Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industri, pemukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal itu adalah....

Di wilayah perkotaan terdapat penggunaan lahan secara khusus seperti pusat perdagangan, kawasan industri, pemukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Konsep geografi yang berkaitan dengan hal itu adalah....

  1. konsep pola

  2. konsep morfologi

  3. konsep aglomerasi

  4. konsep lokasi

  5. konsep jarak

Iklan

D. Junior

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Semarang

Jawaban terverifikasi

Jawaban

pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah k onsep aglomerasi , ilustrasi pada soal menjelaskan pengelempokan suatu wilayah yang berbeda-beda, seperti kawasan industri, permukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C.

pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah konsep aglomerasi, ilustrasi pada soal menjelaskan pengelempokan suatu wilayah yang berbeda-beda, seperti kawasan industri, permukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C.

Iklan

Pembahasan

Ada 10 konsep geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut: Konsep lokasi , adalah konsep yang membahas mengenai suatu lokasi yang ada di permukaan bumi. Contoh : Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 terjadi di Nangroe Aceh Darusalam. Konsep morfologi , adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contoh : Bogor adalah daerah dataran tinggi. Konsep aglomerasi , adalah konsep yang membahas mengenai pengelompokan suatu kawasan yang ada di permukaan bumi. Contohnya : Kawasan Industri Pulogadung memiliki beberapa industri yang bergerak di bidang konveksi. Konsep pola , adalah konsep yang membahas mengenai suatu pola keruangan suatu wilayah. Contoh : Jakarta dengaan segala fasilitasnya, pola persebaran penduduknya menjadi memusat disuatu tempat. Konsep jarak , adalah konsep yang membahas mengenai jarak suatu wilayah, dari wilayah A ke wilayah B. Contoh : Pak Edy berangkat ke Jakarta dengan menggunakan mobil dari Bandung yang berjarak 100 km. Oleh karena itu pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah k onsep aglomerasi , ilustrasi pada soal menjelaskan pengelempokan suatu wilayah yang berbeda-beda, seperti kawasan industri, permukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C.

Ada 10 konsep geografi yang harus kita ketahui, namun dalam jawaban soal hanya ada lima. Berikut pembahasan masing-masing dari kelima konsep tersebut:

  1. Konsep lokasi, adalah konsep yang membahas mengenai suatu lokasi yang ada di permukaan bumi. Contoh : Tsunami yang terjadi pada tahun 2004 terjadi di Nangroe Aceh Darusalam.
  2. Konsep morfologi, adalah konsep yang membahas mengenai keadaan fisik suatu wilayah baik ketinggian, ataupun bentang alam yang terlihat. Contoh : Bogor adalah daerah dataran tinggi.
  3. Konsep aglomerasi, adalah konsep yang membahas mengenai pengelompokan suatu kawasan yang ada di permukaan bumi. Contohnya : Kawasan Industri Pulogadung memiliki beberapa industri yang bergerak di bidang konveksi.
  4. Konsep pola, adalah konsep yang membahas mengenai suatu pola keruangan suatu wilayah. Contoh : Jakarta dengaan segala fasilitasnya, pola persebaran penduduknya menjadi memusat disuatu tempat.
  5. Konsep jarak, adalah konsep yang membahas mengenai jarak suatu wilayah, dari wilayah A ke wilayah B. Contoh : Pak Edy berangkat ke Jakarta dengan menggunakan mobil dari Bandung yang berjarak 100 km.

Oleh karena itu pada nomor 1 jawaban yang tepat adalah konsep aglomerasi, ilustrasi pada soal menjelaskan pengelempokan suatu wilayah yang berbeda-beda, seperti kawasan industri, permukiman kelas elit, kawasan kumuh, dan kawasan hijau. Jawaban yang tepat adalah pilihan jawaban C.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

7

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Perhatikan contoh-contoh gejala di bawah ini! Banyak kompleks perumahan khusus pegawai negeri di wilayah suburban. Perjalanan antara perumahan elit dengan rumah sakit bisa ditempuh hanya dala...

4

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia