Roboguru

Disajikan data beberapa fraksi minyak bumi sebagai berikut.    Fraksi Titik didih (∘C)  K 200-250 L 35-100 M >500 N 170-250 Tentukan: a. fraksi yang mudah menguap b. fraksi yang paling kental, dan c. fraksi yang mengandung senyawa hidrokarbon dengan rantai terpanjang

Pertanyaan

Disajikan data beberapa fraksi minyak bumi sebagai berikut. 
 

Fraksi Titik didih (C) 
K 200-250
L 35-100
M >500
N 170-250


Tentukan:

a. fraksi yang mudah menguap
b. fraksi yang paling kental, dan
c. fraksi yang mengandung senyawa hidrokarbon dengan rantai terpanjang 

 

Pembahasan Soal:

Minyak bumi adalah cairan kental, berwarna coklat pekat/gelap, atau kehijauan yang mudah terbakar, yang berada di lapisan atas dari beberapa area di kerak bumi. Minyak bumi terdiri dari campuran kompleks dari berbagai hidrokarbon, sebagian besar seri alkana, tetapi bervariasi dalam penampilan, komposisi, dan kemurniannya. 

Minyak bumi  dapat dipisahkan menjadi komponen-komponen pernyusunnya menurut perbedaan titk didihnya yang disebut proses kilang. Tahap pertama ialah suatu distilasi bertingkat yang akan menghasilkan fraksi-fraksi minyak bumi. Fraksi yang memiliki titik didih rendah adalah fraksi yang mudah menguap. Semakin tinggi titik didih nya maka semakin sulit untuk menguap. Titik didih yang tinggi disebabkan oleh semakin panjangnya rantai karbon. Berdasarkan data di atas: 

a. fraksi yang mudah menguap adalah L
b. fraksi yang paling kental adalah K
c. fraksi yang mengandung senyawa hidrokarbon dengan rantai terpanjangadalah M.

Jadi, jawaban yang benar adalah sesuai uraian di atas.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

F. Krisna

Mahasiswa/Alumni Institut Pertanian Bogor

Terakhir diupdate 30 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Apa yang dimaksud dengan minyak mentah? Fraksi-fraksi apa saja yang dapat diperoleh dari penyulingan minyak mentah?

Pembahasan Soal:

Senyawa utama penyusun minyak bumi adalah senyawa hidrokarbon. Hidrokarbon merupakan senyawa yang hanya tersusun dari atom hidrogen dan karbon.space

a. Minyak mentah atau crude oil adalah senyawa hidrokarbon dan non-hidrokarbon yang terdapat di dalam bumi. Minyak bumi berwarna coklat kehitaman sampai hitam, dalam bentuk cair dan terdapat gas-gas yang terlarut di dalamnya.space

b. Pengolahan minyak bumi tahap pertama dilakukan dengan distilasi (penyulingan) bertingkat, yaitu proses distilasi yang berulang, sehingga didapatkan berbagai macam hasil berdasarkan perbedaan titik didihnya. Hasil pada proses distilasi bertingkat ini meliputi:space

  1. Fraksi pertama menghasilkan gas yang pada akhirnya dicairkan kembali dan dikenal dengan nama elpiji atau LPG (Liquefied Petroleum Gas). LPG digunakan untuk bahan bakar kompor gas dan mobil BBG, atau diolah lebih lanjut menjadi bahan kimia lainnya.
  2. Fraksi kedua disebut nafta (gas bumi). Nafta tidak dapat langsung digunakan, tetapi diolah lebih lanjut pada tahap kedua menjadi bensin (premium) atau bahan petrokimia yang lain. Nafta sering disebut juga sebagai bensin berat.
  3. Fraksi ketiga atau fraksi tengah, selanjutnya dibuat menjadi kerosin (minyak tanah) dan avtur (bahan bakar pesawat jet).
  4. Fraksi keempat sering disebut solar yang digunakan sebagai bahan bakar mesin diesel.
  5. Fraksi kelima atau disebut juga residu yang berisi hidrokarbon rantai panjang dan dapat diolah lebih lanjut pada tahap kedua menjadi berbagai senyawa karbon lainnya, dan sisanya sebagai aspal dan lilin.

Gambar proses penyulingan minyak bumi serta fraksi-fraksi yang dihasilkan adalah sebagai berikut.space


 

 

Dengan demikian, minyak mentah atau crude oil adalah senyawaan hidrokarbon dan non-hidrokarbon yang terdapat di dalam bumi dan fraksi dari penyulingan minyak mentah terdapat 5 fraksi.

Jadi, minyak mentah atau crude oil adalah senyawaan hidrokarbon dan non-hidrokarbon yang terdapat di dalam bumi dan fraksi yang dapat diperoleh dari penyulingan minyak mentah antara lain fraksi gas, fraksi nafta, fraksi tengah, fraksi solar dan fraksi residu.space

0

Roboguru

Perhatikan beberapa fraksi minyak bumi berikut! 1)  Gasolin 2)  Minyak gosok  3)  Minyak tanah 4)  Aspal 5)  Oli Fraksi minyak bumi yang diperoleh dari pengolahan residu ditunjukkan oleh angka ......

Pembahasan Soal:

Residu terkandung di dalam minyak bumi sebanyak 40 – 50%. Residu dapat digunakan untuk membuat minyak gosok (gemuk) dan lilin. Keduanya mempunyai kandungan jumlah atom begin mathsize 14px style C subscript 26 bond C subscript 28 end style. Untuk memperoleh minyak gosok dan lilin dari residu, hidrokarbon dalam residu harus didistilasi atau disuling. Proses distilasi di ruang hampa udara meninggalkan padatan yang tidak mudah menguap. Padatan ini disebut aspal.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.undefined 

0

Roboguru

Di antara fraksi minyak bumi berikut yang mempunyai titik didih paling rendah adalah ....

Pembahasan Soal:

Fraksi minyak bumi yang mempunyai titik didih paling rendah memiliki rantai atom karbon paling pendek.undefined 


undefined 


Jadi, jawaban yang tepat adalah E.undefined 

0

Roboguru

Fraksi minyak bumi yang dimanfaatkan sebagai bahan bakar mesin diesel mempunyai kisaran titik didih pada suhu ....

Pembahasan Soal:

Hubungan fraksi minyak bumi dengan titik didih dan kegunaannya yaitu:

Bahan bakar mesin diesel mempunyai kisaran titik didih antara 200-250 oC.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space 

0

Roboguru

Perhatikan gambar berikut! Sumber: Tri, Wulandari Erna,dkk. 2020. Kimia Untuk SMA/MA Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu  Alam. Fraksi minyak bumi yang dimanfaatkan dalam proses tersebut mempunya...

Pembahasan Soal:

Proses penyulingan minyak bumi menghasilkan fraksi-fraksi minyak bumi berupa gas alam, petroleum eter, bensin, nafta, kerasin, solar, minyak pelumas, dan residu (aspal).

Gambar di atas menunjukkan proses membatik. Fraksi minyak bumi yang digunakan dalam membatik adalah parafin. Parafin dihasilkan dari proses pengolahan minyak mentah pada suhu sekitar 350C dan tersusun dari hidrokarbon yang mempunyai atom C>20.

Dengan demikian, fraksi minyak bumi yang dimanfaatkan dalam proses membatik mempunyai titik didih 350C dan jumlah atom karbon C>20 (lebih dari 20).

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved