Roboguru

Dibanding asam halida yang lain, senyawa HF memiliki titik didih yang paling tinggi. Hal ini disebabkan karena pada senyawa HF terdapat .

Pertanyaan

Dibanding asam halida yang lain, senyawa HF memiliki titik didih yang paling tinggi. Hal ini disebabkan karena pada senyawa HF terdapat horizontal ellipsis.

Pembahasan Soal:

Pada HF, atom H yang relatif sangat bermuatan positif akan saling tarik menarik dengan atom F yang sangat elektronegatif dari molekul yang berbeda, sehingga terbentuklah ikatan hidrogen. Setiap satu molekul HF bisa membentuk dua ikatan hidrogen, yaitu satu ikatan melalui atom H, dan satu ikatan melalui atom F. Ikatan hidrogen yang terbentuk antarmolekul HF menyebabkan memiliki titik didih paling tinggi dibandingkan HCl, HBr dan HI.space 

Dengan demikian, maka jawaban yang tepat adalah ikatan hidrogen.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Budi

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Yang bukan merupakan ikatan hidrogen pada senyawa-senyawa berikut adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen adalah ikatan antarmolekul dalam senyawa hidrogen yang disebabkan oleh gaya tarik menarik antaratom hidrogen dari suatu molekul dengan atom lain yang sangat elektronegatif (misalnya F, O, N) dari molekul yang lai. Berdasarkan pilihan jawaban diatas yang bukan merupakan ikatan hidrogen adalah begin mathsize 14px style C subscript 2 H subscript 6 end style. karena pada senyawa ini atom hidrogen berikatan dengan atom karbon yang memiliki nilai keelektronegatifannya sama/hampir sama. Selain itu atom karbon tidak tergolong dalam atom yang sangan elektronegatif (F, N, O).

Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.

Roboguru

Diketahui kelompok senyawa berikut.   Kelompok senyawa yang memiliki ikatan hidrogen adalah ....

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen adalah gaya tarik-menarik antara atom hidrogen yang terikat pada suatu atom berkeelektronegatifan besar dari molekul lain di sekitarnya. lkatan hidrogen terdapat dalam senyawa-senyawa yang mengandung ikatan F–H, O–H, dan ikatan N–H. Misalnya dalam H F comma space H subscript 2 O, dan N H subscript 3.

Oleh karena itu, kelompok senyawa yang memiliki ikatan hidrogen adalah (1), (4), dan (5).

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

Roboguru

Perhatikan grafik titik didih senyawa-senyawa hidrida golongan IVA, VA, dan VIA berikut! Senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen antar molekulnya adalah nomor ….

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen menyebabkan titik didih dari senyawa lebih tinggi dari senyawa-senyawa sejenis dari unsur-unsur pada golongan yang sama. Ikatan hidrogen ini terjadi ketika atom hidrogen berikatan secara elektrostatis (tidak langsung) dengan unsur-unsur yang elektronegatif yaitu N,O dan F di lain molekul. Jika dilihat, maka senyawa 3 merupakan hidrida dari golongan VA yang memiliki titik didih paling tinggi, karena hidrogen mengikat unsur golongan VA yang memiliki elektronegatifitas tertinggi dibanding unsur segolongan. Begitu juga senyawa 1, merupakan senyawa hidrida yang mengikat unsur paling negatif dari unsur golongan VIA sehingga memiliki titik didih tinggi karena berikatan hidrogen.

Roboguru

Perhatikan grafik titik didih beberapa senyawa hidrida golongan IVA, VA, dan VIA berikut ini! Senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen antarmolekulnya adalah nomor ....

Pembahasan Soal:

Ikatan hidrogen merupakan ikatan kuat yang terjadi antara atom yang sangat elektronegatif (F, O, N) dengan atom H yang berlainan molekul. Senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen menyebabkan titik didihnya lebih tinggi daripada senyawa segolongannya. Jadi, senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen antar molekulnya adalah nomor 1 dan 2.

Roboguru

Perhatikan grafik titik didih beberapa senyawa hidrida golongan IVA, VA, dan VIA berikut ini! Senyawa yang mempunyai ikatan hidrogen antar molekulnya adalah nomor...

Pembahasan Soal:

Senyawa yang memiliki ikatan hidrogen adalah senyawa yang memiliki titik didih paling tinggi dalam grafik, hal ini karena ikatan hidrogen merupakan ikatan yang terjadi antara atom H dengan atom F, O, N (memiliki keelektronegatifan yang besar) sehingga elektron dari atom H tertarik ke atom-atom F, O, N yang menyebabkan atom H dapat berikatan dengan senyawa lain. Ikatan tersebut sangat kuat dan sulit dilepaskan yang menyebabkan titik didihnya menjadi tinggi.

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved