Roboguru

Di dalam tubuh manusia selalu terdapat proses-proses metabolisme, misalnya proses pencernaan makanan. Persoalan biologi yang terkait dengan proses pencernaan tersebut adalah ....

Pertanyaan

Di dalam tubuh manusia selalu terdapat proses-proses metabolisme, misalnya proses pencernaan makanan. Persoalan biologi yang terkait dengan proses pencernaan tersebut adalah .... 

Pembahasan Soal:

Biologi sebagai ilmu memiliki objek tertentu, tingkatan di mana objek dipelajari, dan tema yang merupakan persoalan dari objek tersebut. Biologi dapat dikelompokkan menjadi sembilan tema dan persoalan, sebagai berikut:

  1. Biologi Sebagai Penemuan. Tema atau persoalan ini berkaitan dengan konsep Biologi yang telah dikenal banyak orang yang dihasilkan dari serangkaian penemuan dan riset yang dilakukan dengan metode ilmiah, contoh: penemuan penisilin oleh Alexander Flemming.
  2. Sejarah Perkembangan Biologi. Berkaitan dengan perkembangan sejarah Biologi yang sangat berkembang cepat seiring dengan hasil penelitian atau riset yang semakin modern didukung denga kemajuan teknologi. Contohnya yaitu konsep asal-usul kehidupan seperti teori Abiogenesis, Biogenesis, Teori Evolusi Kimia, dan terakhir Teori Evolusi Biologi.
  3. Keanekaragaman dan Keseragaman. Keanekaragaman dan keseragaman berkaitan dengan adanya variasi atau macam materi dalam gen pada seluruh tingkatan organisasi kehidupan. Misalnya seperti, adanya perbedaan secara morfologis pada dua anak kembar dari satu telur (kembar identik).
  4. Hubungan Struktur dan Fungsi. Berkaitan dengan struktur dan fungsi dari suatu jaringan serta organ penyusun tubuh dari makhluk hidup. Contohnya, bentuk dan struktur organ-organ penyusun sistem organ pencernaan pada manusia yang difungsikan untuk menghasilkan energi.
  5. Genetik dan Kelangsungan Hidup. Berkaitan dengan kemampuan gen-gen yang dimiliki makhluk hidup sebagai pengendali aktivitas organisme dalam berdaptasi dengan perubahan lingkungan yang memiliki sifat tidak dapat diprediksi secara teratur untuk menjaga kelestarian dan keseimbangan jenisnya. Contoh, komodo merupakan reptile besar yang masih tetap lestari karena mampu berdaptasi dan bertahan dengan lingkungannya dibandingkan dengan jenis dinosaurus yang telah punah.
  6. Organisme dan Lingkungan. Berkaitan dengan interaksi antara makhluk hidup dengan lingkungan atau lingkungan dengan makhluk hidup dalam rangka menjaga keseimbangan  kehidupan di bumi. Contohnya yaitu rantai makanan yang merupakan fenomena memakan dan dimakan pada suatu ekosistem.
  7. Kelakuan Organisme (Perilaku). Organisme dapat merespon rangsangan tertentu yang bersifat eksternal dari tubuhnya. Misalnya pada tumbuhan yang bisa tumbuh mengikuti arah matahari, tumbuhan yang dapat merambat ke tiang atau pohon lain, dan tumbuhan yang dapat merespon sentuhan.
  8. Evolusi. Berkaitan dengan perubahan makhluk hidup yang berlangsung secara bertahap dan lama menuju tebentuknya spesies baru, misalnya proses evolusi pada kuda.
  9. Regulasi. Berkaitan dengan sistem saraf, sistem hormon, dan alat-alat indera manusia. Contohnya yaitu persoalan ketika suhu dingin rambut pada kulit berdiri dan banyak mengeluarkan urine. 

Dengan demikian, persoalan biologi yang terkait dengan proses pencernaan adalah struktur dan fungsi.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Acfreelance

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Salah satu permasalahan biologi pada tingkat sistem organ adalah jantung koroner. Permasalahan yang muncul pada Jantung koroner ini adalah ….

Pembahasan Soal:

Jantung koroner dapat menyebabkan terjadinya serangan jantung. Oleh karena itu jika tidak ditangani dengan baik jantung koroner ini bisa menjadi sangat fatal. Salah satu gejala jantung koroner yang dapat muncul adalah adanya angina atau rasa sakit di dada, tapi angina ini tidak spesifik hanya menjadi gejala jantung koroner saja. Hal tersebut memunculkan suatu permasalahan yaitu bagaimana cara dini yang akurat yang dapat mendeteksi jantung koroner dan metode penanganan yang tepat untuk menangani jantung koroner. Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah pilihan B.undefined

Roboguru

Sistem organ merupakan beberapa organ yang bekerjasama untuk melakukan fungsi kerja tertentu. Apa yang terjadi dengan sistem organ tertentu, jika salah satu organ penyusunnya mengalami kerusakan? Dapa...

Pembahasan Soal:

Sistem organ merupakan gabungan beberapa organ yang bekerja sama untuk membentuk fungsi yang berkesinambungan. Sehingga setiap organ tidak dapat bekerja sendiri-sendiri, tetapi saling bergantung dan memengaruhi satu sama lainnya. Apabila salah satu organ mengalami kerusakan, maka sistem organ tersebut tidak dapat berfungsi dengan baik, sehingga proses dalam tubuh tidak akan terjadi.  Adapun contoh sistem organ adalah sistem saraf, sistem ekskresi, sistem peredaran darah, sistem reproduksi, sistem hormon, sistem rangka, sistem otot.

Tanpa adanya kerjasama antarorgan ini, organ-organ pada tubuh tidak akan terhubung dengan baik, misalnya:

  1. Jantung yang seharusnya memompa darah, tidak akan berhasil menyalurkan darah tersebut ke seluruh tubuh apabila tidak bekerja sama dengan organ pembuluh darah.
  2. Sistem pernapasan yang dibentuk atas kerjasama organ hidung, tenggorokan, laring, faring, trakea, dan paru-paru. Apabila salah satu organ rusak, misalnya paru-paru, maka proses bernapas dapat terganggu,
Roboguru

Apa yang terjadi dengan sistem organ tertentu, Jika salah satu organ penyusunnya mengalami kerusakkan? Dapatkah sistem organ tersebut berfungsi dengan baik? Bagian sel manakah yang menjadi penentu sel...

Pembahasan Soal:

Organ merupakan kumpulan dari beberapa jaringan yang memiliki satu fungsi atau lebih. Contoh organ pada sel hewan adalah jantung, paru-paru, ginjal, kulit, dan mata, sedangkan organ pada tumbuhan seperti daun, batang, akar dan bunga. Kumpulan beberapa organ yang memiliki fungsi spesifik disebut dengan sistem organ. Contohnya sistem pernapasan tersusun atas organ hidung, faring, laring, trakea, bronkus, bronkeolus, dan paru-paru yang melaksankan sebuah fungsi tubuh yaitu pernapasan manusia. Apabila salah satu organ penyusun mengalami kerusakan maka sistem organ akan mengalami kendala dalam melaksanakan fungsinya. Contohnya pada sistem pernapasan terjadi kerusakan pada paru-paru, akibatnya pada proses pernapasan mengalami kendala proses pertukaran oksigen dan karbondioksida yang akan berlanjut pada sistem lainnya.

Sel merupakan unit penyusun makhluk hidup terkecil baik secara struktural maupun fungsional. Organel sel yang berperan untuk mengatur seluruh aktivitas dalam sel yaitu nukleus (inti sel). Apabila terjadi kerusakan pada nukleus akan mengakibatkan sel tidak aktif atau mati karena pusat pengaturan seluruh kegiatan tidak berfungsi. undefined 

Roboguru

Hingga kini penyakit AIDS belum ada obatnya. Penelitian dilakukan oleh para ahli untuk mengetahui aktifitas virus HIV pada tingkat organisasi kehidupan yaitu ....

Pembahasan Soal:

Penyakit AIDS (acquired immunodeficiency syndrome) merupakan penyakit yang disebabkan infeksi virus HIV (human immunodeficiency virus). Virus HIV ini menginfeksi dan menghancurkan sel darah putih manusia sehingga mengganggu sistem imunitas/kekebalan tubuh manusia. Selain itu, virus HIV juga dapat menyebar ke seluruh tubuh dan mengganggu sistem organ lainnya. Maka, untuk mengetahui aktivitas virus HIV dapat dilakukan salah satunya dengan pengecekan pada sistem imunitas manusia yang terinfeksi. Pengecekan ini dapat dilakukan dengan mengambil cairan tubuh seseorang yang terinfeksi seperti darah, air mani, cairan vagina. 

Berdasarkan penjelasan tersebut, maka pilihan jawaban yang tepat adalah E.

Roboguru

Di Indonesia menjelang musim kemarau sering muncul endemik Demam Berdarah (DB). Dalam organisasi biologi, DB termasuk objek permasalahan biologi tingkat....

Pembahasan Soal:

DBD atau demam berdarah dengue adalah penyakit yang disebabkan oleh salah satu dari empat virus dengue. Demam berdarah merupakan penyakit yang mudah menular. Sarana penularan demam berdarah sendiri berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albocpictus. Penyakit demam berdarah yang ringan dapat menyebabkan demam tinggi, ruam, dan nyeri otot dan sendi. Sedangkan penyakit demam berdarah yang parah, atau juga dikenal sebagai dengue hemorhagic fever, dapat menyebabkan perdarahan serius, penurunan tekanan darah yang tiba-tiba drastis dan bahkan bisa berujung kematian. Jika seseorang terkena penyakit ini maka dapat mengganggu seluruh sistem organ yang terjadi pada manusia. space 

Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.space

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved