Roboguru

Di Indonesia, ternyata banyak sekali sistem pertanian yang diterapkan oleh petani. Salah satu sistem pertanian yang diterapkan oleh petani adalah pola penanaman tumpang sari. Pemanfaatan lahan dengan pola tumpang sari ini lebih memberikan jaminan ketahanan pangan bagi petani, karena ...

Pertanyaan

Di Indonesia, ternyata banyak sekali sistem pertanian yang diterapkan oleh petani. Salah satu sistem pertanian yang diterapkan oleh petani adalah pola penanaman tumpang sari. Pemanfaatan lahan dengan pola tumpang sari ini lebih memberikan jaminan ketahanan pangan bagi petani, karena ...space 

  1. pemanfaatan lahan lebih efisienspace 

  2. harga jual hasil pertanian lebih tinggispace 

  3. biaya produksi pertanian lebih rendahspace 

  4. menghasilkan komoditas beraneka ragamspace 

  5. ketersediaan hasil pertanian lebih terjagaspace 

Pembahasan Soal:

Lahan merupakan salah satu faktor penentu dalam ketahanan pangan. Salah satu fungsi lahan adalah untuk pertanian dan perkebunan. Sumber daya pertanian dapat melimpah apabila lahan digunakan secara tepat dengan usaha atau sistem tertentu yang diterapkan untuk meningkatkan hasil pertanian. Salah satu sistem pertanian yang diterapkan oleh petani adalah pola penanaman tumpang sari. Pola penanaman tumpang sari adalah pola tanam yang dapat menambah kesuburan tanah dengan cara menanam tanaman berakar dangkal disamping tanaman berakar. Keuntungan dari pola penanaman tumpang sari adalah penanaman lebih dari satu jenis tanaman akan menghasilkan panen yang beragam. Apabila harga salah satu komoditas rendah, maka dapat ditutup oleh harga komoditas lainnya.

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Bryando

Mahasiswa/Alumni Universitas Siliwangi

Terakhir diupdate 12 Agustus 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Tuliskan tujuh langkah strategis yang dikembangkan untuk mengatasi masalah ketahanan pangan yang disepakati dalam World Food Summit di Roma pada November 1996.

Pembahasan Soal:

Berikut adalah tujuh langkah strategis yang disepakati dalam Rome Declaration  on World Food Security pada November tahun 1996 :

  1. Pemerintah akan memastikan bahwa lingkungan politik, sosial dan ekonomi yang dirancang dapat menciptakan situasi terbaik untuk memberantas kemiskinan dan memperkuat perdamaian, serta meningkatkan partisipasi aktif masyarakat baik perempuan maupun laki-laki secara kondusif untuk mencapai ketahanan pangan yang berkelanjutan.
  2. Pemerintah akan menerapkan kebijakan yang bertujuan untuk memberantas kemiskinan dan kesenjangan ekonomi serta meningkatkan akses sarana dan prasarana ekonomi untuk semua kalangan. Dalam rangka memenuhi kebutuhan pangan yang bergizi, aman dikonsumsi, dan efektivitas penggunaan pangan tersebut.
  3. Pemerintah akan mengupayakan kebijakan yang partisipatif dan berkelanjutan di bidang pangan, pertanian, perikanan, kehutanan dan pembangunan pedesaan di daerah potensial dan kurang potensial. Hal ini dirasa penting bagi pasokan pangan yang memadai dan dapat diandalkan di tingkat rumah tangga, nasional, regional dan global. Selain itu, upaya lain turut dilakukan untuk mengurangi hama dan kekeringan dengan mempertimbangkan karakter lahan pertanian yang multifungsi.
  4. Pemerintah akan berusaha untuk memastikan bahwa perdagangan hasil pertanian dan kebijakan perdagangan secara keseluruhan berlangsung kondusif, untuk mendorong ketahanan pangan bagi semua pihak melalui sistem perdagangan dunia yang adil dan berorientasi pasar.
  5. Pemerintah akan berusaha untuk mencegah dan siaga terhadap bencana alam dan bencana sosial serta memenuhi persyaratan ketersediaan pangan darurat dalam rangka mendorong pemulihan, rehabilitasi, pengembangan dan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan di masa depan.
  6. Pemerintah akan mempromosikan alokasi investasi sektor publik dan sektor swasta untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia, pangan, pertanian, perikanan dan kehutanan, serta pembangunan pedesaan di wilayah yang potensial dan kurang potensial.
  7. Pemerintah akan menerapkan, memantau, dan menindaklanjuti rencana ini pada semua tingkatan serta terus bekerjasama dengan komunitas internasional.

Ketujuh poin inilah yang kemudian menjadi dasar pelaksanaan upaya ketahanan pangan dunia oleh FAO.space

0

Roboguru

Salah satu prediksi hal yang akan terjadi ketika ketahanan pangan di dunia tidak terwujud adalah….

Pembahasan Soal:

Jika jumlah pangan tetap namun populasi terus bertambah, maka teori Robert Malthus mengenai ketahanan pangan yang sulit dicapai akan terjadi. Akan banyak kelaparan dan meningkatnya jumlah kematian karna ada penduduk yang tidak mendapatkan akses makanan. Apalagi hal tersebut diperparah dengan semakin menipisnya lahan pertanian akibat pembangunan pemukiman. Daerah subur terbangun dan menjadi lahan nonpertanian. 

Sehingga jawaban yang tepat adalah D. terjadinya kerawanan pangan, kelaparan dan kematian.

 

0

Roboguru

Dalam sistem ketahanan pangan nasional, bencana termasuk dalam komponen ….

Pembahasan Soal:

Sistem Ketahanan Pangan Nasional terdiri dari sumber daya, kebijakan, pasar, dan lingkungan strategis untuk mencapai Ketahanan pangan baik dalam bentuk ketersediaan, keterjangkauan atau aksesibilitas, dan pemanfaatan menuju tujuan utama yakni menciptakan SDM yang tangguh (sehat, aktif dan produktif). Lingkungan strategis baik dari dalam maupun luar negeri dapat memengaruhi ketahanan pangan. Hal tersebut dapat berkaitan dengan jumlah penduduk, iklim, dinamika pasar dan juga bencana. Sehingga bencana termasuk komponen lingkungan strategis (Lingstra).space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah B.


 

0

Roboguru

Gabungan dari beberapa komponen atau faktor-faktor ketahanan pangan dengan sebuah tujuan yakni ketahanan pangan dan secara lebih lanjut menciptakan SDM yang tangguh disebut ….

Pembahasan Soal:

Sistem ketahanan pangan adalah gabungan dari beberapa komponen atau faktor-faktor ketahanan pangan dengan sebuah tujuan yakni ketahanan pangan dan secara lebih lanjut menciptakan SDM yang tangguh (sehat, aktif dan produktif).

Sistem ketahanan pangan nasional terdiri dari sumber daya, kebijakan, pasar, dan lingkungan strategis untuk mencapai ketahanan pangan baik dalam bentuk ketersediaan, keterjangkauan atau aksesibilitas, dan pemanfaatan menuju tujuan utama yakni menciptakan SDM yang tangguh (sehat, aktif dan produktif).space 

Jadi, jawaban yang tepat adalah D.

 

0

Roboguru

Pengelolaan sumber daya pertanian dan perikanan darat dapat dilakukan bersamaan dengan sistem minapadi. Petani dapat memperoleh keuntungan dari penggunaan sistem minapadi yaitu ....

Pembahasan Soal:

Sistem minapadi adalah pengelolaan sumber daya pertanian dan perikanan darat secara bersamaan. Genangan air pada sawah dapat digunakan untuk membudidayakan ikan. Hal ini dapat memberikan keuntungan bagi petani, di mana mereka dapat memanen padi dan ikan. Selain itu, sistem minapadi ini dapat mengefisiensikan penggunaan lahan, di mana satu lahan yang sama dapat digunakan untuk dua jenis kegiatan, yaitu pertanian dan budidaya ikan. Jawaban yang tepat adalah 5.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved