RoboguruRoboguru
SD

Diagram berikut menunjukkan suatu keping bimetal yang dibengkokkan menjadi suatu spiral. Logam A memiliki koefisien muai panjang lebih besar daripada logam B. Uraikan dan jelaskan yang terjadi ketika keping spiral dipanaskan.

Pertanyaan

Diagram berikut menunjukkan suatu keping bimetal yang dibengkokkan menjadi suatu spiral.

Logam A memiliki koefisien muai panjang lebih besar daripada logam B. Uraikan dan jelaskan yang terjadi ketika keping spiral dipanaskan.space 

N. Puspita

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

keping bimetal spiral setelah dipanaskan akan bertambah panjang pada kedua ujungnya dengan lengkungan yang mengikuti arah lengkungan awal.

Pembahasan

Pemuaian yang terjadi pada zat padat dipengaruhi oleh besarnya koefisien muai panjang zat padat tersebut. Semakin besar koefisien muainya maka semakin besar juga perubahan panjang yang terjadi.

Dalam kasus ini, karena koefisien muai logam A lebih besar daripada logam B, maka saat keping bimetal dipanaskan logam A akan mengalami penambahan panjang yang lebih besar daripada logam B, sehingga pada kedua ujung keping bimetal akan bertambah panjang dan melengkung ke arah logam B yang koefisien muainya lebih kecil. Bentuk keping bimetal spiral setelah dipanaskan dapat digambarkan sebagai berikut.space 

Dengan demikian, keping bimetal spiral setelah dipanaskan akan bertambah panjang pada kedua ujungnya dengan lengkungan yang mengikuti arah lengkungan awal.

34

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Soal berikut merupakan soal menjodohkan!

68

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia