Roboguru

Di Negara berkembang, laju pertumbuhan penduduk lebih besar daripada laju pertumbuhan lapangan kerja ssehingga tingkat peengangguran lebih tinggi. Keadaan tersebut bisa diatasi dengan cara ...

Pertanyaan

Di Negara berkembang, laju pertumbuhan penduduk lebih besar daripada laju pertumbuhan lapangan kerja ssehingga tingkat peengangguran lebih tinggi. Keadaan tersebut bisa diatasi dengan cara ...

  1. perluasaan lapangan kerja

  2. peningkatan mobilitas modal

  3. perluasan industri padat karya

     

  4. mendirikan industri padat karya

     

  5. mengadakan pelatihan tenaga kerja

Pembahasan Soal:

Jika jumlah pertumbuhan angkatan kerja lebih tinggi dari pertumbuhan lapangan kerja yang disebabkan oleh tingginya pertumbuhan penduduk maka jumlah pengangguran akan meningkat. Salah satu cara mengatasi pengangguran yang banyak adalah dengan cara membuka proyek atau pabrik yang membutuhkan banyak tenaga kerja atau disebut juga dengan istilah padat kerja, sehingga banyak pengangguran yang dapat diperkerjakan di proyek tersebut.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

L. Limadua

Terakhir diupdate 17 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Berikut ini yang bukan masalah ketenagakerjaan di Indonesia adalah ….

Pembahasan Soal:

Berikut beberapa masalah ketenagakerjaan yang sering muncul di Indonesia:

  • Tingkat pengangguran yang tinggi
  • Jumlah angkatan kerja yang tinggi
  • Tingkat pendidikan dan keterampilan yang rendah
  • Penyebaran angkatan kerja yang tidak merata
  • Perlindungan kesejahteraan tenaga kerja

Yang bukan merupakan masalah ketenagakerjaan di Indonesia yaitu animo bekerja bagi penduduk tinggi.

Oleh karena itu, jawaban yang tepat adalah E. space space 

0

Roboguru

Sebutkan masalah-masalah ketenagakerjaan di Indonesia!

Pembahasan Soal:

Masalah-masalah ketenagakerjaan di Indonesia antara lain:

  1. Rendahnya kualitas tenaga kerja
    Kualitas tenaga kerja dapat ditentukan berdasarkan tingkat pendidikannya. Sebagian besar tenaga kerja Indonesia tingkat pendidikannya masih rendah, sehingga penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi juga rendah, akibatnya produktivitas tenaga kerja juga rendah yang berpengaruh terhadap kualitas produksi barang dan jasa.

  2. Jumlah angkatan kerja yang tidak seimbang dengan kesempatan kerja
    Meningkatnya jumlah angkatan kerja yang tidak diimbangi oleh perluasan lapangan kerja akan membawa beban tersendiri bagi perekonomian. Angkatan kerja yang tidak tertampung dalam lapangan kerja akan menyebabkan pengangguran. Padahal diharapkan, dengan semakinbanyaknya jumlah angkatan kerja bisa menjadi pendorong pembangunan ekonomi.

  3. Persebaran tenaga kerja yang tidak merata
    Sebagian besar tenaga kerja di Indonesia berada di Pulau Jawa. Sementara di daerah lain masih kekurangan tenaga kerja, terutama untuk sektor pertanian, perkebunan, dan kehutanan. Ini menyebabkan di Pulau Jawa banyak terjadi pengangguran, sementara di daerah lain masih banyak sumber daya alam yang belum dikelola secara maksimal.

  4. Pengangguran
    Terjadinya krisis ekonomi di Indonesia banyak mengakibatkan industri di Indonesia mengalami gulung tikar. Akibatnya, banyak pula tenaga kerja yang berhenti bekerja. Selain itu, banyaknya perusahaan yang gulung tikar mengakibatkan semakin sempitnya lapangan kerja yang ada. Di sisi lain jumlah angkatan kerja terus meningkat. Dengan demikian, pengangguran akan semakin banyak.

1

Roboguru

Masalah ketenagakerjaan diantaranya ...

Pembahasan Soal:

Masalah ketenagakerjaan di Indonesia sangat kompleks karena jumlah angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja, mutu angkatan kerja yang rendah, persebaran angkatan kerja tidak merata, dan upah tenaga kerja yang rendah. Berikut ini beberapa permasalahan ketenagakerjaan yang terjadi:

  1. Jumlah angkatan kerja tidak seimbang dengan kesempatan kerja. Laju pertumbuhan penduduk tidak diikuti oleh pertumbuhan kesempatan kerja sehingga terjadi ketidakseimbangan jumlah angkatan kerja dengan kesempatan kerja.
  2. Mutu angkatan kerja yang rendah. Sebagian besar angkatan kerja Indonesia belum memiliki pengalaman kerja dan keahlian.
  3. Persebaran angkatan kerja tidak merata. Pembangunan yang tidak merata di setiap daerah menjadi penyebab tidak meratanya persebaran angkatan kerja di Indonesia.
  4. Upah tenaga kerja yang rendah. Upah rendah umumnya terjadi pada sektor-sektor pertanian, industri kecil, dan sektor-sektor informal lainnya. space space space space 

0

Roboguru

Banyak lulusan dari perguruan tinggi, akan menambah penawaran tenaga kerja. Ketidakseimbangan antara penawaran tenaga kerja dan permintaan tenaga kerja akan menimbulkan banyak pengangguran, dampaknya ...

Pembahasan Soal:

Pada kondisi berdasarkan soal tersebut, terjadi ketidakseimbangan antara pemberi kerja dengan permintaan pekerjaan, sehingga menimbulkan banyaknya pengangguran. Padahal, banyak dari mereka yang merupakan lulusan perguruan tinggi yang tentunya memiliki keahlian dalam bekerja. Sehingga, salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberi pelatihan tentang kewirausahaan untuk mendapatkan keahlian dalam berwirausaha sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan sendiri. Dengan begitu, jumlah pengangguran akan berkurang.

0

Roboguru

Masalah pengangguran merupakan masalah serius yang dihadapi oleh pemerintah. Pengangguran terjadi karena adanya ketidakseimbangan antara pencari kerja dan lowongan kerja yang tersedia. Cara pemerintah...

Pembahasan Soal:

Pengangguran adalah kondisi saat seseorang tidak memiliki pekerjaan sehingga tidak memiliki penghasilan. Salah satu pihak yang bertanggung jawab untuk mengatasi pengangguran adalah pemerintah. Untuk mengatasi masalah pengangguran, pemerintah dapat melakukan berbagai cara antara lain:

  • Memberikan informasi mengenai lapangan pekerjaan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat melamar pekerjaan.
  • Memberikan pelatihan dan keterampilan kepada masyarakat sehingga masyarakat dapat membuka lapangan pekerjaan minimal untuk dirinya sendiri.
  • Bekerjasama dengan perusahaan untuk melakukan perekrutan tenaga kerja dan membuka lapangan pekerjaan.
  • Membuka lapangan pekerjaan di perusahaan milik pemerintah yang dapat dilamar oleh masyarakat.

Dengan demikian, cara pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran adalah memberikan informasi yang cepat mengenai lapangan kerja karena informasi ini dapat membantu masyarakat yang kesulitan melamar pekerjaan.

Jadi, jawaban yang tepat adalah pilihan B. space

1

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved