Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena itu sangat jarang dijumpai. Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal itu adalah ...

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena itu sangat jarang dijumpai.
Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal itu adalah ...

  1. prinsip korologi


  2. prinsip persebaran

  3. prinsip interelasi

  4. prinsip keruangan

  5. prinsip deskripsi

Iklan

C. Julaika

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Gunadarma

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni: Prinsip Deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta. Prinsip Persebaran/Distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran. Prinsip Interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya. Prinsip Korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya. Sesuai dengan penjabaran di atas, maka dapat diketahui prinsip geografi yang sesuai dengan perbedaan kemacetan yang ada di daerah yang padat penduduk dan jarang penduduk adalah prisnsip deskripsi. Kedua fenomena tersebut menjelaskan secara detail perbedaan yang terjadi di dua lokai yang berbeda.

Prinsip geografi dapat diartikan sebagai sebuah dasar dalam menjabarkan, mengungkapkan dan menyajikan gejala, variable, faktor serta masalah-masalah geografi dalam fenomena geosfer. Prinsip geografi terbagi menjadi 4 yakni:

  • Prinsip Deskripsi, prinsip yang penjelasannya lebih lanjut tentang fenomena tersebut secara detail disertai dengan gambar, tabel, diagram, peta.
  • Prinsip Persebaran/Distribusi, sebaran fenomena, gejala, fakta, peristiwa dipermukaan bumi. Sebaran fenomena atau gejala ada yang teratur ada yang tidak teratur. Biasanya data sebaran di sajikan dalam bentuk peta atau kalimat yang berisikan beberapa daerah sebaran.
  • Prinsip Interelasi, Bahwa fenomena atau gejala di muka bumi tidak mungkin berdiri sendiri pasti ada keterkaitan dengan fenomena lain. Baik faktor fisik dengan faktor fisik lainnya, faktor fisik dengan faktor manusia dan faktor manusia dengan faktor manusia lainnya.
  • Prinsip Korologi, Prinsip ini yang meninjau gejala, fakta dan masalah geografi dari penyebaran, interelasi dan interaksinya dalam ruang. Secara sederhana prinsip ini merupakan gabungan dari prinsip-prinsip lainnya.

Sesuai dengan penjabaran di atas, maka dapat diketahui prinsip geografi yang sesuai dengan perbedaan kemacetan yang ada di daerah yang padat penduduk dan jarang penduduk adalah prisnsip deskripsi. Kedua fenomena tersebut menjelaskan secara detail perbedaan yang terjadi di dua lokai yang berbeda.

19

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Berikut ini merupakan persebaran Taman Nasional yang ada di Pulau Kalimantan. Taman Nasional adalah kawasan pelestarian alam yang mempunyai ekosistem asli, dikelola dengan sistem zonasi yang dim...

303

1.0

Jawaban terverifikasi

Iklan

Iklan

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Fitur Roboguru

Topik Roboguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia