Iklan

Iklan

Pertanyaan

Di beberapa tempat di Indonesia terjadi kasus gizi buruk. Dalam mengkaji permasalahan tersebut maka yang harus dikaji adalah faktor manusia dan kondisi fisik di mana kejadian tersebut terjadi. Pendekatan geografi yang berkaitan dengan kasus tersebut yaitu ....

Di beberapa tempat di Indonesia terjadi kasus gizi buruk. Dalam mengkaji permasalahan tersebut maka yang harus dikaji adalah faktor manusia dan kondisi fisik di mana kejadian tersebut terjadi.

Pendekatan geografi yang berkaitan dengan kasus tersebut yaitu ....

  1. pendekatan keruangan

  2. pendekatan kelingkungan

  3. pendekatan kompleks wilayah

  4. pendekatan aktivitas manusia

  5. pendekatan perbedaan wilayah

Iklan

A. Acfreelance

Master Teacher

Jawaban terverifikasi

Iklan

Pembahasan

Dalam geografi dikenal tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan keruangan (spasial), pendekatan kelingkungan (ekologi), dan pendekatan kompleks wilayah . Pendekatan keruangan atau pendekatan spasial mengkaji tentang berbagai gejala geografis yang terjadi pada suatu ruang/tempat di permukaan bumi. Gejala geografis ini erat kaitannya dengan aspek fisik. Dalam pendekatan ini dapat dikaji mengenai perubahan gejala, persebaran gejala, perbedaan gejala, persamaan gejala, dan lain sebagainya. Sementara itu, pendekatan kelingkungan atau yang sering disebut sebagai pendekatan ekologi lebih menfokuskan kajiannya pada hubungan antara manusia dengan lingkungan. Fenomena yang dapat dikaji dengan pendekatan ini harus mengandung dua aspek, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Contohnya seperti fenomena pada soal. Dalam soal dibahas mengenai fenomena gizi buruk yang dikaji dengan melibatkan faktor fisik dan faktor manusia. Pelibatan kedua faktor tersebut merupakan indikasi pengkajian dengan pendekatan kelingkungan yang memfokuskan kajiannya pada interaksi antara aspek fisik dan aspek manusia. Selain kedua pendekatan tersebut, ada juga pendekatan kompleks wilayah. Pendekatan kompleks wilayah merupakan kombinasi dari pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan. Pada pendekatan ini, masalah yang dikaji biasanya lebih kompleks sehingga membutuhkan penanganan yang melibatkan beberapa wilayah di muka bumi.

Dalam geografi dikenal tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan keruangan (spasial), pendekatan kelingkungan (ekologi), dan pendekatan kompleks wilayah. Pendekatan keruangan atau pendekatan spasial mengkaji tentang berbagai gejala geografis yang terjadi pada suatu ruang/tempat di permukaan bumi. Gejala geografis ini erat kaitannya dengan aspek fisik. Dalam pendekatan ini dapat dikaji mengenai perubahan gejala, persebaran gejala, perbedaan gejala, persamaan gejala, dan lain sebagainya. Sementara itu, pendekatan kelingkungan atau yang sering disebut sebagai pendekatan ekologi lebih menfokuskan kajiannya pada hubungan antara manusia dengan lingkungan. Fenomena yang dapat dikaji dengan pendekatan ini harus mengandung dua aspek, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Contohnya seperti fenomena pada soal. Dalam soal dibahas mengenai fenomena gizi buruk yang dikaji dengan melibatkan faktor fisik dan faktor manusia. Pelibatan kedua faktor tersebut merupakan indikasi pengkajian dengan pendekatan kelingkungan yang memfokuskan kajiannya pada interaksi antara aspek fisik dan aspek manusia.

Selain kedua pendekatan tersebut, ada juga pendekatan kompleks wilayah. Pendekatan kompleks wilayah merupakan kombinasi dari pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan. Pada pendekatan ini, masalah yang dikaji biasanya lebih kompleks sehingga membutuhkan penanganan yang melibatkan beberapa wilayah di muka bumi.

Perdalam pemahamanmu bersama Master Teacher
di sesi Live Teaching, GRATIS!

5

Iklan

Iklan

Pertanyaan serupa

Pada musim kemarau selalu terjadi bencana kabut asap di wilayah Sumatera dan Kalimantan, karena masyarakat membuka areal pertanian dengan cara membakar lahan. Pendekatan geografi untuk melengkapi f...

107

4.2

Jawaban terverifikasi

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Roboguru

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Download di Google PlayDownload di AppstoreDownload di App Gallery

Produk Ruangguru

Hubungi Kami

Ruangguru WhatsApp

+62 815-7441-0000

Email info@ruangguru.com

[email protected]

Contact 02140008000

02140008000

Ikuti Kami

©2024 Ruangguru. All Rights Reserved PT. Ruang Raya Indonesia