Roboguru

Di antara spesies alopatrik nyamuk Aedes, sebagian hidup di kebun, dan sebagian lainnya hidup di rumah atau di tempat yang gelap dan lembab. Sawar reproduktif yang memisahkan spesies nyamuk tersebut a

Di antara spesies alopatrik nyamuk Aedes, sebagian hidup di kebun, dan sebagian lainnya hidup di rumah atau di tempat yang gelap dan lembab. Sawar reproduktif yang memisahkan spesies nyamuk tersebut adalah . . . .

  1. isolasi perilaku

  2. isolasi musim

  3. isolasi mekanik

  4. isolasi temporal

  5. isolasi habitat

Jawaban:

Isolasi reproduksi dapat disebabkan oleh beberapa hal diantaranya yaitu isolasi habitat, isolasi perilaku, isolasi mekanik dan isolasi musim (isolasi temporal). Isolasi habitat terjadi ketika dua organisme berbeda (dua spesies berbeda) memiliki habitat berbeda sehingga tidak dapat melakukan reproduksi. Dalam kasus di soal, nyamuk Aedes ada yang berhabitat di kebun dan ada yang di rumah atau tempat lembab. Masing-masing spesies tersebut memiliki habitat yang berbeda-beda. Dengan demikian, isolasi reproduksi yang terjadi adalah isolasi habitat sehingga jawaban yang benar adalah pilihan E.

0

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved