Roboguru

Di antara ketiga ilmuwan Cuvier, Weismann, dan Lamarck mana yang kalian suka dan setuju dengan idenya? Jelaskan dengan penjelasan teori ilmuwan tersebut dan alasan logismu!

Pertanyaan

Di antara ketiga ilmuwan Cuvier, Weismann, dan Lamarck mana yang kalian suka dan setuju dengan idenya? Jelaskan dengan penjelasan teori ilmuwan tersebut dan alasan logismu!undefined 

Pembahasan Video:

Pembahasan:

Cuvier adalah salah satu tokoh yang tidak percaya adanya evolusi. Cuvier percaya bahwa setiap makhluk hidup diciptakan sempurna sesuai dengan perannya masing-masing. Pada masa Cuvier, fosil mulai dipelajari sebagai sisa dari makhluk hidup. Cuvier menyatakan bahwa fosil merupakan sisa makhluk hidup yang pernah ada di bumi sebelumnya, yang oleh suatu kejadian katatrofisme, makhluk hidup tersebut punah dan digantikan oleh makhluk hidup yang ada sekarang. Namun, makhluk hidup yang ada sekarang bukan merupakan turunan makhluk hidup yang telah punah. Mereka hanya muncul untuk menggantikan peran makhluk hidup yang punah.

Lamarck adalah salah satu tokoh yang percaya adanya evolusi. Dia percaya bahwa makhluk hidup berubah seiring dengan berubahnya lingkungan hidup mereka. Lamarck menciptakan teori use and disuse, yang menyatakan bahwa bagian tubuh yang sering digunakan akan bertambah besar atau berkembang, sedangkan bagian tubuh yang jarang digunakan perlahan-lahan akan mengecil dan hilang. Lamarck berpendapat bahwa sifat yang telah dibentuk oleh lingkungan akan diwariskan pada keturunannya. Namun, pendapat Lamarck terbukti salah. Ketika seekor tikus dikondisikan untuk tidak memiliki ekor dengan cara dipotong, keturunannya tetap memiliki ekor.

Weismann adalah salah satu tokoh yang menyangkal mekanisme evolusi Lamarck. Dia mendukung mekanisme evolusi yang dikemukakan oleh Darwin, yang menyatakan bahwa variasi genetik terdapat dalam setiap spesies. Variasi yang paling sesuai dengan kondisi lingkungan saat itu akan menghasilkan lebih banyak keturunan, dibandingkan variasi yang tidak sesuai. Frekuensi genetik yang mengalir dari waktu ke waktu dalam suatu populasi mengarahkan evolusi spesies tersebut. Mekanisme ini dikenal dengan seleksi alam. Namun, Weismann menambahkan bahwa tidak semua sifat genetik dapat diwariskan. Hanya sifat-sifat genetik yang terkandung dalam sel geminal (sperma dan ovum) yang dapat diwariskan. Sehingga, perubahan pada sifat genetik sel somatik tidak akan berpengaruh pada keturunannya.

Dari cabang ilmu Genetika, yang telah berkembang pesat sekarang, kita ketahui bahwa pendapat Weismann mengenai evolusi adalah pendapat yang benar. Makhluk hidup yang ada sekarang saling terikat satu sama lain, dan merupakan hasil evolusi dari makhluk hidup yang ada sebelumnya. Sifat-sifat yang sintas diturunkan kepada keturunan suatu spesies melalui sel gamet, yaitu sperma dan ovum.undefined 

Jawaban terverifikasi

Dijawab oleh:

Y. Hernandez

Mahasiswa/Alumni Universitas Riau

Terakhir diupdate 07 Oktober 2021

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

Pertanyaan serupa

Diantara ketiga ilmuwan Curvier, Weismann dan Lamarck mana yang kalian suka dan setuju dengan ide nya ? Jelaskan dengan penjelasan teori ilmuwan tersebut dan alasan logis mu !

0

Roboguru

Roboguru sudah bisa jawab 91.4% pertanyaan dengan benar

Tapi Roboguru masih mau belajar. Menurut kamu pembahasan kali ini sudah membantu, belum?

Membantu

Kurang Membantu

Apakah pembahasan ini membantu?

Belum menemukan yang kamu cari?

Post pertanyaanmu ke Tanya Jawab, yuk

Mau Bertanya

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved