal:

Dolmen merupakan sebuah meja yang terbuat dari batu dengan fungsi sebagai tempat meletakkan sesaji yang akan diberikan kepada roh-roh nenek moyang. Bentuk dari batu ini bermacam-macam ada yang besar, kecil, ataupun sedang. Semuanya bergantung kepada kebutuhan dan juga fungsi spesifik dari dolmen tersebut. Artefak ini ditinggalkan oleh kebudayaan manusia pada zaman megalithikum dan pada umumnya terbuat dari lempengan batu yang berbentuk lempengan horizontal dengan ukuran yang besar.

Tumpuan yang digunakan untuk menyangga yakni dua batuan atau lebih lempengan yang berdiri tegak. Struktur ini bermanfaat sebagai ruang untuk pemakaman ataupun situs pemujaan-pemujaan kuno seperti Dewi Kesuburan bumi, dan lain sebagainya. Dolmen bisa juga digunakan sebagai tempat pemujaan dan pengingat untuk para leluhur yang dianggap sudah pergi meninggalkan jasadnya namun masih berada di sekitaran kehidupan anggota suku. Dolmen biasanya diletakkan di tempat-tempat yang dianggap keramat atau di tempat-tempat pelaksanaan upacara yang ada hubungannya dengan pemujaan kepada roh leluhur.

Dengan demikian, dolmen adalah  artefak yang ditinggalkan oleh kebudayaan manusia pada zaman megalithikum berupa meja batu yang berfungsi sebagai tempat meletakkan sesaji kepada roh nenek moyang.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

E. Mardiana

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 02 Mei 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Fungsi menhir adalah ...

Pembahasan Soal:

Menhir secara isitilah diartikan sebagai batu tegak atau batu yang didirikan tegak yang sudah atau belum dikerjakan, dan diletakkan dengan sengaja di suatu tempat untuk tujuan sebagai batu peringatan orang yang telah mati Benda tersebut dianggap sebagai medium penghormatan, menampung kedatangan roh dan sekaligus menjadi lambang orang-orang yang diperingati.

Menhir adalah produk tradisi megalitik, tradisi yang telah muncul semenjak prasejarah yang menggunakan batu-batu besar. pendirian menhir berkaitan erat dengan unsur penghormatan dan pengagungan arwah nenek moyang, dan sering dihubungkan dengan kesakralan dan kesaktian lelu­hur. Hal ini terjadi karena manusia pendukung tradisi megalitik beranggapan bahwa nenek moyang yang telah meninggal, arwahnya dianggap ma­sih hidup terus di dunia arwah, dan bersemayam di tempat-tempat yang tinggi.

Menhir menjadi alat untuk pemujaan pada masa Batu Besar untuk berhubungan dengan nenek moyang.

Roboguru

Gambar berikut merupakan....

Pembahasan Soal:

Zaman Megalitikum biasa disebut dengan zaman batu besar.  Disebut zaman batu besar karena pada masa itu manusia menggunakan batu berukuran besar sebagai peralatan sehari-hari. Ahli arkeolog menyebutkan ciri-ciri zaman megalitikum terletak pada fosil yang ditemukan. Di mana di zaman megalithikum terdapat banyak sekali peninggalan berupa kapak batu, rumah batu, dan perlengkapan lain yang juga terbuat dari batu. Pada zaman batu ini manusia sudah mengenal kepercayaan. Walaupun masih dalam tingkat awal, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang. Kepercayaan ini muncul karena pengetahuan manusia sudah mulai meningkat. Adapun  benda-benda peninggalan zaman ini salah satunya adalah Sarkofagus. Sarkofagus atau yang pada zaman sekarang dikenal dengan peti jenazah yang bentuknya menyerupai lesung dan umumnya memiliki penutup. Pada dinding muka sarkofagus terdapat ukiran manusia dan bintang yang dipercaya memiliki kekuatan magis. Sarkofagus sering disimpan di atas tanah oleh karena itu sarkofagus sering kali diukir, dihias dan dibuat dengan teliti. Beberapa dibuat untuk dapat berdiri sendiri, sebagai bagian dari sebuah makam atau beberapa makam sementara beberapa yang lain dimaksudkan untuk disimpan di ruang bawah tanah. Di Mesir kuno, sarkofagus merupakan lapisan perlindungan bagi mumi keluarga kerajaan dan kadang-kadang dipahat dengan alabaster. Sarkofagus banyak ditemukan di Bali dan Bondowoso.
 

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah C. 
 

Roboguru

Apa yang di maksud dengan Menhir?

Pembahasan Soal:

Megalitikum berasal dari kata mega yang berarti besar, dan lithos yang berarti batu. Zaman Megalitikum biasa disebut dengan zaman batu besar,karena pada zaman ini manusia sudah dapat membuat dan meningkatkan kebudayaan yang terbuat dan batu-batu besar. Kebudayaan ini berkembang dari zaman Neolitikum sampai zaman Perunggu. Pada zaman ini manusia sudah mengenal kepercayaan. Walaupun kepercayaan mereka masih dalam tingkat awal, yaitu kepercayaan terhadap roh nenek moyang, Kepercayaan ini muncul karena pengetahuan manusia sudah mulai meningkat. Apa yang dinyatakan dalam uraian di atas, dibuktikan dengan adanya penemuan bangunan batu besar seperti kuburan batu pada zaman prasejarah, banyak ditemukan manik-manik, alat-alat perunggu dan besi. Hasil kebudayaan megalithikum biasanya tidak dikerjakan secara halus, tetapi hanya diratakan secara kasar dan terutama hanya untuk mendapatkan bentuk yang diperlukan. Adapun salah satu hasil kebudayaan pada zaman Megalitikum adalah Menhir. 

Menhir dibuat pada zaman megalitikum dimana masyarakat mulai membangun bangunan atau monument yang terbuat dari batu. Istilah Menhir diambil dari bahasa Keltik dari kata men (batu) dan hir (panjang). Menhir biasanya didirikan secara tunggal atau berkelompok sejajar di atas tanah. Diperkirakan benda prasejarah ini didirikan oleh manusia prasejarah untuk melambangkan phallus, yakni simbol kesuburan untuk bumi. Menhir batu yang serupa dengan dolmen dan cromlech, merupakan batuan dari periode megalitikum yang umum ditemukan di berbagai negara seperti Perancis, Inggris, Irlandia, Spanyol dan Italia. Batu-batu ini dinamakan juga megalith (batu besar) dikarenakan ukurannya yang besar. Mega dalam bahasa Yunani artinya besar dan lith berarti batu. Para arkeolog mempercayai bahwa situs ini digunakan untuk tujuan religius dan memiliki makna simbolis sebagai sarana penyembahan arwah nenek moyang. Menhir adalah bangunan yang berupa tugu batu yang didirikan untuk upacara menghormati roh nenek moyang, sehingga bentuk menhir ada yang berdiri tunggal dan ada yang berkelompok serta ada pula yang dibuat bersama bangunan lain yaitu seperti punden berundak-undak. Lokasi tempat ditemukannya menhir di Indonesia adalah Pasemah (Sumatera Selatan), Sulawesi Tengah dan Kalimantan.

Berdasarkan penjelasan di atas maka jawabannya adalah Menhir adalah bangunan yang berupa tugu batu yang didirikan untuk upacara menghormati roh nenek moyang, sehingga bentuk menhir ada yang berdiri tunggal dan ada yang berkelompok serta ada pula yang dibuat bersama bangunan lain yaitu seperti punden berundak-undak. Lokasi tempat ditemukannya menhir di Indonesia adalah Pasemah (Sumatera Selatan), Sulawesi Tengah dan Kalimantan.

Roboguru

Apa yang dimaksud dengan Dolmen?

Pembahasan Soal:

Manusia Praaksara pada Zaman Megalitikum meninggalkan berbagai benda peninggalan, salah satunya adalah dolmen. Dolmen yaitu meja yang terbuat dari batu, diperkirakan digunakan oleh manusia praaksara sebagai tempat menyimpan sesaji untuk sesembahan. Dolmen biasanya diletakkan di tempat-tempat pelaksanaan upacara yang ada hubungannya dengan pemujaan kepada roh leluhur. Sisa-sisa juga ditemukan di wilayah Besuki di Jawa Timur dan dikenal dengan Pandhusa.

Dengan demikian, dolmen adalah meja batu yang digunakan sebagai tempat menyimpan sesaji untuk sesembahan.

Roboguru

Sarkofagus merupakan peninggalan zaman batu yang berfungsi untuk …

Pembahasan Soal:

Sarkofagus merupakan peralatan batu zaman megalitikum yang berfungsi untuk meletakkan mayat. Beberapa daerah di Indonesia dimana dapat ditemukan sarkofagus adalah Tapanuli, Sumba, Minahasa (dikenal sebagai waruga), serta di Jawa. 

Jadi, jawaban yang tepat adalah C.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved