Roboguru

Di bawah ini terdapat negara-negara anggota pada awal pembentukan ASEAN, kecuali …

Pertanyaan

Di bawah ini terdapat negara-negara anggota pada awal pembentukan ASEAN, kecuali … space

  1. Malaysia space

  2. Filipina space

  3. Singapura space

  4. Indonesia space

  5. Brunei Darussalam space

Pembahasan Soal:

Association of South East Asia Nations atau ASEAN adalah sebuah organisasi kerja sama regional negara-negara di Asia Tenggara. Organisasi ini didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Pada awalnya, negara-negara anggota ASEAN terdiri dari lima negara, yaitu:

  1. Indonesia,
  2. Malaysia,
  3. Filipina,
  4. Thailand, dan
  5. Singapura.

Jadi, jawaban yang tepat adalah E.space 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Jasmine

Mahasiswa/Alumni Universitas Negeri Jakarta

Terakhir diupdate 06 Juni 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Stabilitas regional dari ancaman komunisme di Asia Tenggara telah melahirkan deklarasi….

Pembahasan Soal:

Kawasan Asia Tenggara pernah menjadi kawasan dingin karena menjadi tempat yang strategis baik secara geo-ekonomi dan geo-politik. Negara-negara seperti Vietnam dan Filipina menjadi basis untuk masing-masing blok yaitu Timur dan Barat. Konflik militer juga terjadi antara Laos, Kamboja, dan Vietnam. Selain itu, konflik bilateral juga terjadi antara Indonesia dan Malaysia serta Kamboja dan Vietnam. Diperparah lagi dengan timbulnya konflik internal di beberapa negara yaitu Indonesia, Thailand, dan Vietnam. Permasalahan-permasalahan tersebut tidak hanya berdampak pada stabilitas pertahanan namun juga stabilitas ekonomi negara-negara di Asia Tenggara. Akhirnya, para pemimpin Negara-negara di Asia Tenggara, yakni Adam Malik (Indonesia), Tun Abdul Razak (Malaysia), Rajaratman (Singapura), Thanat Khoman (Thailand), dan Narciso Ramodi (Filipina) tergerak untuk menciptakan suasana aman dan damai dan melakukan pertemuan di Bangkok, Thailand pada 5 hingga 8 Agustus 1967 atau yang dikenal dengan Deklarasi Bangkok. Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan untuk membentuk organisasi regional yang disebut ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara) Deklarasi Bangkok bersifat terbuka untuk negara Asia Tenggara lain yang memiliki tujuan yang sama. Atas dasar tersebut, maka negara-negara lain mulai bergabung di ASEAN. ASEAN yang terbentuk berdasarkan Deklarasi Bangkok beranggotakan 10 negara yaitu Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, dan Kamboja.

Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A. 

0

Roboguru

Apa yang memengaruhi keberadaan dan kelangsungan hidup ASEAN?

Pembahasan Soal:

ASEAN, adalah organisasi regional yang terdiri dari negara-negara yang berada di Asia Tenggara. Organisasi ini dibentuk dengan tujuan 

  1. Mempercepat pertumbuhan ekonomi
  2. Memajukan stabilitas dan perdamaian regional
  3. Memajukan kerjasama antar anggota
  4. Menyediakan bantuan satu sama lain
  5. Memajukan studi-studi masalah Asia Tenggara.

Munculnya ASEAN, didorong oleh beberapa faktor, diantaranya adalah

  • Persamaan letak gografis
  • persamaan budaya 
  • Persamaan nasib sebagai bangsa yang pernah dijajah dan
  • persamaan kepentingan.

ASEAN, telah berdiri dari tahun 1967 hingga sekarang. Dalam perjalananya, ASEAN telah berperan aktif menyelesaikan masalah negara-negara anggota, sesuai dengan tujuan dibentuknya organisasi ini.

Peran aktif dan keberlangsungan organisasi yang tetap bertahan hingga sekarang, didorong oleh beberapa faktor, diantaranya,

  • Partisipasi aktif dari negara-negara anggota pada setiap usaha untuk mencapai tujuan bersama dan
  • Adanya peran aktif negara anggota untuk mencegah pengaruh negatif dari pihak asing yang dapat memcah belah persatuan organisasi ASEAN.

Jadi, faktor yang mempengaruhi keberadaan dan kelangsungan hidup ASEAN adalah adanya persamaan letak geografis, budaya dan kepentingan serta peran aktif dari negara-negara anggota pada setiap usaha untuk mencapai tujuan bersama.

0

Roboguru

Negara apa saja yang masuk sebagai anggota ASEAN ? ...

Pembahasan Soal:

ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) merupakan sebuah organisasi geopolitik regional dari negara-negara di kawasan Asia Tenggara. 
Dengan demikian, negara-negara yang termasuk anggota ASEAN adalah:
1) Indonesia; 2) Malaysia; 3) Singapura; 4) Filipina; 5) Vietnam; 6) Thailand; 7) Kamboja; 8) Laos; 9) Myanmar; 10) Brunai Darussalam.
 

0

Roboguru

ASEAN didirikan pada tanggal ...

Pembahasan Soal:

ASEAN (Association of South East Asian Nations) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (Perbara), merupakan organisasi dalam lingkup regional yang menjadi asa dalam upaya memadukan bangsa-bangsa di Asia Tenggara yang memiliki keberagaman kebudayaan.
Pada awalnya, pembentukan organisasi ini dipicu oleh kontra kekuasaan antara Amerika Serikat dan Uni Soviet dalam Perang Dingin sejak tahun 1947 untuk saling memberikan pengaruh ideologinya masing-masing. Dalam situasi yang dipenuhi persaingan ideologi serta militer dan berpotensi menganggu stabilitas keamanan di kawasan Asia Tenggara, dibentuk lah ASEAN yang diharapkan mampu melindungi dan mengayomi sekaligus mempersatukan negara-negara di kawasan ini.
ASEAN dirintis oleh lima negara: (1) Indonesia, (2) Malaysia, (3) Filipina, (4) Singapura, dan (5) Thailand, tepat pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand. Adapun tujuan didirikan ASEAN: (1) untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di kawasan, serta (2) untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas regional melalui penghormatan terhadap keadilan dan supremasi hukum dalam hubungan antar negara-negara di kawasan. 

Dengan demikian, berdirinya ASEAN adalah pada tanggal 8 Agustus 1967.

0

Roboguru

Indonesia merupakan salah satu negara pendiri ASEAN. Keterlibatan Indonesia dalam pembentukan ASEAN didorong oleh kepentingan nasional Indonesia, yaitu...

Pembahasan Soal:

ASEAN (Association of Souh East Asian Nation) merupakan organisasi yang beranggotakan negara-negara yang berada di wilyah Asia Tenggara. Didirikan pada tanggal 8 Agustus 1967 dimana negara-negara pendirinya ialah Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina. Negara-negara tersebutlah yang menandatangani kesepakatan di Bangkok dan lahirnya ASEAN. Kepentingan nasional berkaitan dengan tujuan, cita-cita dan harapan yang ingin dicapai oleh suatu negara. Kepentingan nasional Indonesia yaitu kebijakan politik luar negeri bebas aktif dimana hal tersebut diupayakan oleh Presiden RI ssat itu yakni Soeharto. Beliau memutuskan untuk membawa Indonesia segera kembali sebagai anggota PBB serta memperbaiki hubungan dengan tetangganya yaitu Singapura dan Malaysia. Dengan keadaan tersebut diharapkan Indonesia dapat bekerjasama dengan negara-negara apapun selama kerjasama tersebut membawa keuntungan bagi kepentingan Indonesia.

Dengan demikian keterlibatan Indonesia dalam pembentukan ASEAN didorong oleh kepentingan nasional Indonesia, yaitu politik bebas-aktif.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved