Roboguru

Dimanakah tempat lahir nya Soekarno-Hatta?

Pertanyaan

Dimanakah tempat lahir nya Soekarno-Hatta?

Pembahasan Soal:

Soekarno dan Mohammad Hatta merupakan presiden dan wakil presiden pertama Republik Indonesia, sekaligus merupakan tokoh yang memproklamasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Berikut ini merupakan profil singkat dari Soekarno dan Mohammad Hatta.

  1. Soekarno : dilahirkan pada 6 Juni 1901 di Surabaya, merupakan anak kedua dari Raden Soekemi Sosrodihardjo dan Ida Ayu Nyoman Rai. Sukarno mengawali perjuangannya sebagai anggota organisasi kepemudaan Jong Java di usia 14 tahun ketika dirinya sekolah di Hogere Burger School (HBS) Surabaya. Selama HBS, Sukarno tinggal di rumah Cokroaminoto, seorang tokoh di Sarekat Islam. ia kuliah teknik sipil Technische Hoogeschool  (sekarang ITB) di Bandung ITB Bandung. Di Bandung, Sukarno mendirikan Algemeene Studie Club (ASC), sebuah kelompok studi intelektual, pada sekitar 1926. Selang setahun Sukarno mendirikan Partai Nasional Indonesia (PNI). Di masa pendudukan Jepang, Sejumlah tokoh pergerakan Indonesia, termasuk Soekarno, diwadahi dalam Pusat Tenaga Rakyat (Putera) dan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). Di sidang BPUPKI pertama itulah pada 1 Juni 1945, Sukarno melahirkan gagasan konsep tentang dasar negara. Sukarno menamainya Pancasila. Belakangan gagasan inilah yang dipakai menjadi dasar negara Indonesia. Pada 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur 56 Jakarta, akhirnya, Sukarno-Hatta, atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan Indonesia. 
  2. Mohammad Hatta : Lahir di Bukittinggi, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat, Indonesia, 11 Agustus 1902. Hatta mengenyam pendidikan tinggi di Rotterdam, Belanda (1925-1931).  Selama kuliah, Hatta aktif di Perhimpunan Indonesia. Di mana Hatta nyaris dipenjara karena kegiatan politiknya. Sebelum dibebaskan, Hatta membacakan pleidoinya, Indonesia Merdeka. Pada 1932, Hatta mendirikan PNI Baru bersama Sjahrir. Hatta termasuk dalam Empat Serangkai pimpinan Poesat Tenaga Ra'jat (Poetera). Hatta juga turut serta Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) dan Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI). Hatta ikut merumuskan teks Proklamasi setelah Jepang kalah. Setelah Republik Indonesia berdiri, Hatta menjadi Wakil Presiden. Sempat juga dia merangkap Perdana Menteri dari tahun 1948 hingga 1950. 

Dengan demikian, Soekarno lahir di Surabaya 5 Juni 1901 dan Mohammad Hatta lahir di Bukittinggi pada tanggal 11 Agustus 1902.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 18 Mei 2021

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved