Roboguru

Dewasa ini informasi dan hiburan berupa garnbar video tidak hanya dapat dinikmati melalui perangkat televisi analok maupun digital, tetapi juga dapat dinikmati melalui komputer atau laptop yang terhubung dengan internet.   Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ...

Pertanyaan

Dewasa ini informasi dan hiburan berupa garnbar video tidak hanya dapat dinikmati melalui perangkat televisi analok maupun digital, tetapi juga dapat dinikmati melalui komputer atau laptop yang terhubung dengan internet.
 

Perbaikan kesalahan penulisan kata pada kalimat tersebut adalah ...

 

  1. Tertulis : Video

    Perbaikan : Vidio

  2. Tertulis : Digital

    Perbaikan : Dijital

  3. Tertulis : Analok

    Perbaikan : Analog

  4. Tertulis : Laptop

    Perbaikan : Leptop

Pembahasan Soal:

Penyerapan kata dari bahasa Inggris tidak mengubah huruf /e/ dan /i/. Kata video menggunakan huruf /e/ sehingga diserap menjadi video.

Kata digital meskipun pelafalannya dijital, penulisannya tetap menggunakan huruf /g/ sehingga tetap digital dalam bahasa Indonesia.

Kata laptop sudah diserap secara utuh ke dalam bahasa Indonesia sehingga penulisannya tidak berubah, namun pelafalannya mengikuti kaidah bahasa Indonesia.

Kata analok merupakan kata yang mengalami kesalahan ejaan karena kata yang baku menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah analog.

Pembahasan terverifikasi oleh Roboguru

Terakhir diupdate 20 Desember 2020

Ruangguru

RUANGGURU HQ

Jl. Dr. Saharjo No.161, Manggarai Selatan, Tebet, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12860

Coba GRATIS Aplikasi Ruangguru

Produk Ruangguru

Produk Lainnya

Hubungi Kami

Ikuti Kami

©2021 Ruangguru. All Rights Reserved