Roboguru

Di beberapa tempat di Indonesia terjadi kasus gizi buruk. Dalam mengkaji permasalahan tersebut maka yang harus dikaji adalah faktor manusia dan kondisi fisik di mana kejadian tersebut terjadi. Pendekatan geografi yang berkaitan dengan kasus tersebut yaitu ....

Pertanyaan

Di beberapa tempat di Indonesia terjadi kasus gizi buruk. Dalam mengkaji permasalahan tersebut maka yang harus dikaji adalah faktor manusia dan kondisi fisik di mana kejadian tersebut terjadi.

Pendekatan geografi yang berkaitan dengan kasus tersebut yaitu ....

  1. pendekatan keruangan

  2. pendekatan kelingkungan

  3. pendekatan kompleks wilayah

  4. pendekatan aktivitas manusia

  5. pendekatan perbedaan wilayah

Pembahasan:

Dalam geografi dikenal tiga macam pendekatan, yaitu pendekatan keruangan (spasial), pendekatan kelingkungan (ekologi), dan pendekatan kompleks wilayah. Pendekatan keruangan atau pendekatan spasial mengkaji tentang berbagai gejala geografis yang terjadi pada suatu ruang/tempat di permukaan bumi. Gejala geografis ini erat kaitannya dengan aspek fisik. Dalam pendekatan ini dapat dikaji mengenai perubahan gejala, persebaran gejala, perbedaan gejala, persamaan gejala, dan lain sebagainya. Sementara itu, pendekatan kelingkungan atau yang sering disebut sebagai pendekatan ekologi lebih menfokuskan kajiannya pada hubungan antara manusia dengan lingkungan. Fenomena yang dapat dikaji dengan pendekatan ini harus mengandung dua aspek, yaitu aspek fisik dan aspek nonfisik. Contohnya seperti fenomena pada soal. Dalam soal dibahas mengenai fenomena gizi buruk yang dikaji dengan melibatkan faktor fisik dan faktor manusia. Pelibatan kedua faktor tersebut merupakan indikasi pengkajian dengan pendekatan kelingkungan yang memfokuskan kajiannya pada interaksi antara aspek fisik dan aspek manusia.

Selain kedua pendekatan tersebut, ada juga pendekatan kompleks wilayah. Pendekatan kompleks wilayah merupakan kombinasi dari pendekatan keruangan dan pendekatan kelingkungan. Pada pendekatan ini, masalah yang dikaji biasanya lebih kompleks sehingga membutuhkan penanganan yang melibatkan beberapa wilayah di muka bumi.

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Terakhir diupdate 15 Desember 2020

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Pembakaran hutan yang dilakukan oleh masyarakat di Riau untuk pembukaan ladang mengakibatkan terjadinya kabut asap yang dapat mengganggu saluran pernapasan. Kasus tersebut dapat dikaji dengan mengguna...

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved