Roboguru

Pertanyaan

Di daerah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena itu sangat jarang dijumpai.

Prinsip geografi yang digunakan untuk memahami hal itu adalah .....

  1. prinsip korologi

  2. prinsip persebaran

  3. prinsip interelasi

  4. prinsip keruangan

  5. prinsip deskripsi

W. Wahyuni

Master Teacher

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Makassar

Jawaban terverifikasi

Pembahasan

Prinsip geografi dibedakan menjadi 4 macam yang meliputi prinsip persebaran, prinsip interelasi, prinsip deskripsi, dan prinsip korologi. Prinsip yang digunakan untuk memahami pernyataan pada soal adalah prinsip interelasi.

Prinsip interelasi (keterkaitan) digunakan untuk menelaah hubungan yang saling terkait antara gejala yang satu dengan gejala geografi yang lain dalam suatu ruang. Interelasi dapat terjadi antara alam dengan alam, manusia dengan manusia, maupun alam dengan manusia.

Pernyataan pada soal:
Di wilayah yang penduduknya padat memiliki tingkat kemacetan tinggi, sedangkan di daerah yang jarang penduduk fenomena tersebut sangat jarang dijumpai. Hal ini menunjukkan adanya hubungan yang mengarah ke prinsip interelasi. Sebab apabila penduduk suatu daerah padat maka setiap penduduk pasti akan melakukan aktivitas sehari-hari untuk bermobilitas (berpindah) yang menggunakan alat transportasi, sehingga menyebabkan kemacetan yang tinggi.

18

0.0 (0 rating)

Pertanyaan serupa

Perpindahan penduduk dari desa ke kota atau dari satu negara ke negara lain bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup. Prinsip geografi untuk mengkaji fenomena tersebut adalah....

1rb+

0.0

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

081578200000

Email info@ruangguru.com

info@ruangguru.com

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2022 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia