Pertanyaan

Diketahui data sebagai berikut : Reaksi antara logam seng dan HCl yang paling lambat adalah reaksi pada nomor....

Diketahui data sebagai berikut :

Reaksi antara logam seng dan  yang paling lambat adalah reaksi pada nomor....

  1. 1undefined

  2. 2undefined

  3. 3undefined

  4. 4undefined

  5. 5undefined

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

jawaban yang tepat adalah A.

jawaban yang tepat adalah A.space

Pembahasan

Pembahasan

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, diantaranya : Konsentrasi : semakin tinggi konsentrasi zat, maka semakin banyak molekul dalam tiap satuan. Ini berakibat tumbukan antarmolekul intensitasnya makin sering terjadi dan reaksinya berlangsung semakin cepat. Luas Permukaan Sentuh : semakin luas permukaan partikelnya, maka frekuensi tumbukan bisa jadi semakin tinggi, sehingga reaksi berlangsung cepat.Contoh : serbuk lebih cepat bereaksi daripada lempengan/ padatan/ pita. Suhu : pada reaksi kimia umumnya lebih cepat jika dilangsungkan pada suhu yang lebih tinggi. Jika suhunya rendah, maka reaksi kimia akan lebih lambat terjadi. Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa reaksi antara logam seng dan yang paling lambat adalah reaksi pada nomor 1. HCl pada reaksi 1 memiliki konsentrasi yang rendah yaitu 0,5 M dan luas permukaan logam dalam bentuk keping memiliki luas permukaan yang kecil, sehingga laju reaksinya palinglambat dari lainnya. Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

Faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi, diantaranya :

  1. Konsentrasi : semakin tinggi konsentrasi zat, maka semakin banyak molekul dalam tiap satuan. Ini berakibat tumbukan antarmolekul intensitasnya makin sering terjadi dan reaksinya berlangsung semakin cepat.
  2. Luas Permukaan Sentuh : semakin luas permukaan partikelnya, maka frekuensi tumbukan bisa jadi semakin tinggi, sehingga reaksi berlangsung cepat. Contoh : serbuk lebih cepat bereaksi daripada lempengan/ padatan/ pita.
  3. Suhu : pada reaksi kimia umumnya lebih cepat jika dilangsungkan pada suhu yang lebih tinggi. Jika suhunya rendah, maka reaksi kimia akan lebih lambat terjadi. 

Berdasarkan penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa reaksi antara logam seng dan begin mathsize 14px style H Cl end style yang paling lambat adalah reaksi pada nomor 1. HCl pada reaksi 1 memiliki konsentrasi yang rendah yaitu 0,5 M dan luas permukaan logam dalam bentuk keping memiliki luas permukaan yang kecil, sehingga laju reaksinya paling lambat dari lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.space

173

Iklan

Pertanyaan serupa

Faktor berikut yang tidak memengaruhi kecepatan reaksi adalah ....

62

0.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia