Iklan

Iklan

Pertanyaan

Suatu ketika raja di Kerajaan Soma Kencana bingung dengan ulah si burung. Burung itu suka merusak tanaman istana. Akhirnya, sang raja membuat pengumuman, siapa yang berhasil menangkap burung itu, akan diberi jabatan di istana. Akhirnya, seekor tikus berhasil menangkap burung itu dengan cepat.undefined 

Di manakah latar cerita tersebut?

Di manakah latar cerita tersebut? 

Iklan

N. Juliana

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Jawaban

latar yang digunakan dalam cerita di atas adalah lataristana kerajaan.

latar yang digunakan dalam cerita di atas adalah latar istana kerajaan.undefined 

Iklan

Pembahasan

Fabel merupakan karya sastra berupa ceritayangdiperankan oleh binatangdenganwatak dan perilakunya seperti manusia. Agar isi fabel dapat dipahami dengan baik, terdapat unsur-unsur pembangun fabel. Unsur tersebut terdiri atas unsur intrinsik, yaitu unsur yang berada di dalam cerita; serta unsur ekstrinsik, yaitu unsur di luar cerita yang memengaruhi isi cerita. Latar merupakan salah satu unsur intrinsik dalam fabel. Latar adalah unsur keterangan mengenai waktu, ruang (tempat), dan suasana lakuan yang terjadi dalam suatu karya sastra. Berdasarkan kutipan cerita di atas, latar yang tergambar adalah latar tempat. Dalam cerita tersebut, latar tempat dapat diketahui melalui kalimat kedua cerita, yaitu " Burung itu suka merusak tanaman istana. " Oleh karena burung yang suka merusak tanaman istana, raja memutuskan untuk melakukan sayembara guna menangkap burung tersebut. Dengan demikian, latar yang digunakan dalam cerita di atas adalah lataristana kerajaan.

Fabel merupakan karya sastra berupa cerita yang diperankan oleh binatang dengan watak dan perilakunya seperti manusia. Agar isi fabel dapat dipahami dengan baik, terdapat unsur-unsur pembangun fabel. Unsur tersebut terdiri atas unsur intrinsik, yaitu unsur yang berada di dalam cerita; serta unsur ekstrinsik, yaitu unsur di luar cerita yang memengaruhi isi cerita. Latar merupakan salah satu unsur intrinsik dalam fabel. Latar adalah unsur keterangan mengenai waktu, ruang (tempat), dan suasana lakuan yang terjadi dalam suatu karya sastra.

Berdasarkan kutipan cerita di atas, latar yang tergambar adalah latar tempat. Dalam cerita tersebut, latar tempat dapat diketahui melalui kalimat kedua cerita, yaitu "Burung itu suka merusak tanaman istana." Oleh karena burung yang suka merusak tanaman istana, raja memutuskan untuk melakukan sayembara guna menangkap burung tersebut.


Dengan demikian, latar yang digunakan dalam cerita di atas adalah latar istana kerajaan.undefined 

548

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Latar suasana pada kutipan fabel di atas adalah ....

675

5.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia