Iklan

Iklan

Pertanyaan

Diketahui persamaan reaksi: MnO 2 ​ ( s ) + HCl ( aq ) → MnCl 2 ​ ( aq ) + H 2 ​ O ( l ) + Cl 2 ​ ( g ) Setelah disetarakan, maka koefisien dari asam klorida adalah . . . .

Diketahui persamaan reaksi:



Setelah disetarakan, maka koefisien dari asam klorida adalah . . . .space 

  1. 1

  2. 2

  3. 3

  4. 4

  5. 5

Iklan

I. Solichah

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang benar adalah D.

jawaban yang benar adalah D.space

Iklan

Pembahasan

Suatu reaksi dikatakan setara apabila jumlah atom di ruas kiri dan kanan sama. Penyetaraan reaksi dapat dilakukan dengan cara menuliskan koefisien di depan senyawa. Pada reaksi berikut: Dimisalkan koefisien salah satu senyawa yang sedikit rumit adalah 1, misal : . TIPS! Setarakan jumlah atom O paling akhir. Mn : jumlah atom Mn di ruas kiri dan kanan sudah sama Cl : di ruas kanan terdapat 4 buah atom Cl, sedangkan di ruas kiri terdapat 1 atom Cl. Oleh karena itu dituliskan koefisien 4 di depan HCl menjadi 4 HCl. H : di ruas kiri terdapat 4 atom H sedangkan di ruas kanan 2 atom H. Oleh karena itu dituliskan koefisien 2 di depan menjadi . O : atom O di ruas kiri dan kanan sudah sama Reaksi setaranya adalah: Dengan demikian, setelah disetarakankoefisien dari asam klorida adalah 4. Jadi, jawaban yang benar adalah D.

Suatu reaksi dikatakan setara apabila jumlah atom di ruas kiri dan kanan sama. Penyetaraan reaksi dapat dilakukan dengan cara menuliskan koefisien di depan senyawa.

Pada reaksi berikut:

Mn O subscript 2 open parentheses s close parentheses space plus space H Cl open parentheses aq close parentheses space rightwards arrow space Mn Cl subscript 2 open parentheses aq close parentheses space plus space H subscript 2 O open parentheses l close parentheses space plus space Cl subscript 2 open parentheses g close parentheses

Dimisalkan koefisien salah satu senyawa yang sedikit rumit adalah 1, misal : Mn Cl subscript 2.

TIPS! Setarakan jumlah atom O paling akhir.

  • Mn : jumlah atom Mn di ruas kiri dan kanan sudah sama
  • Cl : di ruas kanan terdapat 4 buah atom Cl, sedangkan di ruas kiri terdapat 1 atom Cl. Oleh karena itu dituliskan koefisien 4 di depan HCl menjadi 4 HCl.
  • H : di ruas kiri terdapat 4 atom H sedangkan di ruas kanan 2 atom H. Oleh karena itu dituliskan koefisien 2 di depan H subscript 2 O menjadi 2 space H subscript 2 O.
  • O : atom O di ruas kiri dan kanan sudah sama

Reaksi setaranya adalah:

Mn O subscript 2 open parentheses s close parentheses space plus space 4 H Cl open parentheses aq close parentheses space rightwards arrow space Mn Cl subscript 2 open parentheses aq close parentheses space plus space 2 H subscript 2 O open parentheses l close parentheses space plus space Cl subscript 2 open parentheses g close parentheses

Dengan demikian, setelah disetarakan koefisien dari asam klorida adalah 4.

Jadi, jawaban yang benar adalah D.space

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Diketahui reaksi: Fe 2 ​ O 3 ​ ( s ) + CO ( g ) → Fe ( s ) + CO 2 ​ ( g ) setelah disetarakan harga a, b, c, d berturut-turut adalah ...

15

5.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia