Roboguru

Di antara pernyataan berikut yang bukan merupakan sifat periodik unsur-unsur adalah . . . .

Pertanyaan

Di antara pernyataan berikut yang bukan merupakan sifat periodik unsur-unsur adalah . . . . 

  1. dari atas ke bawah, dalam satu golongan energi ionisasi makin kecil 

  2. dari kiri ke kanan, dalam satu periode afinitas elektron makin besar 

  3. dari atas ke bawah, dalam satu golongan jari-jari atom makin besar 

  4. dari kiri ke kanan, dalam satu periode keelektronegatifan makin besar 

  5. dari kiri ke kanan, dalam satu periode sifat logam bertambah 

Pembahasan Soal:

Pada tabel periodik, unsur-unsur disusun dalam lajur-lajur vertikal yang disebut golongan, dan lajur-lajur horizontal yang disebut periode. Unsur-unsur pada tabel periodik memiliki kecenderungan sifat-sifat yang teratur berdasarkan golongan dan periodenya. Kecenderungan tersebut antara lain adalah:

  • dari atas ke bawah, dalam satu golongan energi ionisasi makin kecil
  • dari kiri ke kanan, dalam satu periode afinitas elektron makin besar
  • dari atas ke bawah, dalam satu golongan jari-jari atom makin besar
  • dari kiri ke kanan, dalam satu periode keelektronegatifan makin besar 
  • dari kiri ke kanan, dalam satu periode sifat logam berkurang

Dengan demikian, pernyataan yang tidak sesuai dengan kecenderungan sifat periodik unsur ada pada pilihan jawaban E. 

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

K. Nurul

Mahasiswa/Alumni Universitas Lambung Mangkurat

Terakhir diupdate 13 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Lengkapi tabel berikut (untuk unsur periode 1 sampai 6).

Pembahasan Soal:

Sifat periodik adalah sifat yang berubah secara beraturan sesuai dengan kenaikan nomor atom, yaitu dari kiri ke kanan dalam satu periode, atau dari atas ke bawah dalam satu golongan.

Jadi, kesimpulan jawabannya seperti penjelasan diatas.space 

1

Roboguru

Pernyataan yang benar mengenai sifat-sifat unsur dalam satu golongan dari atas ke bawah mempunyai kecenderungan ….

Pembahasan Soal:

Sifat keperiodikan unsur dalam satu golongan dari atas ke bawah yaitu antara lain:

  • Jari - jari atom semakin bertambah, karena jumlah kulit atom masing - masing unsur dari atas ke bawah semakin bertambah. Sehingga, jari - jari atomnya juga semakin bertambah atau semakin panjang.
  • Keelektronegatifan semakin berkurang.
  • Energi ionisasi semakin berkurang.
  • Sifat kelogaman semakin bertambah. Dari atas ke bawah, sifat unsur semakin logam.

Jadi, jawaban yang benar adalah B.space

0

Roboguru

Perhatikan pernyataan berikut : Jari-jari atom Energi ionisasi Afinitas elektron Keelektronegatifan Energi ionisasi Pernyataan yang benar tentang sifat keperiodikan unsur ditunjukkan ole...

Pembahasan Soal:

Dalam menentukan sifat keperiodikan unsur maka perlu ditentukan terlebih dahulu letak unsur dalam sistem periodik melalui konfigurasi elektronnya. Konfigurasi elektron beserta letak masing-masing unsur yang terdapat dalam soal adalah sebagai berikut.


begin mathsize 14px style table attributes columnalign right center left columnspacing 0px end attributes row cell Be presubscript 4 end cell equals cell 2 space. space 2 space space space space space left parenthesis periode space 2 comma space golongan space IIA right parenthesis end cell row cell Li presubscript 3 end cell equals cell 2 space. space 1 space space space space space left parenthesis periode space 2 comma space golongan space IA right parenthesis end cell row cell O presubscript 8 end cell equals cell 2 space. space 6 space space space space space left parenthesis periode space 2 comma space golongan space VIA right parenthesis end cell row cell N presubscript 7 end cell equals cell 2 space. space 5 space space space space space left parenthesis periode space 2 comma space golongan space VA right parenthesis end cell row cell B presubscript 5 end cell equals cell 2 space. space 3 space space space space space left parenthesis periode space 2 comma space golongan space IIIA right parenthesis end cell row cell C presubscript 6 end cell equals cell 2 space. space 4 space space space space space left parenthesis periode space 2 comma space golongan space IVA right parenthesis end cell row cell F presubscript 9 end cell equals cell 2 space. space 7 space space space space space left parenthesis periode space 2 comma space golongan space VIIA right parenthesis end cell row cell Mg presubscript 12 end cell equals cell 2 space. space 8 space. space 2 space space space space space left parenthesis periode space 3 comma space golongan space IIA right parenthesis end cell row cell Al presubscript 13 end cell equals cell 2 space. space 8 space. space 3 space space space space space left parenthesis periode space 3 comma space golongan space IIIA right parenthesis end cell end table end style

 

  1. Unsur Be dan Li dalam sistem periodik terletak dalam satu periode. Jari-jari atom dalam satu periode, dari kiri ke kanan makin kecil, maka seharusnya jari-jari atom begin mathsize 14px style Be presubscript 4 less than Li presubscript 3 end style. (Pernyataan 1 salah)
  2. Unsur O dan N terletak dalam satu periode. Golongan VA lebih stabil dibanding golongan VIA karena masing-masing orbital p pada golongan VA terisi masing-masing satu elektron, sehingga energi ionisasinya lebih besar, maka seharusnya energi ionisasi begin mathsize 14px style O presubscript 8 less than N presubscript 7 end style. (Pernyataan 2 salah)
  3. Unsur B dan C terletak dalam satu periode. Afinitas elektron dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin besar, maka seharusnya begin mathsize 14px style B presubscript 5 less than C presubscript 6 end style. (Pernyataan 3 salah).
  4. Unsur O dan F terletak dalam satu periode. Keelektronegatifan dalam satu periode, dari kiri ke kanan semakin besar, maka seharusnya begin mathsize 14px style O presubscript 8 less than F presubscript 9 end style. (Pernyataan 4 salah).
  5. Unsur Mg dan Al terletak dalam satu periode. Energi ionisasi Mg lebih besar karena jarak elektron ke inti semakin dekat, selain itu Mg lebih stabil karena elektron berakhir di orbital s yang terisi penuh, sementara pada Al adal 1 elektron di orbital p yang menyebabkan lebih mudah lepas sehingga energi ionisasinya lebih kecil. Jadi energi ionisasi begin mathsize 14px style Mg presubscript 12 greater than Al presubscript 13 end style. (Pernyataan 5 benar).

Dengan demikian, pernyataan yang benar adalah energi ionisasi begin mathsize 14px style Mg presubscript 12 greater than Al presubscript 13 end style.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space 

0

Roboguru

Pernyataan di bawah ini yang bukan merupakan sifat periodik unsur-unsur adalah ...

Pembahasan Soal:

Sifat periodik unsur meliputi:

Jari-jari atom adalah jarak antara inti atom dengan elektron paling luar. Jari-jari atom dalam:

  • satu golongan dari atas ke bawah semakin panjang
  • satu periode dari kiri ke kanan semakin pendek

Energi ionisasi atau potensial ionisasi adalah energi yang dibutuhkan oleh suatu atom netral dalam keadaan gas untuk melepaskan elektron yang paling lemah membentuk ion positif. Energi ionisasi unsur dalam:

  • satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil
  • satu periode dari kiri ke kanan semakin besar

Afinitas elektron adalah energi yang menyertai proses penangkapan satu elektron pada suatu atom netral berwujud gas untuk membentuk ion negatif. Afinitas elektron unsur dalam:

  • satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil
  • satu periode dari kiri ke kanan semakin besar

Keelektronegatifan adalah bilangan yang menyatakan kecenderungan suatu atom dalam senyawa untuk menarik pasangan elektronikatan antara atom-atom penyusun senyawa. Keelektronegatifan unsur dalam:

  • satu golongan dari atas ke bawah semakin kecil
  • satu periode dari kiri ke kanan semakin besar

Titik didih unsur dalam:

  • satu golongan dari atas ke bawah semakin rendah
  • satu periode dari kiri ke kanan semakin tinggi

Oleh karena itu, pernyataan yang bukan merupakan sifat periodik unsur-unsur adalah dari atas ke bawah dalam satu golongan jari-jari atom semakin kecil.

Jadi, jawaban yang benar adalah C.space 

0

Roboguru

Pernyataan yang tidak tepat dari sifat keperiodikan pada sistem periodik unsur adalah ....

Pembahasan Soal:

  • Jari-jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan makin pendek dan jari-jari atom unsur segolongan dari atas ke bawah makin panjang.
  • Energi ionisasi unsur-unsur dalam satu periode dari kiri ke kanan cenderung semakin besar dan energi ionisasi unsur-unsur segolongan dari atas ke bawah semakin kecil.A
  • Afinitas elektron dalam satu periode dari kiri ke kanan cenderung bertambah dan Kecenderungan afinitas elektron dalam satu golongan (dari atas ke bawah) adalah dengan semakin bertambahnya nomor atom, maka afinitas elektron akan semakin kecil.
  • Dalam satu golongan, dari atas ke bawah maka keelektronegatifannya cenderung semakin berkurang dan dalam satu periode, dari kiri ke kanan maka keelektronegatifannya cenderung semakin bertambah. 

Dengan demikian, pernyataan yang tidak tepat dari sifat keperiodikan pada sistem periodik unsur adalah jari-jari atom dalam satu periode dari kiri ke kanan semakin panjang.

Jadi, jawaban yang tepat adalah A.

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved