Roboguru

Di dalam meningkatkan produksi pertanian, tanaman disisipi dengan gen bakteri Bacillus thuringiensis yang dapat mematikan ….

Di dalam meningkatkan produksi pertanian, tanaman disisipi dengan gen bakteri Bacillus thuringiensis yang dapat mematikan ….undefined 

Jawaban:

Bacillus thuringiensis adalah bakteri gram positif yang dapat menghasilkan kristal protein yang bersifat membunuh serangga (insektisidal) saat mengalami proses sporulasi. Kristal protein ini sering disebut dengan δ-endotoksin dan merupakan jenis protoksin. Protoksin adalah senyawa kimia yang akan berubah menjadi toksin ketika mengalami suatu proses tertentu. Kristal protein ini larut dalam pH sekitar 9-10, sehingga aman bagi manusia, atau hewan tingkat tinggi lainnya. Namun pada serangga yang memiliki usus dengan pH tinggi (alkali), kristal protein tersebut akan larut dan berubah menjadi toksin yang menyebabkan kematian. Dengan teknologi rekayasa genetika, gen pengkode kristal protein tersebut dapat disisipkan ke dalam tanaman sehingga akan menghasilkan tanaman transgenik yang tahan terhadap serangga hama.

Dengan demikian, tanaman yang disisipi dengan gen bakteri Bacillus thuringiensis dapat mematikan serangga hama.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved