Roboguru

Di antara pemyataan mengenai unsur-unsur halogen berikut yang salah adalah....

Pertanyaan

Di antara pemyataan mengenai unsur-unsur halogen berikut yang salah adalah....

  1. Flourin dan klorin berwujud gas.

  2. Asam terlemah adalah HF.

  3. Titik didih halida tertinggi adalah HF

  4. Kemampuan mengoksidasi menurun sebanding dengan kenaikan unsur atom.

  5. Flourin merupakan reduktor terkuat

Pembahasan Soal:

Unsur halogen terletak pada golongan VIIIA dengan unsur F, Cl, Br, I, dan At. Unsur F dan Cl berwujud gas, Br berwujud cair, I dan At berwujud padat. Semakin keatas maka sifat keasamannya semakin rendah maka HF adalah asam terlemah dan HI adalah asam terkuat. Senyawa HF memiliki titik didih paling tinggi karena memiliki ikatan hidrogen. Daya oksidasi halogen semakin menurun dengan kenaikan nomor atom maka F merupakan oksidator paling kuat dan I adalah oksidator paling lemah.

Oleh karena itu, pernyataan yang tidak benar adalah Flourin merupakan reduktor terkuat.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Dijawab oleh:

A. Muhammad

Mahasiswa/Alumni Universitas Pendidikan Indonesia

Terakhir diupdate 12 September 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan yang serupa

Jelaskan faktor-faktor yang menyebabkan halogen sangat reaktif.

Pembahasan Soal:

Berdasarkan konfigurasi elektronnya, unsur halogen mempunyai elektron valensi ns squared space np to the power of 5• Hal ini menunjukkan bahwa terdapat sebuah elektron yang belum berpasangan. Adanya sebuah elektron yang belum berpasangan menyebabkan halogen sangat reaktif dan mudah membentuk ion halida open parentheses X to the power of minus sign close parentheses. Selain hal tersebut, dalam tabel periodik unsur dari kiri ke kanan keeletronegatifan unsur meningkat (kecuali golongan VIIIA), maka dari itu unsur golongan VIIA (halogen) mudah untuk mengikat elektron (reaktif) dan membentuk ion halida.

Jadi, adanya sebuah elektron yang belum berpasangan dan keeletronegatifannya besar menyebabkan halogen sangat reaktif dan mudah membentuk ion halida bold left parenthesis italic X to the power of bold minus sign bold right parenthesis.space 

0

Roboguru

Asam berikut yang bersifat asam lemah adalah ....

Pembahasan Soal:

Asam halida (HX) terdiri atas asam fluorida (HF), asam klorida (HCI), asam bromida (HBr ), dan asam iodida (HI). Kekuatan asam tersebut bergantung pada kekuatan ikatan antara H dan X atau kemudahan senyawa halida untuk memutuskan ikatan antara H dan X.

Semakin ke atas dalam golongan VIlA, ikatan antara atom H dan X semakin kuat sehingga molekul HX yang terbentuk cukup stabil. Oleh karena itu, hanya sedikit molekul HX yang terurai menjadi H to the power of plus sign dan X to the power of minus sign. Dengan demikian, HF merupakan asam halida yang terlemah karena ikatannya paling kuat.

Jadi, jawaban yang benar adalah C. space

0

Roboguru

Alasan asam fluorida tidak boleh disimpan dalam wadah kaca adalah…

Pembahasan Soal:

Penyimpanan asam fluorida, HF, dilakukan dalam botol plastik. Penyimpanan HF pada wadah kaca sangat tidak dianjurkan karena kaca tersusun dari silika yang mudah bereaksi dengan fluorida pada HF.

0

Roboguru

Diantara unsur halogen yang paling reaktif dan yang jauh kurang reaktif adalah ….

Pembahasan Soal:

Halogen merupakan kelompok unsur nonlogam yang paling reaktif. Namun demikian, kereaktifannya menurun dari fluorin ke iodin. Hal itu sesuai dengan keelektronegatifan yang makin kecil dari fluorin ke iodin.

Fluorin adalah yang paling reaktif, dapat bereaksi dengan hampir semua unsur, termasuk dengan sebagian gas mulia. Berbagai zat yang tahan api, seperti air asbes, terbakar dalam gas fluorin.  Sedangkan iodin jauh kurang reaktif. Reaksi-reaksi iodin seringkali memerlukan pemanasan atau katalis.

Jadi jawaban yang tepat adalah D.

0

Roboguru

Hidrogen iodida (HI) merupakan asam paling lemah dibandingkan HF, HCl, dan HBr sebab ion H+ pada HI terikat paling kuat sehingga tidak mudah lepas.

Pembahasan Soal:

Untuk menentukan kekuatan asam halogen dapat dilihat dari jari-jari atom halogen. Kecenderungan jari-jari atom dalam satu gologan adalah meningkat seiring bertambahnya nomor atom atau dalam kata lain semakin ke bawah jari-jari atom semakin besar.

Ketika jari-jari atom bertambah menyebabkan semakin lemah gaya tarik inti atom halogen terhadap elektron terluar sehingga ion H+ mudah dilepaskan. Semakin besar kemungkinan ion H+ dilepaskan maka semakin kuat sifat keasaman dari asam halida.

Berdasarkan penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa HI adalah asam halida terkuat karena jari-jari atom I yang lebih panjang menyebabkan gaya tarik inti lebih lemah sehingga paling mudah untuk melepaskan ion H+.

Jadi, jawaban yang benar adalah E.space 

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved